Jumat, 09 Agustus 2013

Museum Sangiran Sragen, Museum Purbakala

Share it Please
Museum Sangiran
Museum sangiran merupakan situs purbakala yang ada di kabupaten Sragen. Museum ini terdapat beberapa temuan-temuan purbakala yang berumur ribuan taun maupun jutaan tahun. Terdapat pula fosil-fosil kera yang mirip dengan struktur tubuh manusia. Beberapa ahli sejarawan berpendapat mereka merupakan nenek moyang manusia. Tetapi kalau saya nenek moyang manusia bukan kera tapi nabi Adam alaihisalam, ya mereka berpendapat ya silakan.

Selain itu museum Sangiran ini sudah tecatat sebagai warisan dunia dan tercatat di UNESCO. Konon tanah yang ada di bawah museum sangiran, dan sekiarnya, merupakan lahar gunung lawu purba. Banyak temuan fosil-fosil di sekitar daerah Sangiran. Baik secara sengaja maupun secara sengaja dengan cara penggalian.

Saya dengan keluarga pergi ke museum sangiran  dengan mengendarai mobil. Kendaraan menuju daerah ini cukup mudah karena dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua, mobil maupun bus. Namun yang jadi kendala tidak ada transportasi umum yang menuju area ini. Kalaupun ada bus harus ojek lagi sekitar 3 km. Untuk menuju ke museum sangiran ini naik bus dari arah solo menggunakan bus yang arah ke Puwodadi turun situs sangiran. Setelah itu naik ojek atau becak menuju lokasi sekitar 3km.

Sampai ditempat membayar tiket sebesar 5.000 rupiah. Kami masuk museum di depan museum terdapat sejarah ditemukannya fosil-fosil manusia purba. Selain itu terdapat cara-cara menggali situs purbakala.Disana banyak sekali fosil-fosil yang diletakkan di museum. Ada pula fosil hewan purba. Setelah berputar-putar mengelilingi museum di depan museum ada taman untuk beristirahat, ada pula pedagang yang menjual oleh-oleh.

Sebelum kami pulang kami menyempatkan poto-poto di taman dekat museum. Tamannya bagus, indah ditanami bunga-bunga. Setelah mengambil gambar di taman, kami mengambil gambar di dekat tangga. Wow keren

Setidaknya museum ini memberikan pengetahuan dan menambah pengetahuan tentang situs purbakala dan sejarah hewan purbakala.



3 komentar:

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates