Selasa, 20 Agustus 2013

Terios Sahabat Petualang Jelajahi Dompu NTB

Share it Please

Pantay Lakey Salah satu wisata di Dompu (sumber:visit.dompu.info)
Waktu membaca lomba ini saya memang belum pernah sekalipun ketempat 7 wonders tersebut. Petualangan saya masih berkisar lokal di daerah solo dan sekitarnya. Nah walaupun begitu saya akan menulis mengapa kok dompu jadi destinasi wisata yang perlu di kunjungi oleh para petualang seperti saya tentunya :D.

Mau ketempat wisata manapun tetaplah transportasi menjadi penunjang kegiatan wisata. Nah mau tau gak sieh ke Dompu yang terkenal dengan wisatanya itu kita harus berkendara dengan apa ? . Ini dia sahabat petualang kita, daihatsu terios. Hla kenapa sieh kok harus terios yang jadi sahabat petualang kita. Hmm belum tahu ya?  Eits, mobil ini bisa muat 7 orang lho, yah kalau kita berpetualang bisa ngajak sahabat atau keluarga kita. Apalagi mau ke Dompu kota di nusa tenggara barat ini.  Perjalanannya cukup jauh, walaupun begitu stir dari terios ringan dan hemat bahan bakar karena di atur secara elektrik. Jadi bisa hemat BBM :D

Tempat duduk dan stir
 Kalau sedang panas-panasnya tenang saja, terios ini dilengkapi Ac dengan doble blower. Serasa dingin-dingin sejuk. Selain itu di lengkapi dengan new meter combination untuk membaca kecepatan mobil, isi bahan bakar, dll. Desainnya sporty dan mewah tetapi tetap bisa dibaca dengan jelas.
AC dan New Meter Combination
Lampu dari terios ini didesain dengan sedemikian rupa agar meningkatkan visibilitas dari belakang. Desainnya lebih modern dan dinamis. Sedangkan desain new center cluster juga dibuat sporty dan mewah.
Lampu dan New Center Cluster

Nah itu tuh dashboardnya  daihatsu terios memang sahabat petualang kita yang akan mengantar kita jelajah dompu .
Dashboard Terios
Penampakan eksterior mobil daihastu terios yang menawan, membuat semakin percaya diri dan nampak elegan.
Eksterior Terios

Warna mobil terios ini ada beberapa baki penyuka warna merah bisa memimilih warna merah. Ada warna silver juga.
Pilihan Warna Terios

DOMPU NTB SALAH SATU 7 KEAJAIBAN NUSANTARA

Yuk kita pelajari dompu yang jadi destinasi wisata kita salah satu 7 keajaiban nusantara. Sudah pernah dengar Dompu? Mungkin awam sieh karena kita di suguhi wisata yang biasa ada di daerah sekitar kita.

Dompu merupakan salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat. Berada di bagian tengah pulau sumbawa. Wilayah ini beribu kota di dompu. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa dan teluk Saleh, sebelah timur dan utara kabupaten Bima dan  selatan berbatasan dengan samudera hindia. Wilayah terbagi menjadi beberapa kecamatan Kabupaten Dompu dengan ibukota di Dompu

Apa yang terkenal di dompu?

Dompu terkenal dengan susu kuda liarnya serta madu, penghasil daging kerbau rawa . Selain itu di wilayah ini terdapat destinasi wisata yang sudah terkenal sampai dunia diantaranya adalah  lakey, pulau satonda, gunung Tambora, ncanga tolu, nanga doro, situs nangasia, nanga tumpu dll.

PANTAI LAKEY

Pantai Lakey (sumber: indonesia.travel)
Pantai Lakey Kecamatan Hu’u adalah salah satu lokasi berselancar terbaik dunia. Karena kehebatan dan konsistensi ombaknya, setiap tahunnya pantai Lakey secara reguler dijadikan sebagai tuan rumah dari kompetisi selancar tingkat dunia. Pantai Lakey – Hu’u terletak kira-kira 5 jam dari kota Sumbawa Besar dan dari kota Dompu kira-kira memakan waktu 1 jam 45 menit ke arah selatan. Pantai Lakey-Hu’u mempunyai kehebatan 4 jenis ombak yaitu : Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe dan Periscop.

Lakey merupakan surga bagi para peselancar, baik selancar angin maupun selancar konvesional. Di sini bisa belajar berselancar di, atau hanya sekedar menikmati suasana pantai yang indah, memancing, berenang, mengambil gambar indahnya pantai dll. Musim terbaik untuk berkunjung adalah bulan april sampai oktober. Sedangkan november sampai maret angin sedang kencang-kencangnya.

Lokasi dan Transportasi ke Pantai Lakey

Secara administratif pantai Lakey terletak di Desa Hu’u kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat yang berjarak kurang lebih 30 Km dari kota Dompu. Atau kira-kira 5 jam dari kota sumbawa besar dan dari kota dompu kira-kira membutuhkan waktu 1 jam 45 menit ke arah selatan. Untuk menuju tempat ini kita bisa memakai daihatsu terios mungkin bisa lebih cepat sampai tujuan. Kalau tidak punya bisa cari alternatif lain seperti naik transportasi umum, sewa kendaraan roda dua, atau mobil.

Untuk menuju tempat ini, dari bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Bima dapat menyewa mobil dengan tarif sekitar 600 ribu Rupiah, atau dapat menggunakan bus biasa menuju Dompu dengan tarif sekitar 50 ribu Rupiah sampai ke Terminal Ginte, Kabupaten Dompu, setelah itu menawar Bemo Kota  mengantar ke Lakey dengan kisaran harga antara 200-300 ribu Rupiah. Mungkin tarif ini sudah naik karena ada kenaikan harga BBM

PULAU SATONDA

Pulau Satonda (sumber: visit.dompu.info)

Pulau Satonda terletak di daerah utara pulau Sumbawa dikenal juga dengan nama Gunung Satonda, memiliki ketinggian sekitar 300 m diatas permukaan laut dengan luas wilayah seluas 4,8 Km. Gunung ini memiliki kawah danau air asin seluas 84 Ha dengan kedalaman 86 Meter yang masih menjadi misteri sampai sekarang. Selain itu terdapat juga kepercayaan bahwa siapa-siapa yang mengikat batu pada ranting pohon di sekitar danau keinginannya akan terpenuhi, tidak heran jika ditemukan banyak batuan yang diikat bergelantungan pada ranting-ranting pohon di sekitar pulau ini.

Pulau Satonda dikelilingi oleh batu karang dan memiliki ragam ikan hias yang sama jenisnya dengan yang ada di Indonesia. Inilah keunikan dan keajaiban Pulau Satonda, Pulau Satonda merupakan tempat yang tersembunyi dengan lautnya yang biru dan gunung berapi yang menjulang tinggi.

Di sini dapat menikmati hamparan pantai pasir putih di sisi pulau, melakukan snorkling menikmati keindahan alam bawah laut dengan gugusan terumbu karang yang indah dan keaneka ragaman biota lautnya, selain itu juga daerah sekitar pulau merupakan tempat memancing yang menyenangkan, bahkan anda bisa bermain kano di daerah danau (kano bisa dibawa sendiri). Anda juga dapat berkemah di daerah pulau yang memang cocok untuk daerah perkemahan sembari meng-eksplore seluruh wilayah pulau.

Lokasi Dan Transportasi Ke Pulau Satonda

Pulau Satonda terltak 3 Km dari selat Sanggar tidak jauh dari desa Nangamiro dan Lab. Kananga Kec. Sanggar.

Untuk dapat mencapai Pulau Satonda anda dapat melalui jalan darat dengan lama perjalanan dari Sumbawa Besar kira-kira 8 jam dan dari Dompu kira-kira 5 jam dan juga dapat melalui laut. Pulau Satonda terletak pada daerah k. Pekat

Pulau Satonda dapat ditempuh dari Kota Dompu dengan pertama-tama menumpang bis umum dari terminal Ginte menuju Calabai dengan ongkos Rp. 25.000m- lalu dapat dilanjutkan dengan menyewa ojek dengan sewa Rp. 10.000-15.000 menuju desa Nangamiro, setelah itu anda dapat menyeberang menuju pulau dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp. 100.000-150.000, PP- . informasi ini diperoleh sebelum kenaikan BBM

Karena tidak ada penyewaan alat snorkle, memancing, selam, kano, pelampung dan alat lainnya disarankan membawa peralatan sendiri, selain itu di sekitar pulau tidak terdapat sumber air tawar untuk minum atau membersihkan diri, jadi siapkan air sebanyak mungkin, atau dapat meminta bantuan nelayan sekitar untuk mengantarkan air tawar bersih.

GUNUNG TAMBORA
Kawah Gunung Tambora

Masih terngiang di kepalaku tentang gunung tambora yaitu saat Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo yang meninggal saat mendaki gunung tambora. Ternyata  gunung Tambora itu sangat indah, dan para pendaki gunung ini juga banyak. Gunung ini cukup terkenal di dunia. Dulu tahun 1815 terjadi ledakan yang abunya dan suara ledakan sampai ke Sumatra, Kalimantan, jawa dll.

Rencananya tahun 2015 akan ada acara Tambora Menyapa Dunia, berikut petikan dari menteri Pariwisata "Tambora Menyapa Dunia, ini ide yang bagus. Kami mendukung acara ini dalam rangka mengembangkan destinasi baru," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam acara Grand Launching Tambora Menyapa Dunia 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekaf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (16/6/2013) malam.(detik.com)

Sekilas Tentang Gunung Tambora
Gunung Tambora secara administratif terletak di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Dompu dan kabupaten bima dengan ketinggian 2851 Mdpl merupakan tujuan banyak pendaki lokal maupun manca negara.
Keunikan Gunung Tambora terletak pada keunikan alam dan keadaan hutannya, Kawah tambora merupakan kawah terluas di Indonesia dengan lebar keseluruhan mencapai 7 Km dan keliling mencapai 16 Mil, kawah Tambora memiliki kedalaman sampai dengan 800 Meter.

SuperVolcano Tambora-Ekspedisi Cincin Api




Menurut beberapa sumber sejarah dan penelitian kawah tersebut terbentuk dari letusan Gunung Tambora yang merupakan letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah, dimana tinggi gunung sebelum letusan mencapai 4000 Mdpl, yang berarti Tambora kehilangan hampir setengah massa-nya setelah letusan.
selain keindahan gunungnya, hamparan taman Edelweis yang tumbuh sepanjang bibir kawah dan susunan batuan yang datar dan rata merupakan daya tarik lain bagi Tambora, tidak heran kalau tambora disebut sebagai salah satu gunung terindah di Indonesia, lengkap dengan fenomenanya yang luar biasa.

ilustrasi letusan gunung tambora



Petualang bisa melakukan pendakian menuju puncak tertinggi Tambora dengan pemandangan hutan yang menakjubkan sepanjang perjalanan, Tambora juga bisa dijadikan sebagai sumber untuk mempelajari keragaman tumbuhan lokal Pulau Sumbawa, berburu juga merupakan kegiatan yang bisa dilakukan, baik tradisonal maupun perburuan modern

Lokasi Dan Transportasi Ke Gunung Tambora

Secara Geografis terletak pada 8– 25′LS dan 118 – 00 ‘E dengan ketinggian antara 0-2851 mdpl, Tambora Merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Wilayah Tambora dibagi menjadi 2 daerah konservasu yaitu,  North Tambora Wildlife Reserve dengan luas mencapai of 80,000 Ha dan South Tambora Hunting Park dengan luas mencapai 30,000 Ha.

Gunung Tambora terletak di pulau Sumbawa yang merupakan bagian dari kepulauan Nusa Tenggara. Gunung ini adalah bagian dari busur Sunda, tali dari kepulauan vulkanik yang membentuk rantai selatan kepulauan Indonesia.[7] Tambora membentuk semenanjungnya sendiri di pulau Sumbawa yang disebut semenanjung Sanggar. Di sisi utara semenanjung tersebut, terdapat laut Flores, dan di sebelah selatan terdapat teluk Saleh dengan panjang 86 km dan lebar 36 km. Pada mulut teluk Saleh, terdapat pulau kecil yang disebut Mojo.

Perjalanan dimulai dari kota Dompu menuju Desa Pancasila, Doro peti atau Calabai dengan menggunakan bis penumpang dari terminal Ginte pada pukul 08.00, 11.00 dan 13.00 setiap harinya dengan sewa Rp. 25.000 s.d. 30.000,-.

Mempersiapkan perbekalan dari kota sangat penting, karena sulit dtemukan pasar yang menjual keperluan lengkap di daerah calabai dan sekitarnya, untuk kegiatan pendakian dan berburu disarankan menggunakan jasa pemandu lokal yang dapat disewa dengan biaya sekitar Rp. 100.000 s.d. 150.000,- per hari.

Jalur Pendakian Gunung Tambora

Gunung Tambora dapat didaki melalui tiga titik pendakian yang kesemuanya berada di wilayah Kabupten Dompu. Jalur pertama berada di Dusun Pancasila Desa Tambora, jalur ke dua berada di desa Doropeti dan jalur yang ke tiga berada di sabana Doro Ncanga Desa Sorotatanga. Dari tiga jalur pendakian ini, dua jalur adalah jalur pendakian dengan berjalan kaki biasa untuk para pendaki gunung sedangkan jalur yang satunya adalah jalur pendakian dengan menggunakan kendaraan.

NCANGA TOLU

Ncanga Tolu (Sumber: visit.dompu.info)

Air Terjun Ncanga Tolu (bercabang tiga) merupakan air terjun yang terbentuk dari pertemuan 3 aliran sungai , air terjun ini terletak di sekitar pegunungan wilayah desa Ranggo Kecamatan Pajo, aliran sungai yang jernih sepanjang perjalanan menuju air terjun menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini.
Petualang ndapat berendam pada airnya yang dingin dan sejuk karena berada pada ketinggian sekitar 500-600 Meter diatas permukaan laut, selain itu tempat ini dapat dijadikan objek pembelajaran mengenai hutan, vegetasi dan mempelajari mengenai tumbuhan lokal Dompu, selain itu dapat dilakukan kegiatan outbound dan atau sekedar berkemah di sekitar aliran sungai.

Lokasi dan Transportasi ke Ncanga tolu

Terletak di daerah administratif Desa Ranggo Kecamatan Pajo kabupaten Dompu.
Perjalanan dari Kota Dompu menggunakan kendaraan umum (angkutan pedesaan) jurusan Dompu-Ranggo PP yang beroperasi dari jam 06.30 sampai jam 17.00 dengan sewa Rp. 3000,- atau menggunakan bis tujuan Hu’u dengan tarif yang sama sampai desa Ranggo, perjalanan dari desa Ranggo dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati daerah persawahan yang subur, hutan kecil, dan aliran sungai yang jernih dan segar selama kurang lebih 5Km dan dapat ditempuh paling lama 1.5 Jam perjalanan. Ke sini bisa juga pakai daihatsu terios sahabat kita :D
Disarankan membawa makanan bekal, dan mencari guide lokal apabila sebelumnya belum pernah menuju lokasi karena medan yang belum sering dilalui dan tidak adanya jalur yang tetap menuju lokasi air terjun.

LEPADI
Pacuan Kuda/pacoa jara ( sumber:harjasaputra.com)

Lepadi (Arena Pacuan Kuda Tradisional), Lepadi terletak 5 Km di bagian selatan kota Dompu dan terkenal dengan pacuan kuda tradisionalnya, pacuan kuda dilaksanakan setiap tahunnya. Pacuan kuda ini juga di sebut dengan Pacoa Jara. Joki yang menunggang kuda-kuda pacuan ini masih sangat muda, usia mereka masih kecil seumuran anak SD, tetapi keahlian mereka dalam mengendalikan dan memacu kudanya tidak perlu diragukan lagi.

CALABAI
Gunung Tambora
merupakan kota kecil penghasil kayu yang terletak diujung utara semenanjung Gunung Tambora. Gunung Tambora seperti yang telah diketahui merupakan pusat dari letusan terdahsat yang pernah ada dalam sejarah, gunung Tambora mendominasi semenanjung utara Pulau Sumbawa, dengan ketinggian 2.851 meter diatas permukaan laut, berwarna coklat dan diselimuti oleh hutan lindung yang lebat. Perjalanan menuju Calabai dapat ditempuh dalam waktu 8 jam dari Sumbawa Besar, 5 Jam dari Dompu dan 6 jam dari Bima.

SITUS NANGASIA

Terletak di Kawasan Wisata Lakey. Diperkirakan 4.500 SM Nenek Moyang masyarakat Dompu sudah mempunyai peradaban dan menguasai teknologi yang cukup tinggi, yang ditandai dengan ditemukannya berbagai peninggalan dimasa lampau berupa, manik-manik dan keramik. Di Kawasan Situs ini juga ditemukan Batu Kursi (Wadu Kadera) yaitu batu berupa kursi tempat penobatan para Ncuhi (Pemimpin), bekas Telapak Kaki Ncuhi dan Kubur Duduk. Situs ini ditemukan oleh tim Arkeologi Pusat Jakarta dan Denpasar-Bali.

NANGA TUMPU
Nanga Tumpu

Nanga Tumpu terletak di jalur Jalan Raya Sumbawa – Dompu dengan jarak dari ibukota Kabupaten Dompu 30 Km dengan waktu tempuh 25 menit. Kawasan ini memiliki berbagai gugusan Pulau-pulau kecil seperti: Nisa Pu’du, Nisa Rate, Nisa Maja, Nisa Ko’do dengan hamparan pasir putih yang sangat indah. Kawasan Nanga Tumpu dan sekitarnya sangat cocok untuk kegiatan berenang, memancing dan menyelam.
Pada saat musim angin selatan dan barat (sekitar bulan Januari, Pebruari, Maret, Juli dan Agustus) sangat cocok untuk kegiatan olah raga Wind Surfing, Kite Surfing dan Lomba perahu layar tradisional. Di tempat ini tersedia fasilitas rumah makan.

Lokasi Dan Transportasi Ke Nanga Tumpu

Nanga Tumpu terletak di jalur Jalan Raya Sumbawa – Dompu dengan jarak dari ibukota Kabupaten Dompu 30 Km dengan waktu tempuh 25 menit. Bisa di tempuh dengan berbagai transportasi. Kawasan ini memiliki berbagai gugusan Pulau-pulau kecil seperti: Nisa Pu’du, Nisa Rate, Nisa Maja, Nisa Ko’do dengan hamparan pasir putih yang sangat indah. Kawasan Nanga Tumpu dan sekitarnya sangat cocok untuk kegiatan berenang, memancing dan menyelam.
Pada saat musim angin selatan dan barat (sekitar bulan Januari, Pebruari, Maret, Juli dan Agustus) sangat cocok untuk kegiatan olah raga Wind Surfing, Kite Surfing dan Lomba perahu layar tradisional. Di tempat ini tersedia fasilitas rumah makan

NANGA DORO

Nanga Doro adalah daerah resort pegunungan tradisional di dekat Hu’u yang terkenal dengan sumber mata air panasnya dimana suhunya mencapai 80 derajat Celsius. Tempat ini benar-benar merupakan tempat yang paling sesuai untuk beristirahat dan melemaskan otot-otot yang sakit setelah sehari penuh berselancar.

MADA PRAMA

Terletak hanya sekitar 4 Km dari kota Dompu, wilayah hutan lindung ini merupakan rumah para marga satwa dan flora lainnya. Mada prama juga memiliki kolam renang dengan pemandangan yang indah.

PANTAI RIA
Pantai Ria (sumber:wisatanusatenggara)

Terletak di wilayah pantai sebelah Barat Teluk Cempi yang indah. Pantai Ria yang alami dengan pasir putihnya yang lembut merupakan salah satu wilayah terpencil di Sumbawa Tengah dengan keindahannya yang agung, tempat dimana anda bisa melarikan diri dari rutinitas yang melelahkan dan bersantai bersama keluarga. Jalan menuju tempat ini juga sudah cukup baik.


Masih ada beberapa tempat yang belum saya ulas disini. Mungkin suatu ketika jika saya menang lomba blog ini saya akan lebih banyak mengulasnya. Ya iyalah kan bisa langsung kesana :D

Blog ini saya tulis untuk lomba yang diadakan daihatsu terios, syukur-syukur bisa menang. Alhamdulillah. Bagi yang ingin lomba buruan klik gambar di bawah ini. Yuk lomba bareng-bareng


http://www.dompukab.go.id/
http://humasdompu.wordpress.com/category/pariwisata/
http://travel.detik.com/read/2013/06/17/070722/2275034/1382/1/gunung-tambora-siap-terkenal-sedunia-di-2015#menu_stop
Sumber Berita: http://dompukab.go.id/berita-situs0gunung0tambora0dan0danau0pulau0satonda0dompu.html#ixzz2c7wdO0hY
http://wisatanusatenggara.wordpress.com/edisi-khusus-wisata-nusa-tenggara/wisata-dompu/
http://duaabadtambora.dompu.info/jalur-pendakian/
http://dompu-huu.blogspot.com/2013/01/dompu-bumi-nggahi-rawi-pahu.html
http://daihatsu.co.id/
http://www.youtube.com



2 komentar:

  1. Bagus ulasannya :)
    Salam kompetisi, lihat juga ulasan saya tentang pulau komodo :
    http://andre-freelife.blogspot.com/2013/07/komodo.html

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates