Senin, 22 Juli 2013

Tips Backpaker Murah dan Irit

Backpaker atau jalan-jalan atau touring atau traveling merupakan hal yang sangat mengasyikkan bagi para pecintanya. Oleh sebab itu berbagai cara dilakukan agar bisa melakukan traveling walaupun harga BBM naik, harga daging sapi naik, transport naik dll. Eits tapi jangan lupa sedekah ya, masak traveling kemana2 lupa sedekahnya :D. Tak kasih tips biar ngirit saat perjalanan.

  1. Rencanakan terlebih dahulu traveling kamu, kalau bisa buat catatan kecil tentang tujuan dan biaya
  2. Siapkan apa saja yang akan di bawa
  3. jangan bawa pakian banyak-banyak, secukupnya saja. Ingat kita mau jalan-jalan bukan pindahan kos :D
  4. Untuk kesehatan siapkan obat anti mabuk, minyak kayu putih, bawa habatusauda (kalau punya) buat menambah vitamin
  5. Jangn lupa bawa Hp, dompet, headset, duit secukupnya
  6. Untuk makan, bawa makanan dari rumah lebih irit misal roti dll. Untuk minuman bawa/beli minuman mineral 1,5 litr biar irit juga
  7. pilih angkutan/transport yang murah meriah. Kalau naik becak tanya dulu berapa tarifnya jangan asal naik aja, ntar di tipu kan repot 
  8. Jangan lupa kalau pergi berdoa, dan jangn lupa sholat bagi yang muslim
begitulah tips dari saya semoga bermanfaat. silakakn kalau mau ditambah
Lanjut membaca →

Jumat, 05 Juli 2013

Selingan Penulis

Hari ini hari jumat. Banyak sekali sunnah di hari jumat. Saya belum akan membahas saat ini

Setiap hari jumat saya ada les bahasa Arab. Sebenarnya bukan les lebih tepatnya belajar bahasa arab. Walaupun berkali-kali dibahas saya sering lupa. Mungkin kurang belajarnya kali ya..

Setelah menyelesaikan kitab durusulughoh jilid 1 saya lebih condong mengambil belajar kitab muyasar yang ngarang pak Aceng.. eh bukan bupati ciamis itu ya.. Tapi memang namanya pak Aceng asalnya juga sama dari Ciamis.

Dalam pelajaran hari ini telah sampai pada pembagian fiil. fiil dibagi menurut waktunya yaitu fi'il madhi, fiil mudhori dan fiil amr. fiil madhi menyatakan bentuk fiil pad masa lampau. fiil mudhori menyatakan pada masa yang akan datang atau sedang terjadi. Sedangkan fiil amr menyatkan perintah.

Pelajaran yang saya terima tadi fiil madhi yang awal2 ini masih mempelajarai wazan faala, fa'ila, fa'ula.. biar mudah menghafal yang berubah harokat ain

Untuk fiil mudhori ciri-cirinya ada huruf anaitu yaitu alif, ya', nun, ta... tasrifnya ada 14

sedangkan fiil amr, sebgai perintah. fiil ini hanya terjadi pada orang yang diajak bicara jadi tasrifnya cuma ada 6.

Nah PR nya adalah mencari contoh fiil tersebut di dalam alquran

Tadi di kasih tau oleh mbak e kalau ada pelajaran bahasa arab bahas aisar sama DL2. aku pengennnnnnnnnnnn... tapi lumayan jauh :(
Lanjut membaca →

Tempat Wisata Gratis Di Karanganyar Solo

Berwisata gratis? ini bukan sekedar impian tetapi kenyataan. Anda yang sedang berada di kota karanganyar ingi berwisata tapi gratis ada beberapa tempat pilihan. Diantaranya ada di bawah ini..

Waduk lalung Karanganyar
Mau wisata yang gratis? disini tempatnya. Letaknya cuma 2 km dari pusat kota karanganyar. Lebih tepatnya adalah jalan ke arah Jumapolo. kalau lewat taman pancasila itu keselatan sekitar 2 km nah di kanan jalan ada waduk.

Waduk Delingan Karanganyar
Waduk delingan juga wisata gratis. Lebih lengkapnya silahkan klik judul
Taman Pancasila Karanganyar

Taman Pancasila
berada di jantung kota letaknya di selatan kantor bupati karanganyar.Bentuknya taman, kalau siang sepi tanpa pedagang, anda bisa berpoto2 dan jalan2. Tapi menjelang sore di sulap menjadi wisata kuliner dan wisata belanja.

Masjid Agung karanganyar.

Pemancingan Amanah

Taman patung Semar

Pasar Wisata Tawangmangu
Lanjut membaca →

Wisata Belanja Kota Karanganyar Solo

Belanja sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan tersier di dapat dari jual beli. Nah ternyata belanja sendiri menurut sebagian orang dapat dijadikan wisata sebagai penghilang sters atau memang hobi belanja, atau hanya hobi melihat-lihat barang saja

Luwes Palur
Luwes sejenis toko besar, atau bisa di sebut plasa atau mall kecil, tapi kalau mini market terlalu besar yan bisa dikatakan hypermart begitulah. Di karanganyar sendiri ada Luwes ini nama sebuah mall di koat karanganyar letaknya di Palur. Harga barang-barangnya menurut saya miring deh tidak kalah sama di pasar-pasar. Di bandingkan dengan mall besar di luwes ini lebih murah. Namun barang yang dicari mungkin tidak terlalu lengkap. Setidaknya jika Anda pengen berbelanja jangan lupakan mall Luwes.

Plasa palur
Bisa di katakan mall, atau pasar modern. Harga-harga di plasa palur juga bersaing. Tidak terlalu murah tapi bisa di jadikan pilihan wisata belanja Anda.  Di sebelah Luwes juga terdapat pasar tradisional Palur. Jika ingin berbelanja bisa mampir2

Mitra Palur dan Mitra Karanganyar
Sejenis dengan Mall Luwes tetapi lebih keci lagi. Sayangnya di Mitra karanganyar tidak ada musholanya. Barang-barang yang dijual juga tidak terlalu banyak tetapi cukup lengkap ada pakaian, makanan, alat-alat tulis dll. Menurut saya harganya juga tidak terlalu mhal

SFA karanganyar
Sejenis mini market juga

Pasar wisata Tawangmangu
Melihat tempatnya saja wow subhanallah. Letaknya di Twangmangu dekta dengan terminal tawang mangu. Jadi kalau berwisata di daerah Tawangmangu jangan lupa mampir pasar wisata ini. Dulu pas awal di buka, pasar ini di buka oleh pak SBY lho :D

Pasar Jumat
Pasar Jumat adanya cuma di  hari jumat.  Pasar jumat ini kayak pasar minggu di manahan Solo

Pasar Jongke
Pasar Jongke ternyata tidak hanya di solo di Karanganyar juga ada pasar jungke. Pasar ini justru merupakan pasar tradisional terbesar di wilayah Karanganyar

dst menyusul ya :D
Lanjut membaca →

Cara Membuat Abon Ikan

Biasanya kita mengenal abon itu bahan bakunya dari daging sapi karena seratnya ada. Hmmm tapi jangan salah walaupun ikan ini tidak terlalu berserat dagingnya tapi bisa dijadikan abon. Jangan tanya rasanya tidak kalah enak dengan abon-abon daging sapi.

Saya sendiri awalnya juga tidak tahu kalau ikan bisa di buat abon ikan lele, patin, gurame dll ternyata bisa dibuat abon. Gizinya juga lumayan besar karena gizi ikan sendiri banyak.
Lanjut membaca →

Kamis, 04 Juli 2013

Malioboro Yogya di Siang Hari pun Asyik

Malioboro

Lanjut membaca →

Lawang Sewu Semarang di Malam Hari

Lawang Sewu,merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Semarang. Dahulu tempat ini sebagai kantor di jaman belanda. Letaknya di dekat tugu muda Semarang. Di lawang sewu ini ada beberapa tingkat mempunyai banyak pintu sehingga masyarakat menyebutnya lawang sewu (seribu pintu) Tetapi kalau did hitung tidak mencapai seribu. Memiliki jendela yang besar-besar layaknya pintu juga. Bhkan di lawang sewu ini katanya pernah dibuat syuting Ayat-ayat Cinta

Waktu kesana pada tahun 2009 lama sekali y...kami datang sudah hampir malam jadi tidak bisa berfoto-foto karena gelap. Banyak kelelawar didalam membuat gedung ini semakin mencekam :D.

Sedangkan menurut situs http://id.wikipedia.org/wiki/Lawang_Sewu
Lawang Sewu
Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.
Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).
Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945). Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.
Saat ini bangunan tua tersebut telah mengalami tahap konservasi dan revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero

Bagi yang tertarik silkn datang ke Semarang
Lanjut membaca →

Rabu, 03 Juli 2013

Car Free Day (CFD) juga ada di Karanganyar

Car Free Day atau sering di singkat dengan CFD ada juga di Karanganyar. CFD ini setiap hari minggu membentang dari bangjo papahan sampai buk siwaluh karanganyar. Arus kendaraan bermotor di alihkan. Jadi jangan lupa kalau minggu pagi antara jam 05.00-09.00 arus kendaraan di karanganyar kota dialihkan.

CFD di Karanganyar tidak semeriah di Solo. Kebanyakan acaranya di Karanganyar adalah naik sepeda, ada juga yang mengadakan senam. Walaupun begitu CFD di Karanganyar masih tetap berjalan.

Bagi Anda warga Karanganyar jangan lewatkan gowes2 tiap hari Ahad pagi. Jika Anda sudah melakukan gowes2 jangan lupa juga di Masjid Agung ada kajian Islam tiap Ahad jam 08.00 pagi. Kalau buat gowes2 saja sempat seharusnya untuk menuntut ilmu agama juga sempat. Apalagi menuntut ilmu agama adalah bekal buat akhirat.
Lanjut membaca →

Friday Market atau Pasar Jumat Karanganyar Solo

Pasar Jumat hanya ada di Karanganyar. Pasar Jumat ini seperti pasar-pasar pada umumnya. Kalau di solo seperti di Manahan setiap hari minggu. Barang-barang yang dijual pun bermacam-macam mulai dari pakaian, alat-alat masak bahkan sayur mayur juga ada disini.

Anda bisa melakukan tawar menawar di sini. Jika anda pintar menawar Anda akan mendapatkan harga yang murah. Namun ada juga barang yang tidak bisa di tawar. Barang yang tidak bisa ditawar umumnya di beri harga jual. Misalnya harga kaos 15.000, 20.000, 30.000 dll. Ada banyak macam barang ditawarkan disini.

Jika ingin menikmati wisata belanja silakan datang ke Karanganyar setiap hari Jumat. Tempatnya di pinggir jalan Solo- tawangmangu masuk jalan kota. Daerah depan alun-alun sampai dearah bank jateng. Perlu di ingat Anda harus hati-hati disana karena banyak copet yang berkeliaran. Jalan yang tidak terlalu lebar dan pengunjung yang banyak membuat berdesak-desakan sehingga rawan pencopetan
Lanjut membaca →

Cara Membuat Bakso Ikan Patin

Ikan patin tak hanya digoreng saja, Ikan patin ternyata bisa dibuat bakso. Penasaran dengan cara membuatnya? Saya juga ikut pelatihan cara membuat bakso ikan patin. Resepnya bisa dilihat di bawah ini

Bahan-bahan
  • 1 kg daging patin
  • 2 ons tepung tpioka
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 gr gula merah
  • 1/2 ons bawang merah goreng
  • 1/2 ons bawang putih goreng
  • 1/2 ons bawang putih mentah
  • air es secukupnya
 Cara membuat bakso ikan patin
  1. Ikan patin di ambil dagingnya saja, cuci hingga bersih
  2. giling daging patin bersama semua bahan dan bumbu sambil di beri es batu sedikit demi sedikit hingga lumat
  3. setelah lumat uleni lagi hingga kalis
  4. perebusan air hingga hangat
  5. pencetakan bakso dengan cara adonan diletkkan di tangan kemudian dikepal-kepal sambil ditekan-tekan hingga keluar butiran bakso dari celah ibu jri dan telunjuk lalu ambil dengan sendok dan masukkan ke dalam air hangat tersebut
  6. rebus butiran bakso dalam air mendidih hingga terapung sebagai tanda bakso sudah matang
  7. setelah matang angkat dan tiriskan hingga dingin
  8. setelah dingin butiran bakso siap dikemas dan disimpan dalam lemari es
Resep ini di dapat saat saya pelatihan Bintek di hotel pondok sari Tawangmangu
Lanjut membaca →

Backpaker seharian Solo-Yogya


Seharian Backpakeran dengan adik saya ke Jogja. Awalnya mau kejogja naik kereta jurusan solo Jogja seperti Pramex, madiun jya atau Sriwedari eh ternyata rencana naik kreeta gak jadi.Kami berdua sampai di Stasiun pukul setengh sembilan kurang. Ternyata keretanya berangkan pukul 11.10 wah nunggu lama, apalagi adanya sriwedari AC. HMm jadi berpikir ulang karen tidak efisien kalau menunggu lama. Akhirnya kami putuskan untuk naik bis Solo Jogja.
kantor gubernur jogja

Jalan kaki dari Stasiun Balapan ke Terminal Tirtonadi
Setelah mendapati jadwal kreta yang cukup lama, maka saya putuskan naik bis saja untuk efisiensi waktu. Sampai di terminal pukul sembilan an. kami menunggu bis jurusan solo yogya. Sampai di terminl ternyata terminal tirtondi yang katanya terbesar di Pulau Jawa sedang di rehab, so kita jalannya jauh, tambah gempor saja. Kita nunggu bis Ac seperti Bis Mira, Eka tau Sugeng Rahayu tau Sumber Selamat. NUnggunya lumayan lam jam 10 akhirnya dapat juga tu Bus hehe.

Sampai di terminal giwangan jam 12 an. Lalu kami naik bus trans jogja dengan membayar 3000 rupiah . Waktu itu kami naaik jurusan 3B stetlah sampai di halte monumen perjuangan ganti dengan trayek 2B. Sampailah di halte Taman Pintar.

Masuk taman pintar menuju ruang museum kotak dan oval serta museum memorabilia membayar 15.000 untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak 8.000.

Museum memorabilia berisi tentang awal kemerdekaan dan presiden-presiden Indonesia dari Pak Sukarno sampai dengan Pak SBY.

Museum Oval
Pas kita masuk di pintu depan ada akuarium besar berisi ikan-ikan, kemudian ada patung dinosaurus. Masuk kedalam lagiisinya tentang sains dan ilmu pengetahuan. Disana ada cara pembuatan susu bubuk, pembuatan mobil, pembuatan sepeda, awal mula telekomunikasi dll. Gak rugi deh kalau ke Taman Pintar. Yang paling atas ada film 4 dimensi tetapi hanya 15 menit saja untuk orang dewasa 20.000 anak-anak 15.000. di film 4 dimensi ini kita serasa berada di film beneran

Toko buku taman pintar
di lantai bawah ada toko buku seperti di belakang sriwedari solo. Buku disana murah-murah dan banyak macamnya ada buku pelajaran, ada buku novel dll.

Setelah ke taman pintar kami ke Museum Benteng Vredeburg. Cukup membayar dengan 2000 rupiah kita bisa masuk museum.

lalu kami berjalan sampai di pasar Bering harjo yang terkenal murah.. kemudian kami mencari makan karena dah lapar.

Setelah itu kami menuju malioboro. Kami melewati kantor Gubernur Jogja juga. Di malioboro kami membeli baji disana harus pandai-pandai menawar. Pukul 5 sore kami sudah berada di stasiun TGu jogja mengantri tiket kereta sriwedari. Ternyata kaim kehabisan tiket

Rencana berubah, kami naik bis untuk pulang. Sampai di halte kami naik bus trans jogja 1A menuju prambanan. Eh ternyata muter2 kepalaku jadi pusing. Sampai di prambanan pukul 7 malem. Waduh ada bus gak ya.

Kami menunggu bis solo jogja dan alhamdulillah kami dapat bus antar jaya jurusan solo jogja. Bener2 seperti petualang kami berdesak2an di bus. Dan alhamdulillah bus antar jaya berlamat dikarangnyar jdi bisa nebeng smpai karanganyar.. alhamdulillahhh sampai rumah dengan selamat

Lanjut membaca →

Cara Membuat Nuget Ikan patin

Nuget sekarang sudah merjalela. makanan ini dapat diawetkan. Makanan yang dapat di buat nuget salah satunya adalah ikan patin. Bagaimana kok ikan patin bisa dibuat nuget. Nah nanti akan saya jelaskan. Saya dapat pelatihan ini pas BINTEK dan PKL . Hmm rasanya lezat...

RESEP NUGGET IKAN PATIN

Bahan-bahan
  • 1 kg daging patin filet
  • 8 lembar roti tawar tanpa kulit
  • keju parut 50 gr
  • 1 gelas susu cair(bisa menggunakan susu sachetan di masukkan dalam segelas air)
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 butir telur
  • 1sdm penyedap rasa
  • 1 ons tepung terigu di encerkan dengan air
  • 1 ons tempura
  • 1/2 ons bawang putih halus
  • 1 biji bawang bombay di iris tipis
  • mentega atau minyak secukupnya

Cara membuat nugget ikan patin
  1. ikan patin filet diambil dgingnya saja, cuci bersih 
  2. giling daging bersama bumbu2 hingga halus
  3. rendam roti tawar dengan segelas susu cair
  4. daging yang sudah halus dicampur dengan bahan-bahan lain kemudian di uleni sampai rata
  5. siapkan loyang alasi dengan kertas alumunium atau plastik kasih mentega atau minyak agar tidak lengket
  6. tuang adonan kedalam loyang dan ratakan permukaan kemudian di tekan tekan agar ketika matang tidak banyak rongga
  7. kemudian kukus 20 menit
  8. stelah 20 menit keluarkan adonan kemudian di iris sesuai selera
  9. Setelahdi potong dicelupkan di tepung terigu yang sudah di encerkan lalu gulingkan ke tempura
  10. nugget siap dikema dan masukkan kedalam lemri es
Lanjut membaca →

Keripik ikan mujair ala banjarnegara

Menggoreng Kripik Mujair

Kripik Mujair ala banjarnegara ini sungguh maknyus :D. Sering kita makan ikan mujair dengan di goreng biasa nah disini kit makan kripik ikan mujair. Pembuatannya mudah yaitu
  1.  pertama pilih ukuran mujair sebesar du jari ya sekitar 2cm
  2. kemudian bersihkan kotorannya, lumuri dengan tepung rose brnd atau sejenisnya di campur sedikit dengan tepung maizena, kemudian di goreng.
  3.  Setelah di goreng ditiriskan kemudian  2 hari lagi digoreng lagi. 
  4. Jika sudah dirasa mak kriuk maka dikemas. 
Nah keripik ini harganya 17.000 per 200 gram. Teretarik mencoba? SIlahkan datang ke Banjarnegara atau bisa menggoreng sendiri
Lanjut membaca →

Museum Benteng Vredeburg Jogjakarta

Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeberg Jogjakarta, sekarang di jadikan museum benteng Vredeburg. Museum ini terletak di jl.  Jend. A. Yani No 6 Yogyakarta. Untuk masuk museum ini cukup membayar 2000 rupiah. Museum ini buka jam 8 sampai jam 4 sore. Museum inijuga terletak berdekatan dengan Taman Pintar, Pasar Bering harjo serta Stasiun Tugu yogyakarta.

Di museum ini terdapat diorama-diorama yang berisi tentang sejarah Indonesia. Diantaranya terdapat sejarah perang kemerdekaan, agresi militer belanda dll. Selain dapat menikmati isi di musem tersebut kita bisa melihat taman-taman yang indah di sana. Kadang museum ini juga di adakan pentas maupun pagelaran.

Sewaktu saya datang kesana ada pameran situs purbakala, yang mengadakan mahasiswa UGM. Untuk yang pergi ke Jogja jangan lewatkan museum Vredeburg ya..
Lanjut membaca →
Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates