Rabu, 03 Juli 2013

Backpaker seharian Solo-Yogya

Share it Please

Seharian Backpakeran dengan adik saya ke Jogja. Awalnya mau kejogja naik kereta jurusan solo Jogja seperti Pramex, madiun jya atau Sriwedari eh ternyata rencana naik kreeta gak jadi.Kami berdua sampai di Stasiun pukul setengh sembilan kurang. Ternyata keretanya berangkan pukul 11.10 wah nunggu lama, apalagi adanya sriwedari AC. HMm jadi berpikir ulang karen tidak efisien kalau menunggu lama. Akhirnya kami putuskan untuk naik bis Solo Jogja.
kantor gubernur jogja

Jalan kaki dari Stasiun Balapan ke Terminal Tirtonadi
Setelah mendapati jadwal kreta yang cukup lama, maka saya putuskan naik bis saja untuk efisiensi waktu. Sampai di terminal pukul sembilan an. kami menunggu bis jurusan solo yogya. Sampai di terminl ternyata terminal tirtondi yang katanya terbesar di Pulau Jawa sedang di rehab, so kita jalannya jauh, tambah gempor saja. Kita nunggu bis Ac seperti Bis Mira, Eka tau Sugeng Rahayu tau Sumber Selamat. NUnggunya lumayan lam jam 10 akhirnya dapat juga tu Bus hehe.

Sampai di terminal giwangan jam 12 an. Lalu kami naik bus trans jogja dengan membayar 3000 rupiah . Waktu itu kami naaik jurusan 3B stetlah sampai di halte monumen perjuangan ganti dengan trayek 2B. Sampailah di halte Taman Pintar.

Masuk taman pintar menuju ruang museum kotak dan oval serta museum memorabilia membayar 15.000 untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak 8.000.

Museum memorabilia berisi tentang awal kemerdekaan dan presiden-presiden Indonesia dari Pak Sukarno sampai dengan Pak SBY.

Museum Oval
Pas kita masuk di pintu depan ada akuarium besar berisi ikan-ikan, kemudian ada patung dinosaurus. Masuk kedalam lagiisinya tentang sains dan ilmu pengetahuan. Disana ada cara pembuatan susu bubuk, pembuatan mobil, pembuatan sepeda, awal mula telekomunikasi dll. Gak rugi deh kalau ke Taman Pintar. Yang paling atas ada film 4 dimensi tetapi hanya 15 menit saja untuk orang dewasa 20.000 anak-anak 15.000. di film 4 dimensi ini kita serasa berada di film beneran

Toko buku taman pintar
di lantai bawah ada toko buku seperti di belakang sriwedari solo. Buku disana murah-murah dan banyak macamnya ada buku pelajaran, ada buku novel dll.

Setelah ke taman pintar kami ke Museum Benteng Vredeburg. Cukup membayar dengan 2000 rupiah kita bisa masuk museum.

lalu kami berjalan sampai di pasar Bering harjo yang terkenal murah.. kemudian kami mencari makan karena dah lapar.

Setelah itu kami menuju malioboro. Kami melewati kantor Gubernur Jogja juga. Di malioboro kami membeli baji disana harus pandai-pandai menawar. Pukul 5 sore kami sudah berada di stasiun TGu jogja mengantri tiket kereta sriwedari. Ternyata kaim kehabisan tiket

Rencana berubah, kami naik bis untuk pulang. Sampai di halte kami naik bus trans jogja 1A menuju prambanan. Eh ternyata muter2 kepalaku jadi pusing. Sampai di prambanan pukul 7 malem. Waduh ada bus gak ya.

Kami menunggu bis solo jogja dan alhamdulillah kami dapat bus antar jaya jurusan solo jogja. Bener2 seperti petualang kami berdesak2an di bus. Dan alhamdulillah bus antar jaya berlamat dikarangnyar jdi bisa nebeng smpai karanganyar.. alhamdulillahhh sampai rumah dengan selamat