Kamis, 04 Juli 2013

Lawang Sewu Semarang di Malam Hari

Share it Please
Lawang Sewu,merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Semarang. Dahulu tempat ini sebagai kantor di jaman belanda. Letaknya di dekat tugu muda Semarang. Di lawang sewu ini ada beberapa tingkat mempunyai banyak pintu sehingga masyarakat menyebutnya lawang sewu (seribu pintu) Tetapi kalau did hitung tidak mencapai seribu. Memiliki jendela yang besar-besar layaknya pintu juga. Bhkan di lawang sewu ini katanya pernah dibuat syuting Ayat-ayat Cinta

Waktu kesana pada tahun 2009 lama sekali y...kami datang sudah hampir malam jadi tidak bisa berfoto-foto karena gelap. Banyak kelelawar didalam membuat gedung ini semakin mencekam :D.

Sedangkan menurut situs http://id.wikipedia.org/wiki/Lawang_Sewu
Lawang Sewu
Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.
Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).
Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945). Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.
Saat ini bangunan tua tersebut telah mengalami tahap konservasi dan revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero

Bagi yang tertarik silkn datang ke Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates