Sabtu, 31 Agustus 2013

Ada Banyak Kopi Instan Tetapi Kopi Instan & Cappuccino Good Day, Kopi gaul paling enak


Kopi instan & Cappucino Good Day kopi gaul paling enak, kalau kataku lezzzzzzzzzzat ladzidzun jiddan, artinya lezat banget. udah dulu ya bahasa arabnya. hehe. Tahu nggak kopi itu sebenarnya baik buat kesehatan asalkan minumnya di takar alias gak berlebihan. hmm, asal mula di temukan kopi itu dimana sieh? 

Sebelum kita tahu dimana asal mula kopi, kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa arab qohwah yang artinya kekuatan karena pada awalnya kopi merupakan minuman yang berenergi tinggi. Kata qohwah mengalami perubahan di negara-negaralain kalau di Turki menjadi kahveh, kemudian koffie di bahasa Belanda dan di Indonesia sendiri dinamakan kopi. Oh ya di Indonesia ini juga di temukan banyak kopi instan, sedangkan kopi instan & Capuccino Good Day, kopi gaul paling enak.

Beralih ke asal mula kopi di temukan, kopi di temukan di Etiopia Afrika kemudian di bawa ke Arab melewati laut Merah. Kemudian menyebar ke daerah-daerah selain di Arab. Awalnya Ottoman Turki memperkenalkan di Konstantinopel kemudian membuka kedai kopi tertua di dunia yaitu Kiva Han. Dari Turki kemudian menyebar ke Eropa hingga benua-benua lain. Dahulu belum ada kopi instan seperti sekarang ini. Mereka menggunakan biji kopi kemudian direbus untuk di minum ada pula yang di ambil sarinya. Kalaupun sudah ada kopi instan mungkin akan memilih kopi instan & Capuccino Good Day, kopi gaul paling enak

Setelah kita tahu darimana asal mula kata kopi dan asal mula kata kopi kita mari kita belajar jenis kopi utama yaitu kopi arabika (coffea arabica) dan kopi robusta (coffea robusta). Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik.Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini. 

Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia. Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap. Apapun jenis kopinya kopi instan & Capuccino Good Day, kopi gaul paling enak

Setelah kopi arabika, Biji kopi robusta, jenis kopi kelas 2.Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Kopi Robusta dapat tumbuh di tempat-tempat dengan ketinggian rendah ,berbeda dengan kopi arabika yang harus hidup di ketingggian tertentu. Kopi ini juga lebih tahan hama, Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Apapun kopinya baik arabika maupun robusta, Kopi instan & Capuccino Good Day, kopi gaul paling enak

Jenis-jenis minuman kopi :
Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun. Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi. Latte (coffee latte), merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi. Cappuccino, merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat. Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi. Mau coba kopi instan? Kopi Instan & Cappuccino Good Day, Kopi Gaul paling enak   Kopi tubruk, kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula.

Di era modern ini, serba instan. Banyak kopi instan di pasaran. Namun Kopi Instan & Cappuccino Good Day, Kopi Gaul paling enak, Tidak usah repot-repot mencampur dengan gula, karena dengan Kopi Good day ini kita bisa merasakan nikmatnya kopi layaknya di restoran-restoran atau kedai kopi yang mahal. Kalau ada Kopi Instan & Cappuccino Good Day, Kopi Gaul paling enak kenapa harus pilih yang lain? :D. Bahkan saya punya pengalaman ketika di kantin sebelum ujian matematika di kampus, saya pesan coffemix nya satu ya bu. Wah, dengan panas-panas minumnya serasa segar. Alhamdulillah siap maju perang ujian. Alhamdulillah bisa mengerjakan dengan lancar :D

 Selain Coffemix kesukaanku ada banyak varian rasa yang dapat kita inginkan.
1. The Original
2. Coffeemix
3. Coolin Coffee
4. Chococinno
5. Vanilla Latte
6. Coffee Freeze Mocafrio
7. Mocacinno
8. Carribean Nut
9. Cappuccino
Bisa di minum tiap hari dengan beda-beda rasanya karena hidup banyak rasa. Kopi Good day juga banyak rasanya 
Varian Kopi Instan Good Day
Sedangkan yang ke 10 dan ke 11 yaitu funtastic mocacino dan tiramisu bliss, di kemas dalam bentuk botol, sehingga lebih instan lebih mudah di bawa kemana-mana , dan efisiensi waktu. Terbukti kan? Kopi Instan & Cappuccino Good Day kopi gaul paling enak
Blog Competition GoodDay

Sumber :
wikipedia.org
hidupbanyakrasa.com
blogcompetition.hidupbanyakrasa.com

Lanjut membaca →

Sabtu, 24 Agustus 2013

Pantai Teleng Ria Pantai di Pacitan, Tiket Gratis

Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria yang terletak di Pacitan berada di dekat dengan ibu kota pacitan. Pantai Teleng ria merupakan dertan pantai selatan yang indah yang di miliki pacitan. Pacitan masih punya pantai srau, pantai klayardan lain lain.

Tiket masuk Gratis, gratis :D. Saya tidak tahu kenapa bisa gratis. Sebelumnya saya di beri tahu kalau masuk pantai teleng ria ini membayar. setelah saya cari infonya membayar  tiket 5000 per orang lebih mahal dari pantai lainnya karena pantai ini terletak di pusat kota. Tapi setelah lebaran kemarin kami sekeluarga liburan ke sana pas masuknya emang gratis tidak di tarik tiket

Saya sempat bingun dimana ni loketnya kok gak ada. Ah gak taulah yang enting sudah nyampai . Kami bermain di dekat pantai. Saat ombaknya terlalu besar ada orang yang memperingatkan. Sambil meniup peluit, dan menunjuk nunjuk orang yang masih ngeyel di ingatkan petugas. Jadi kita emang harus hati-hati dengan ombaknya.

Kondisi pantai teleng ria menurut saya pantai tidak terlalu bersih, atau mungkin karena kurang pengelola atau kurang nya kesadaran dari para wisatawan akan kerbesihan pantai. Sehingga banyak sampah makanan berserakan.

Adik saya dan  sepupu saya asyik bermain. Sedangkan saya asyik berpoto-poyo. Sedangkan bapak saya malah di mobil. Bulik saya cuma meilhat-lihat saja.

Pantainya cukup indah, pantainya bagai diapit pegunungan . Di sebelah kanan maupun kirinya memang ada pegunungan.

Disana ada juga yang menjual ikan siap makan. Sudah di goreng disana. Ada mushola juga, bisa buat sholat.
selain itu ada deretan penjual makanan dan oleh-oleh

Silahkan berkunjung dipantai ini. MUMPUNG GRATIS :D, biaya parkir mobil 2000 rupiah sedangkan motor seribu rupiah
Lanjut membaca →

Rabu, 21 Agustus 2013

Pekan Syawalan Jurug 2013 di Bonbin Jurug Solo

Poster Syawalan di depan TSTJ
Taman Satwa Taru Jurug atau yang biasa kita kenal dengan Kebun Binatang Jurug tiap bulan syawal mengadakan pekan syawalan. Pekan syawalan ini berlangsung 8-18 Agustus 2013 kemarin. Acara ini di meriahkan atraksi-atraksi antara lain reog, parade kolosal joko tingkir, memberi pakan hewan, naik gajah, naik unta dll

Tiket masuk yang biasanya 8 ribu sampai 10 ribu, khusus pekan syawal menjadi 10 ribu-15 ribu. Walaupun tiket naik kita di suguhi bermacam atraksi. Selain itu kita bisa melihat aneka satwa

Hal ini bisa menjadi alternatif libur lebaran saat pulang kampung. Selain bisa mengajak liburan keluarga, kita bisa mengenalkan aneka satwa di kebun binatang pada anak-anak kita atau saudara kita.

Selain atraksi kita juga bisa melihat satwa dari tanah arab yaitu unta, Untanya lucu-lucu. Kita bisa melihat dari dekat dan bahkan naik unta :D.

Masih banyak lagi yang bisa di dapatkan saat kita masuk di TSTJ ini. Bagi penggemar flying fox juga ada disini. Flying foxnya seru karena melewati danau. Wah pokoknya asik deh. Ada juga perahu bebek dll

Pekan Syawalan telah berakhir, tetapi Anda masih bisa menikmati satwa-satwa di dalam TSTJ, harga tiket kembali normal setelah pekan syawalan ini berakhir
Lanjut membaca →

Pulau Satonda Dompu

Pulau Satonda terletak di daerah utara pulau Sumbawa dikenal juga dengan nama Gunung Satonda, memiliki ketinggian sekitar 300 m diatas permukaan laut dengan luas wilayah seluas 4,8 Km. Gunung ini memiliki kawah danau air asin seluas 84 Ha dengan kedalaman 86 Meter yang masih menjadi misteri sampai sekarang. Selain itu terdapat juga kepercayaan bahwa siapa-siapa yang mengikat batu pada ranting pohon di sekitar danau keinginannya akan terpenuhi, tidak heran jika ditemukan banyak batuan yang diikat bergelantungan pada ranting-ranting pohon di sekitar pulau ini.

Pulau Satonda dikelilingi oleh batu karang dan memiliki ragam ikan hias yang sama jenisnya dengan yang ada di Indonesia. Inilah keunikan dan keajaiban Pulau Satonda, Pulau Satonda merupakan tempat yang tersembunyi dengan lautnya yang biru dan gunung berapi yang menjulang tinggi. Di sini dapat menikmati hamparan pantai pasir putih di sisi pulau, melakukan snorkling menikmati keindahan alam bawah laut dengan gugusan terumbu karang yang indah dan keaneka ragaman biota lautnya, selain itu juga daerah sekitar pulau merupakan tempat memancing yang menyenangkan, bahkan anda bisa bermain kano di daerah danau (kano bisa dibawa sendiri). Anda juga dapat berkemah di daerah pulau yang memang cocok untuk daerah perkemahan sembari meng-eksplore seluruh wilayah pulau.

Lokasi Dan Transportasi Ke Pulau Satonda

 Pulau Satonda terltak 3 Km dari selat Sanggar tidak jauh dari desa Nangamiro dan Lab. Kananga Kec. Sanggar. Untuk dapat mencapai Pulau Satonda anda dapat melalui jalan darat dengan lama perjalanan dari Sumbawa Besar kira-kira 8 jam dan dari Dompu kira-kira 5 jam dan juga dapat melalui laut. Pulau Satonda terletak pada daerah k. Pekat

Pulau Satonda dapat ditempuh dari Kota Dompu dengan pertama-tama menumpang bis umum dari terminal Ginte menuju Calabai dengan ongkos Rp. 25.000m- lalu dapat dilanjutkan dengan menyewa ojek dengan sewa Rp. 10.000-15.000 menuju desa Nangamiro, setelah itu anda dapat menyeberang menuju pulau dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp. 100.000-150.000, PP- . informasi ini diperoleh sebelum kenaikan BBM

 Karena tidak ada penyewaan alat snorkle, memancing, selam, kano, pelampung dan alat lainnya disarankan membawa peralatan sendiri, selain itu di sekitar pulau tidak terdapat sumber air tawar untuk minum atau membersihkan diri, jadi siapkan air sebanyak mungkin, atau dapat meminta bantuan nelayan sekitar untuk mengantarkan air tawar bersih.
Lanjut membaca →

Hu'u Terkenal dengan Pantay Lakey

Pantai Lakey (indonesia.travel)
Pantai Lakey Kecamatan Hu’u adalah salah satu lokasi berselancar terbaik dunia. Karena kehebatan dan konsistensi ombaknya, setiap tahunnya pantai Lakey secara reguler dijadikan sebagai tuan rumah dari kompetisi selancar tingkat dunia. Pantai Lakey – Hu’u terletak kira-kira 5 jam dari kota Sumbawa Besar dan dari kota Dompu kira-kira memakan waktu 1 jam 45 menit ke arah selatan. Pantai Lakey-Hu’u mempunyai kehebatan 4 jenis ombak yaitu : Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe dan Periscop.

Lakey merupakan surga bagi para peselancar, baik selancar angin maupun selancar konvesional. Di sini bisa belajar berselancar di, atau hanya sekedar menikmati suasana pantai yang indah, memancing, berenang, mengambil gambar indahnya pantai dll. Musim terbaik untuk berkunjung adalah bulan april sampai oktober. Sedangkan november sampai maret angin sedang kencang-kencangnya.

Lokasi dan Transportasi ke Pantai Lakey

Secara administratif pantai Lakey terletak di Desa Hu’u kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat yang berjarak kurang lebih 30 Km dari kota Dompu. Atau kira-kira 5 jam dari kota sumbawa besar dan dari kota dompu kira-kira membutuhkan waktu 1 jam 45 menit ke arah selatan. Untuk menuju tempat ini kita bisa memakai daihatsu terios mungkin bisa lebih cepat sampai tujuan. Kalau tidak punya bisa cari alternatif lain seperti naik transportasi umum, sewa kendaraan roda dua, atau mobil.

Pantai Lakey (indonesia.travel)
Untuk menuju tempat ini, dari bandara Sult Muhammad Salahuddin di Bima dapat menyewa mobil dengan tarif sekitar 600 ribu Rupiah, atau dapat menggunakan bus biasa menuju Dompu dengan tarif sekitar 50 ribu Rupiah sampai ke Terminal Ginte, Kabupaten Dompu, setelah itu menawar Bemo Kota  mengantar ke Lakey dengan kisaran harga antara 200-300 ribu Rupiah. Mungkin tarif ini sudah naik karena ada kenaikan harga BBM



Ket: Dari berbagai Sumber
Lanjut membaca →

Selasa, 20 Agustus 2013

Terios Sahabat Petualang Jelajahi Dompu NTB


Pantay Lakey Salah satu wisata di Dompu (sumber:visit.dompu.info)
Waktu membaca lomba ini saya memang belum pernah sekalipun ketempat 7 wonders tersebut. Petualangan saya masih berkisar lokal di daerah solo dan sekitarnya. Nah walaupun begitu saya akan menulis mengapa kok dompu jadi destinasi wisata yang perlu di kunjungi oleh para petualang seperti saya tentunya :D.

Mau ketempat wisata manapun tetaplah transportasi menjadi penunjang kegiatan wisata. Nah mau tau gak sieh ke Dompu yang terkenal dengan wisatanya itu kita harus berkendara dengan apa ? . Ini dia sahabat petualang kita, daihatsu terios. Hla kenapa sieh kok harus terios yang jadi sahabat petualang kita. Hmm belum tahu ya?  Eits, mobil ini bisa muat 7 orang lho, yah kalau kita berpetualang bisa ngajak sahabat atau keluarga kita. Apalagi mau ke Dompu kota di nusa tenggara barat ini.  Perjalanannya cukup jauh, walaupun begitu stir dari terios ringan dan hemat bahan bakar karena di atur secara elektrik. Jadi bisa hemat BBM :D

Tempat duduk dan stir
 Kalau sedang panas-panasnya tenang saja, terios ini dilengkapi Ac dengan doble blower. Serasa dingin-dingin sejuk. Selain itu di lengkapi dengan new meter combination untuk membaca kecepatan mobil, isi bahan bakar, dll. Desainnya sporty dan mewah tetapi tetap bisa dibaca dengan jelas.
AC dan New Meter Combination
Lampu dari terios ini didesain dengan sedemikian rupa agar meningkatkan visibilitas dari belakang. Desainnya lebih modern dan dinamis. Sedangkan desain new center cluster juga dibuat sporty dan mewah.
Lampu dan New Center Cluster

Nah itu tuh dashboardnya  daihatsu terios memang sahabat petualang kita yang akan mengantar kita jelajah dompu .
Dashboard Terios
Penampakan eksterior mobil daihastu terios yang menawan, membuat semakin percaya diri dan nampak elegan.
Eksterior Terios

Warna mobil terios ini ada beberapa baki penyuka warna merah bisa memimilih warna merah. Ada warna silver juga.
Pilihan Warna Terios

DOMPU NTB SALAH SATU 7 KEAJAIBAN NUSANTARA

Yuk kita pelajari dompu yang jadi destinasi wisata kita salah satu 7 keajaiban nusantara. Sudah pernah dengar Dompu? Mungkin awam sieh karena kita di suguhi wisata yang biasa ada di daerah sekitar kita.

Dompu merupakan salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat. Berada di bagian tengah pulau sumbawa. Wilayah ini beribu kota di dompu. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa dan teluk Saleh, sebelah timur dan utara kabupaten Bima dan  selatan berbatasan dengan samudera hindia. Wilayah terbagi menjadi beberapa kecamatan Kabupaten Dompu dengan ibukota di Dompu

Apa yang terkenal di dompu?

Dompu terkenal dengan susu kuda liarnya serta madu, penghasil daging kerbau rawa . Selain itu di wilayah ini terdapat destinasi wisata yang sudah terkenal sampai dunia diantaranya adalah  lakey, pulau satonda, gunung Tambora, ncanga tolu, nanga doro, situs nangasia, nanga tumpu dll.

PANTAI LAKEY

Pantai Lakey (sumber: indonesia.travel)
Pantai Lakey Kecamatan Hu’u adalah salah satu lokasi berselancar terbaik dunia. Karena kehebatan dan konsistensi ombaknya, setiap tahunnya pantai Lakey secara reguler dijadikan sebagai tuan rumah dari kompetisi selancar tingkat dunia. Pantai Lakey – Hu’u terletak kira-kira 5 jam dari kota Sumbawa Besar dan dari kota Dompu kira-kira memakan waktu 1 jam 45 menit ke arah selatan. Pantai Lakey-Hu’u mempunyai kehebatan 4 jenis ombak yaitu : Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe dan Periscop.

Lakey merupakan surga bagi para peselancar, baik selancar angin maupun selancar konvesional. Di sini bisa belajar berselancar di, atau hanya sekedar menikmati suasana pantai yang indah, memancing, berenang, mengambil gambar indahnya pantai dll. Musim terbaik untuk berkunjung adalah bulan april sampai oktober. Sedangkan november sampai maret angin sedang kencang-kencangnya.

Lokasi dan Transportasi ke Pantai Lakey

Secara administratif pantai Lakey terletak di Desa Hu’u kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat yang berjarak kurang lebih 30 Km dari kota Dompu. Atau kira-kira 5 jam dari kota sumbawa besar dan dari kota dompu kira-kira membutuhkan waktu 1 jam 45 menit ke arah selatan. Untuk menuju tempat ini kita bisa memakai daihatsu terios mungkin bisa lebih cepat sampai tujuan. Kalau tidak punya bisa cari alternatif lain seperti naik transportasi umum, sewa kendaraan roda dua, atau mobil.

Untuk menuju tempat ini, dari bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Bima dapat menyewa mobil dengan tarif sekitar 600 ribu Rupiah, atau dapat menggunakan bus biasa menuju Dompu dengan tarif sekitar 50 ribu Rupiah sampai ke Terminal Ginte, Kabupaten Dompu, setelah itu menawar Bemo Kota  mengantar ke Lakey dengan kisaran harga antara 200-300 ribu Rupiah. Mungkin tarif ini sudah naik karena ada kenaikan harga BBM

PULAU SATONDA

Pulau Satonda (sumber: visit.dompu.info)

Pulau Satonda terletak di daerah utara pulau Sumbawa dikenal juga dengan nama Gunung Satonda, memiliki ketinggian sekitar 300 m diatas permukaan laut dengan luas wilayah seluas 4,8 Km. Gunung ini memiliki kawah danau air asin seluas 84 Ha dengan kedalaman 86 Meter yang masih menjadi misteri sampai sekarang. Selain itu terdapat juga kepercayaan bahwa siapa-siapa yang mengikat batu pada ranting pohon di sekitar danau keinginannya akan terpenuhi, tidak heran jika ditemukan banyak batuan yang diikat bergelantungan pada ranting-ranting pohon di sekitar pulau ini.

Pulau Satonda dikelilingi oleh batu karang dan memiliki ragam ikan hias yang sama jenisnya dengan yang ada di Indonesia. Inilah keunikan dan keajaiban Pulau Satonda, Pulau Satonda merupakan tempat yang tersembunyi dengan lautnya yang biru dan gunung berapi yang menjulang tinggi.

Di sini dapat menikmati hamparan pantai pasir putih di sisi pulau, melakukan snorkling menikmati keindahan alam bawah laut dengan gugusan terumbu karang yang indah dan keaneka ragaman biota lautnya, selain itu juga daerah sekitar pulau merupakan tempat memancing yang menyenangkan, bahkan anda bisa bermain kano di daerah danau (kano bisa dibawa sendiri). Anda juga dapat berkemah di daerah pulau yang memang cocok untuk daerah perkemahan sembari meng-eksplore seluruh wilayah pulau.

Lokasi Dan Transportasi Ke Pulau Satonda

Pulau Satonda terltak 3 Km dari selat Sanggar tidak jauh dari desa Nangamiro dan Lab. Kananga Kec. Sanggar.

Untuk dapat mencapai Pulau Satonda anda dapat melalui jalan darat dengan lama perjalanan dari Sumbawa Besar kira-kira 8 jam dan dari Dompu kira-kira 5 jam dan juga dapat melalui laut. Pulau Satonda terletak pada daerah k. Pekat

Pulau Satonda dapat ditempuh dari Kota Dompu dengan pertama-tama menumpang bis umum dari terminal Ginte menuju Calabai dengan ongkos Rp. 25.000m- lalu dapat dilanjutkan dengan menyewa ojek dengan sewa Rp. 10.000-15.000 menuju desa Nangamiro, setelah itu anda dapat menyeberang menuju pulau dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp. 100.000-150.000, PP- . informasi ini diperoleh sebelum kenaikan BBM

Karena tidak ada penyewaan alat snorkle, memancing, selam, kano, pelampung dan alat lainnya disarankan membawa peralatan sendiri, selain itu di sekitar pulau tidak terdapat sumber air tawar untuk minum atau membersihkan diri, jadi siapkan air sebanyak mungkin, atau dapat meminta bantuan nelayan sekitar untuk mengantarkan air tawar bersih.

GUNUNG TAMBORA
Kawah Gunung Tambora

Masih terngiang di kepalaku tentang gunung tambora yaitu saat Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo yang meninggal saat mendaki gunung tambora. Ternyata  gunung Tambora itu sangat indah, dan para pendaki gunung ini juga banyak. Gunung ini cukup terkenal di dunia. Dulu tahun 1815 terjadi ledakan yang abunya dan suara ledakan sampai ke Sumatra, Kalimantan, jawa dll.

Rencananya tahun 2015 akan ada acara Tambora Menyapa Dunia, berikut petikan dari menteri Pariwisata "Tambora Menyapa Dunia, ini ide yang bagus. Kami mendukung acara ini dalam rangka mengembangkan destinasi baru," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam acara Grand Launching Tambora Menyapa Dunia 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekaf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (16/6/2013) malam.(detik.com)

Sekilas Tentang Gunung Tambora
Gunung Tambora secara administratif terletak di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Dompu dan kabupaten bima dengan ketinggian 2851 Mdpl merupakan tujuan banyak pendaki lokal maupun manca negara.
Keunikan Gunung Tambora terletak pada keunikan alam dan keadaan hutannya, Kawah tambora merupakan kawah terluas di Indonesia dengan lebar keseluruhan mencapai 7 Km dan keliling mencapai 16 Mil, kawah Tambora memiliki kedalaman sampai dengan 800 Meter.

SuperVolcano Tambora-Ekspedisi Cincin Api




Menurut beberapa sumber sejarah dan penelitian kawah tersebut terbentuk dari letusan Gunung Tambora yang merupakan letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah, dimana tinggi gunung sebelum letusan mencapai 4000 Mdpl, yang berarti Tambora kehilangan hampir setengah massa-nya setelah letusan.
selain keindahan gunungnya, hamparan taman Edelweis yang tumbuh sepanjang bibir kawah dan susunan batuan yang datar dan rata merupakan daya tarik lain bagi Tambora, tidak heran kalau tambora disebut sebagai salah satu gunung terindah di Indonesia, lengkap dengan fenomenanya yang luar biasa.

ilustrasi letusan gunung tambora



Petualang bisa melakukan pendakian menuju puncak tertinggi Tambora dengan pemandangan hutan yang menakjubkan sepanjang perjalanan, Tambora juga bisa dijadikan sebagai sumber untuk mempelajari keragaman tumbuhan lokal Pulau Sumbawa, berburu juga merupakan kegiatan yang bisa dilakukan, baik tradisonal maupun perburuan modern

Lokasi Dan Transportasi Ke Gunung Tambora

Secara Geografis terletak pada 8– 25′LS dan 118 – 00 ‘E dengan ketinggian antara 0-2851 mdpl, Tambora Merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Wilayah Tambora dibagi menjadi 2 daerah konservasu yaitu,  North Tambora Wildlife Reserve dengan luas mencapai of 80,000 Ha dan South Tambora Hunting Park dengan luas mencapai 30,000 Ha.

Gunung Tambora terletak di pulau Sumbawa yang merupakan bagian dari kepulauan Nusa Tenggara. Gunung ini adalah bagian dari busur Sunda, tali dari kepulauan vulkanik yang membentuk rantai selatan kepulauan Indonesia.[7] Tambora membentuk semenanjungnya sendiri di pulau Sumbawa yang disebut semenanjung Sanggar. Di sisi utara semenanjung tersebut, terdapat laut Flores, dan di sebelah selatan terdapat teluk Saleh dengan panjang 86 km dan lebar 36 km. Pada mulut teluk Saleh, terdapat pulau kecil yang disebut Mojo.

Perjalanan dimulai dari kota Dompu menuju Desa Pancasila, Doro peti atau Calabai dengan menggunakan bis penumpang dari terminal Ginte pada pukul 08.00, 11.00 dan 13.00 setiap harinya dengan sewa Rp. 25.000 s.d. 30.000,-.

Mempersiapkan perbekalan dari kota sangat penting, karena sulit dtemukan pasar yang menjual keperluan lengkap di daerah calabai dan sekitarnya, untuk kegiatan pendakian dan berburu disarankan menggunakan jasa pemandu lokal yang dapat disewa dengan biaya sekitar Rp. 100.000 s.d. 150.000,- per hari.

Jalur Pendakian Gunung Tambora

Gunung Tambora dapat didaki melalui tiga titik pendakian yang kesemuanya berada di wilayah Kabupten Dompu. Jalur pertama berada di Dusun Pancasila Desa Tambora, jalur ke dua berada di desa Doropeti dan jalur yang ke tiga berada di sabana Doro Ncanga Desa Sorotatanga. Dari tiga jalur pendakian ini, dua jalur adalah jalur pendakian dengan berjalan kaki biasa untuk para pendaki gunung sedangkan jalur yang satunya adalah jalur pendakian dengan menggunakan kendaraan.

NCANGA TOLU

Ncanga Tolu (Sumber: visit.dompu.info)

Air Terjun Ncanga Tolu (bercabang tiga) merupakan air terjun yang terbentuk dari pertemuan 3 aliran sungai , air terjun ini terletak di sekitar pegunungan wilayah desa Ranggo Kecamatan Pajo, aliran sungai yang jernih sepanjang perjalanan menuju air terjun menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini.
Petualang ndapat berendam pada airnya yang dingin dan sejuk karena berada pada ketinggian sekitar 500-600 Meter diatas permukaan laut, selain itu tempat ini dapat dijadikan objek pembelajaran mengenai hutan, vegetasi dan mempelajari mengenai tumbuhan lokal Dompu, selain itu dapat dilakukan kegiatan outbound dan atau sekedar berkemah di sekitar aliran sungai.

Lokasi dan Transportasi ke Ncanga tolu

Terletak di daerah administratif Desa Ranggo Kecamatan Pajo kabupaten Dompu.
Perjalanan dari Kota Dompu menggunakan kendaraan umum (angkutan pedesaan) jurusan Dompu-Ranggo PP yang beroperasi dari jam 06.30 sampai jam 17.00 dengan sewa Rp. 3000,- atau menggunakan bis tujuan Hu’u dengan tarif yang sama sampai desa Ranggo, perjalanan dari desa Ranggo dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati daerah persawahan yang subur, hutan kecil, dan aliran sungai yang jernih dan segar selama kurang lebih 5Km dan dapat ditempuh paling lama 1.5 Jam perjalanan. Ke sini bisa juga pakai daihatsu terios sahabat kita :D
Disarankan membawa makanan bekal, dan mencari guide lokal apabila sebelumnya belum pernah menuju lokasi karena medan yang belum sering dilalui dan tidak adanya jalur yang tetap menuju lokasi air terjun.

LEPADI
Pacuan Kuda/pacoa jara ( sumber:harjasaputra.com)

Lepadi (Arena Pacuan Kuda Tradisional), Lepadi terletak 5 Km di bagian selatan kota Dompu dan terkenal dengan pacuan kuda tradisionalnya, pacuan kuda dilaksanakan setiap tahunnya. Pacuan kuda ini juga di sebut dengan Pacoa Jara. Joki yang menunggang kuda-kuda pacuan ini masih sangat muda, usia mereka masih kecil seumuran anak SD, tetapi keahlian mereka dalam mengendalikan dan memacu kudanya tidak perlu diragukan lagi.

CALABAI
Gunung Tambora
merupakan kota kecil penghasil kayu yang terletak diujung utara semenanjung Gunung Tambora. Gunung Tambora seperti yang telah diketahui merupakan pusat dari letusan terdahsat yang pernah ada dalam sejarah, gunung Tambora mendominasi semenanjung utara Pulau Sumbawa, dengan ketinggian 2.851 meter diatas permukaan laut, berwarna coklat dan diselimuti oleh hutan lindung yang lebat. Perjalanan menuju Calabai dapat ditempuh dalam waktu 8 jam dari Sumbawa Besar, 5 Jam dari Dompu dan 6 jam dari Bima.

SITUS NANGASIA

Terletak di Kawasan Wisata Lakey. Diperkirakan 4.500 SM Nenek Moyang masyarakat Dompu sudah mempunyai peradaban dan menguasai teknologi yang cukup tinggi, yang ditandai dengan ditemukannya berbagai peninggalan dimasa lampau berupa, manik-manik dan keramik. Di Kawasan Situs ini juga ditemukan Batu Kursi (Wadu Kadera) yaitu batu berupa kursi tempat penobatan para Ncuhi (Pemimpin), bekas Telapak Kaki Ncuhi dan Kubur Duduk. Situs ini ditemukan oleh tim Arkeologi Pusat Jakarta dan Denpasar-Bali.

NANGA TUMPU
Nanga Tumpu

Nanga Tumpu terletak di jalur Jalan Raya Sumbawa – Dompu dengan jarak dari ibukota Kabupaten Dompu 30 Km dengan waktu tempuh 25 menit. Kawasan ini memiliki berbagai gugusan Pulau-pulau kecil seperti: Nisa Pu’du, Nisa Rate, Nisa Maja, Nisa Ko’do dengan hamparan pasir putih yang sangat indah. Kawasan Nanga Tumpu dan sekitarnya sangat cocok untuk kegiatan berenang, memancing dan menyelam.
Pada saat musim angin selatan dan barat (sekitar bulan Januari, Pebruari, Maret, Juli dan Agustus) sangat cocok untuk kegiatan olah raga Wind Surfing, Kite Surfing dan Lomba perahu layar tradisional. Di tempat ini tersedia fasilitas rumah makan.

Lokasi Dan Transportasi Ke Nanga Tumpu

Nanga Tumpu terletak di jalur Jalan Raya Sumbawa – Dompu dengan jarak dari ibukota Kabupaten Dompu 30 Km dengan waktu tempuh 25 menit. Bisa di tempuh dengan berbagai transportasi. Kawasan ini memiliki berbagai gugusan Pulau-pulau kecil seperti: Nisa Pu’du, Nisa Rate, Nisa Maja, Nisa Ko’do dengan hamparan pasir putih yang sangat indah. Kawasan Nanga Tumpu dan sekitarnya sangat cocok untuk kegiatan berenang, memancing dan menyelam.
Pada saat musim angin selatan dan barat (sekitar bulan Januari, Pebruari, Maret, Juli dan Agustus) sangat cocok untuk kegiatan olah raga Wind Surfing, Kite Surfing dan Lomba perahu layar tradisional. Di tempat ini tersedia fasilitas rumah makan

NANGA DORO

Nanga Doro adalah daerah resort pegunungan tradisional di dekat Hu’u yang terkenal dengan sumber mata air panasnya dimana suhunya mencapai 80 derajat Celsius. Tempat ini benar-benar merupakan tempat yang paling sesuai untuk beristirahat dan melemaskan otot-otot yang sakit setelah sehari penuh berselancar.

MADA PRAMA

Terletak hanya sekitar 4 Km dari kota Dompu, wilayah hutan lindung ini merupakan rumah para marga satwa dan flora lainnya. Mada prama juga memiliki kolam renang dengan pemandangan yang indah.

PANTAI RIA
Pantai Ria (sumber:wisatanusatenggara)

Terletak di wilayah pantai sebelah Barat Teluk Cempi yang indah. Pantai Ria yang alami dengan pasir putihnya yang lembut merupakan salah satu wilayah terpencil di Sumbawa Tengah dengan keindahannya yang agung, tempat dimana anda bisa melarikan diri dari rutinitas yang melelahkan dan bersantai bersama keluarga. Jalan menuju tempat ini juga sudah cukup baik.


Masih ada beberapa tempat yang belum saya ulas disini. Mungkin suatu ketika jika saya menang lomba blog ini saya akan lebih banyak mengulasnya. Ya iyalah kan bisa langsung kesana :D

Blog ini saya tulis untuk lomba yang diadakan daihatsu terios, syukur-syukur bisa menang. Alhamdulillah. Bagi yang ingin lomba buruan klik gambar di bawah ini. Yuk lomba bareng-bareng


http://www.dompukab.go.id/
http://humasdompu.wordpress.com/category/pariwisata/
http://travel.detik.com/read/2013/06/17/070722/2275034/1382/1/gunung-tambora-siap-terkenal-sedunia-di-2015#menu_stop
Sumber Berita: http://dompukab.go.id/berita-situs0gunung0tambora0dan0danau0pulau0satonda0dompu.html#ixzz2c7wdO0hY
http://wisatanusatenggara.wordpress.com/edisi-khusus-wisata-nusa-tenggara/wisata-dompu/
http://duaabadtambora.dompu.info/jalur-pendakian/
http://dompu-huu.blogspot.com/2013/01/dompu-bumi-nggahi-rawi-pahu.html
http://daihatsu.co.id/
http://www.youtube.com



Lanjut membaca →

Senin, 19 Agustus 2013

Go To Grojogan Sewu Waterfall in Tawang Mangu Karanganyar

Nowadays many people like to be a traveller. They are going to every place who they like. It will be make them happy. And you know? Water fall is one of tourist resort in Tawang Mangu, Karanganyar, Indonesia. The water fall is very beatifull. Hmm, how beautifull water fall it is.

Why, I Can say that?

Because I ever go to there . water fall of grojogan sewu in tawangmangu popular in local tourist and international tourist. I think so :D
Grojogan Sewu Water fall

I went to there with my friends. They are my clasmate. The Journey was began at December in 2012. Before i have journey, I have planning to go there. I plan where i will stay, an take a rest.

I have an good idea. I have friend when I teach at SmartGamma , her name ms tuti. She is o good person. I ask home stay which i can stay on it. And I get a villa with cheaper cost from her. I just pay 70.000 rupiahs to stay on it. oh... how happy I am
Lanjut membaca →

Minggu, 11 Agustus 2013

Kenangan di Gunung Tangkuban Prahu

Kawah Tangkuban Prau

Tangkuban prau merupakan salah satu gunung yang ada di Jawa Barat. Gunung Tangkuban Prau merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif. Jika gunung ini berstatus siaga, biasanya wisata gunung tangkuban prau di tutup.

Saya Kesini tahun 2009 waktu itu saya bersama keluarga saya. Dan yang kedua di akhir tahun 2009 waktu itu saya bersama-sama teman pendidikan matematika UNS angkatan 2007 saat KKL.

Setiba di parkiran bus, kami naik mobil yang membawa kami ke area gunung tangkuban prau. Setiba disana banyak sekali pedagang yang menjajakan strowberrynya, ada pula pedagang yang menjajakan alat musik angklung, ada yang oleh-oleh kerajinan tangan khas tangkuban prau, seperti gantungan kunci dll. Saat itu sedang gerimis jadi pemandangannya tidak nampak jelas untuk berpoto2.

Kami saat itu melihat pemandangan di sekitar gunung. Saya melihat kebawah ternyata ada kawah... Baunya bau belerang menyengat. Ya begitulah bau belerang harus tutup hidung :D.

Lalu kami beristirahat di sebuah mushola dan melaksanakan sholat..waktu berwudu, hmmm adhemm brrr.. Dingin banget airnya. Benar-benar serasa kalau di gunung karena dinginnya.

Setelah itu kami melanjutkan jalan-jalan, hingga sore. Sore pun tiba, hujan juga mulai deras. Kami disuruh segerah beranjak dari tempat tersebut dan segera menuju hotel.

Tangkuban Prau, we miss u, i wiil go there with someone the next
Lanjut membaca →

Pantai Kuwaru Jogjakarta


Pantai Kuwaru


Di pantai selatan jogjakarta banyak sekali pantai yang menjadi objek wisata. Salah satunya adalah pantai kuwaru. Pantai ini terletak di Bantul Jogjakarta. Keistimewaan pantai ini ada pohon-pohon didekat pantai. Ombaknya juga lumayan besar :D. Pemandangannnya indah seperti pantai-pantai lain. Selain itu ada persewaan tikar di dekat pantai. Kita bisa beristirahan di dekat bibir pantai.

Waktu itu saya datang bersama dengan karang taruna Pangudi Mulyo sekitar tahun 2011. Kami datang bersama-sama menggunakan bus. Disana kami menyewa tikar dan makan siang bersama. Hmm, terlihat kebersamaannya ya.. semoga lain kali bisa kesini lagi.

Setelah kami makan bersama kami bermain-main di sekitar bibir pantai. Disana juga ada kapalnya nelayan. Sayangnya waktu itu saya gak punya hp berkamera sehingga potonya nebeng temen. Tapi Alhamdulillah masih bisa poto :D

Lanjut membaca →

Selain Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar Punya Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog terletak di kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Daerahnya masih di lereng pergunungan Lawu. Untuk menuju tempat tersebut perlu menggunakan kendaraan yang baik, karena perjalanannya menempuh jalan yang berliku-liku. Jika Anda seorang traveler anda bisa mengikuti rute ini dari terminal tirtonadi Solo naik bus jurusan Solo- Tawangmangu atau Solo-Matesih, turun di terminal Karang pandan ongkos sekitar 8000 rupiah. Setelah itu ganti bis kecil jurusan Ngargoyoso, tanya sama kondektor bus mau ke air terjun jumog. Ongkos tarif bus sekitar 3-4 ribu rupiah. Nanti setelah turun area air terjun. Anda akan jalan sekitar 1 km untuk sampai ke tempat tujuan

Air Terjun ini awalnya di temukan oleh warga, Kemudian oleh pemerintah dijadikan objek pariwisata. Dulu pintu masuknya lebih keatas karena terjadi longsor, pintunya di ganti agak ke bawah tidak sampai naik ke atas. Jadi kalau ingin menuju air terjun cukup dekat dari pintu masuk dibandingkan dahulu. Dibandingkan dengan grojogan sewu yang harus menaiki ribuan anak tangga, di Air terjun ini tidak sampai ribuan anak tangga. Oh ya tiket masuk waktu saya masuk 5000 rupiah mungkin sekarang sudah naik lagi.
Air Terjun Jumog

Jika anda lapar di sekitar wisata ini banyak warung yang menjajakan makanan. Yang paling laris nasi goreng sama mie rebus :D. Mungkin buatnya cepet kali ya hehe. Bisa juga pesan pop mie(duh iklan ;D) bisa juga pesan teh panas dll.

Setelah sampai diair terjun hati-hatilah karena jalan cukup licin, kadang ketika air terjunnya cukup deras wisatawan dilarang mendekat. Tapi kalau musim kemarau kadang airnya tidak ada alias garing :D, kalau datang jangan pas musim kemarau ya, nanti kemgkinan airnya terjunnya tidak terlaluderas

aliran air terjun



Lanjut membaca →

Taman Pancasila Karanganyar, tengoklah di malam hari



Pada awalnya taman ini seperti taman pahlawaan karena ada beberapa patung pahlawan. Namun dengan seiring waktu terjadi renovasi-renovasi. Orang yang datang pertama kali di Taman Pancasila akan mengira alun-alun karanganyar, padahal sebenarnya alun-alun karanganyar tidak berada di situ. Mungkin karena letak  Taman ini berada di depan rumah dinas bupati karanganyar sehingga orang-orang awam menamainya dengan alun-alun.

Tahun 2013 taman ini direnovasi lagi. Pedagang yang berjualan di dalam area taman di pindah ke jalan sebelah barat taman pancasila. Sehingga pejalan kaki yang ingin menikmati suasana taman lebih nyaman karena tidak ada pedagang di dalam taman. Taman sudah tertata rapi sehingga dapat dijadikan hiburan di akhir pekan

Jangan salah ya, taman ini gratis tidak dipungut biaya. Taman pancasila merupakan salah satu alternatif hiburan di sore hingga malam hari di Karanganyar. Maklum kalau pagi dan siang pedagang dilarang jualan. Jadi kalau siang hari mau cari jajanan di Taman pancasila susah didapat.
Suasana malam hari taman pancasila sudah seperti pasar malam. Di pinggiran taman ada para pedagang yang menjajakan makanannya  bebrapa pedagang yang mangkal disekitaran taman pancasila diantaranya

1.       Pedagang roti bakar ( roti bakar khas bandung, yang jualan kayaknya juga orang sunda) tempatnya di utara taman
2.       Pedagang molen, pisang goreng, onde-onde dan makanan gorengan lainnya. Letak tempat pedagang ini juga di utara taman
3.       Pedagang sandal jepit dll , letaknya juga di utara taman
4.       Pedagang es teh, pempek palembang, dll juga di utara taman
5.       Pedagang VCD berada disamping taman sebelah timur dan selatan
6.       Pedagang jagung bakar biasanya di selatan taman
7.       Warung makan seperti ayam, bebek, dll berada di sebelah barat.
8.       Dll

Bagi yang punya anak kecil disana juga ada mainan untuk anak-anak. Selain iu juga ada bendi/ kereta kuda. Bagi yang berminat bisa naik kereta kuda.
Lanjut membaca →
Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates