Minggu, 07 April 2013

Museum Dirgantara, mengingatkan ku akan Pak Habibie, Pembuat Pesawat Terbang Pertama di Indonesia

Share it Please
Museum Dirgantara
Dari namanya sudah terlihat mengenai kedirgantaraan. Museum dirgantara terletak di jogjakarta. Museum ini masih berada di area sekitar Lanud Adi Sucipto. Beberapa pahlawan yang gugur saat perang melawan penjajah  berasal dari kalangan pilot selain itu nama-nama mereka diabadikan dalam bandara udara. Nama-nama tersebut adalah Adi sucipto, adi sumarmo, dll.

Berwisata ke museum merupakan salah satu wisata pendidikan. Banyak orang menganggap museum ya sepeerti itu-itu saja. tetapi menurut saya wisata pendidikan di museum-museum seperti ini akan menambah wawasan kita dan mengingatkan kita tentang sejarah. Dahulu pesawat terbang di Indonesia kebanyakan adalah impor. Lalu setelah ada pak Habibi Indonesia mencoba untuk membuat pesawat terbang sendiri. Cerita tentang pak habibi membuat pesawat dan lain-lain bisa lihat di film habibi ainun.

untuk masuk ke museum dikenakan biaya 3000 rupiah, tetapi jika rombongan bisa lebih murah. Jika membawa kamera dikenakan biaya tambahan seribu rupiah. Setelah masuk kedalam museum anda akan menjumpai poto2 peneerbangan serta replika pesawat terbang yang digunakan untuk perang maupun transportasi.

Di dalam museum juga disediakan poto dengan baju awak pesawat dengan membayar 20.000. selain itu di museum ini Anda akan melihat diorama sejarah kedirgantaraaan dari mulai dibangunnya pesawat terbang, sekolah pesawat terbang, tempat terjadinya perang pada zaman kemerdekaan dll. Adapula prototipe pesawat perang yang digunakan untuk perang saat melawan penjajah. Bahkan ada beberapa mesin asli pesawat terbang disimpan di Museum.

Tempat pembuatan pesawat terbang, tempat sekolah angkatan udara, tempat sekolah angkatan udara wanita pertama kali, juga diceritakan dalam bentuk diorama di museum ini.

Setelah puas melihat dokumen bersejarah dan benda-benda bersejara tentang kerdigantaraan saya menuju pulang. Di tempat keluar ada yang jual cindera mata. Anda bisa membeli cindera mata, berupa gantungan kunci, topi dll

saya sarankan untuk datang pas waktu tidak liburan panjang, karena sangat rame pengunjung. Oh ya sepertinya museum ini setiap hari senin libur jadi kalau hari senin jangan pergi kesana ya :D..



1 komentar:

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates