Selasa, 08 Oktober 2013

Si Petualang Kepincut Kosmetik Wardah

Share it Please
Berpetualang adalah hobiku. Sejak kecil sudah hobi menjelajahi tempat-tempat unik disekitar rumah. Sampai sekarangpun masih begitu. Panas terik matahari kadang membuat kulitku terancam bahaya. Oleh sebab itu harus dilindungi dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan menggunakan krim pencegah pengaruh buruk terhadap sinar matahari. Ada berbagai macam produk kecantikan dan saya kepincut dengan kosmetik halal wardah. Dan halal is my life. Bagaimana dengan Anda?



Dalam kesempatan ini, dalam lomba yang diadakan oleh kosmetik halal wardah blogdetik dan LPPOM ini saya akan berbagi sedikit kisah saya.

Sebelum saya melanjutkan kisah saya. Seorang wanita identik dengan kosmetik wajah. Oleh sebab itu mengenali kulit wajah penting untuk memilih kosmetik. berikut ini ada beberapa jenis kuit wajah yang dirangkun dari beberapa blog. Sumber mengatakan ada yang membai menjadi 4 ada pula yang membagi menjadi lima. Di sini saya mengambil pendapat yang di bagi menjadi 4 macam

Jenis-jenis kulit wajah

Ciri-ciri kulit sehat menurut Kinkin dalam bukunya cantik dengan perawatan sendiri halaman 12:
1. memiliki kelembaban cukup
2. senantiasa kenyal dan kencang
3. Menampilkan kecerahan warna kulit yang sesungguhnya
4. Bersih dari noda jerawat, penyakit kulit, atau jamur
5. segar dan bercahaya
6. memiliki sedikit kerutan sesuai usia

Kulit normal

Kulit normal mungkin adalah dambaan semua wanita. namun karena manusia mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda maka tidak harus memiliki kulit normal. Jika kulit normal tanpa perawatan pun hasilnya juga tidak baik. Kulit normal biasanya mempunyai ciri-ciri kandungan air dan minyak dalam kulit seimbang, kelembaban terjaga, ukuran pori-pori wajah cenderung halus. Tanda-tanda penuaan seperti guratan garis pada kulit wajah terlihat sesuai usia. Biasanya setelah cuci muka, wajah terasa lembut dan nyaman. Pada siang hari saat terpapar matahari kulit masih terlihat segar dan bersih.

Walaupun kulit normal, namun tetap membutuhkan perawatan. Berikut ini adalah perawatan kulit normal

1. Bersihkan kulit wajah dengan pembersih dan gunakan toner untuk menyegarkan kulit wajah
2.Gunakan moisturizer minimal sehari sekali
3.Gunakan krim malam yang berguna memperbaiki sel kulit dan menjaga keseimbangan kadar minyak dan air dalam kulit pada malam hari.
4. Lakukan scrubbing secara teratur.
5. Gunakan masker wajah seminggu sekali.
6. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung air, dan
7. biasakan selalu minum air putih minimal 2 litersehari atau 8 gelas sehari.

Saran gunakan kosmetik halal  wardah karena sudah bersertifikat LPPOM MUI

 Kulit berminyak

Jika kita memiliki jenis kulit berminyak maka perawatannya berbeda dengan kulit normal. Perawatannya agak susah karena kulit ini cenderung mudah berjerawat. Namun, yang mempunyai kulit berminyak bisa bersenang hati karena kulit berminyak banyak kosmetik halal yang menyediakan. Biasanya ciri-ciri kulit berminyak yaitu wajah nampak mengkilap, tekstur wajah cenderung kasar dan tebal, kelebihan kelenjar minyak, pori-pori besar, mudah berjerawat dan muncul komedo. Pada siang hari kulit terlihat mengkilap. Jika habis cuci wajah terasa nyaman dan bersih.

Cara perawatan kulit berminyak
1. Cuci wajah dengan sabun wajah dua kali sehari sebelum dan sesudah bangun tidur.
2. Sediakan selalu kertas minyak untuk menghilangkan kilap di wajah dan membuat make up tak cepat luntur.
3. Gunakan pelembab yang khusus untuk kulit berminyak yang bebas minyak.
4. Gunakan toner yang tidak mengandung alkohol setelah Anda cuci muka.
5. Gunakan kosmetik halal berbahan dasar bubuk (powder).

Saran gunakan kosmetik halal  wardah karena sudah bersertifikat LPPOM MUI

Kulit kering

Ciri-cirinya adalah, Tekstur kulit kasar, Wajah terlihat suram dan kusam, Ukuran pori-pori kecil tanpa kelembapan yang cukup, Tanda-tanda penuaan cepat terlihat, Ketika disentuh kulit terasa kering, Setelah mencuci wajah, kulit terasa kencang, Di siang hari, timbul kulit yang mengering menyerupai serpihan putih tipis

Cara perawatan kulit kering

1. Jangan lupakan mencuci wajah.
2. Gunakan selalu cleanser yang bebas sabun, Pembersih yang mengandung eksfolian seperti glycolic acid akan menyebabkan iritasi pada kulit kering.
Jangan mencuci wajah atau berada di bawah pancuran air hangat lebih dari 15 menit karena air hangat akan mengikis minyak pada kulit.
3. Hindari scrubbing karena akan mengiritasi kulit.
4. Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya menggunakan handuk dan jangan sampai kering benar. Biarkan agak lembab.
5. Lakukan eksfolias lembut tidak lebih dari seminggu sekali. Hindari face scrub dari buah-buahan yang bersifat tajam.
6. Gunakan pelembab yang mengandung seramid sintesis yang menjadikan kulit Anda lebih lembut dan mulus.

Kulit kombinasi

Tak hanya kulit kering, normal dan berminyak saja. Ada pula orang yan memiliki tipe kulit kombinasi. Kulit kombinasi ini merupakan gabungan dari kulit kering dan kulit berminyak. Perawatannya agak berbeda dengan jenis kulit lain. Misalnya, area T yaitu area kening, hidung dan dagu lebih berminyak dan rentan berjerawat. Sedangkan area pipi dan leher lebih kering. Terkadang sering muncul flek di wajah.

Cara merawat kulit kombinasi yaitu

1. Bersihkan wajah rutin 2 kali sehari menggunakan pembersih yang bebas sabun.
2. Gunakan pelembab di area wajah yang kering. Pelembab akan meningkatkan minyak ke permukaan kulit. Carilah produk yang menormalkan kulit Anda, misalnya yang mengandung Alpha hydroxy acids yang akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.
3. Gunakan make up yang menyerap minyak di daerah T (dahi, hidung dan dagu) untuk mengontrol minyak berlebih di daerah tersebut.
Hindari riasan matte (bebas kilap) yang berkesan kering, berat atau tebal.
4. Gunakan bedak jenis two way cake (alas bedak dan bedak padat dalam satu kemasan) yang dapat diaplikasikan dengan bantuan kuas besar, spons lembut atau kapas basah.

Mengenal Kosmetik Wardah

Menurut blog www.vemale.com web yang berisi tentang kewanitaan dalam artikelnya mengulas kosmetik hahal dan menempatkan kosmetik halal wardah di dalam artikel tersebut.

“Wardah adalah salah satu kosmetik asli Indonesia yang secara khusus untuk wanita-wanita muslimah dan secara umum untuk seluruh wanita yang ingin memakai kosmetik yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya serta bersertifikasi halal. Walau buatan dalam negeri, kualitas Wardah tidak kalah dengan produk kosmetik dan perawatan dari luar negeri. Wardah memiliki varian mulai dari berbagai perlengkapan kosmetik seperti eye shadow, bedak hingga perawatan kulit seperti facial wash dan face cream. Wardah bisa didapatkan di minimarket terdekat dan harganya pun terjangkau.”

Kosmetik halal wardah ini juga bukan kosmetik halal abal-abal karena sudah tersertifikasi oleh LPPOM MUI. Mengenai LPPOM MUI bukan sekedar mengeluarkan sertifikat halal untuk makanan ternyata juga mengeluarkan sertifikat halal untuk kosmetika. 

Selanjutnya setelah mengenal jenis kulit maka kosmetik halal wardah lah pilihannya. Sekarang meluncur ke gaya berpakaian saya

Gaya berpakaian dan berdandan

Saya dulunya agak tomboy, hampir semua teman bermain saya adalah laki-laki penampilan saya justru seperti laki laki layaknya gadis tomboi lainnya. Namun seiring dengan kedewasaan saya mengubah penampilan saya.Walaupun masih sedikit tomboy menurut teman-teman saya sudah keliahatan feminim.


Saya ingat bahwa wanita itu tidak boleh menyerupai laki-laki karena wanita yang menyerupai laki-laki dilaknat oleh Allah. Segera saja saya mengubah penampilan saya.

Penampilan saya cukup simple. Walaupun di bilang norak tetap saja inilah penampilan saya. Dengan balutan jilbab yang sederhana,  tidak seperti model yang ngetrend saya langsung ikut-ikut tidak. Saya mempunyai style sendiri karena saya yakin dengan gaya berpakaian saya orang akan melihat ini loh saya jadi mereka akan mengenali gaya ber make up dan dan berpakaian saya

Inilah gaya sehari hari saya, kadang saya suka memakai jilbab segi empat dan jilbab langsungan lebih simpel dan lebih syari apalagi hobi saya yang suka berpetualang  semuanya serba simple, saya kadang menggunakan gamis. Awalnya waktu kuliah hanya sedikit yang memakai gamis termasuk saya. Namun saya memberanikan diri tampil mengenakan gamis. Apa kata teman saya.
“mbak suci berani ya ke kampus pakai gamis?”

“mengapa tidak? Toh lebih syar i”

“saya belum berani mbak”

Walaupun kadang saya masih pakai baju atas dan bawahan tetapi saya ke kampus lebih sering memakai gamis.
Selang berapa lama teman saya yang malu-malu memakai gamis ini sudah memakai gamis ketika kuliah alhamdulillah senengnya dia akhirnya berani memakai gamis ke kampus. 

 Teman saya tidak mengira kalau dulu saya ini tomboy. Setelah mengenal bermake-up awalnya saya memakai produk berganti-ganti dari merek A, merek B. Saya lagi lagi saya teringat bahwa kita tidak boleh mendholimi  diri sendiri dengan kosmetik yang belum diketahui kehalalannya.Sampai akhirnya saya menautkan hati di kosmetik halal wardah. Selain halal, wardah juga memiliki sedikit efek samping, Awalnya saya berjerawat Setelah saya memakai produk dari wardah jerawat saya mulai berkurang. Sehingga saya enggan beralih.

Sebagai seorang muslimah ada adab berpakaian dan berhias

1. Membaca doa berpakaian
2. Di sunnahkan memakai pakaian yang bagus dan bersih
3. Pakaian harus menutup aurat
4. pakaian wanita tidak boleh menyerupai laki-laki dan sebaliknya
5. Disunnahkan memulai dengan sebelah kanan
6. Haram untuk mentato, menyambung rambut untuk supaya cantik

Berhias dengan kosmetik halal  dan halal is my life. Ada kosmetik halal favorit dari wardah yan biasa saya pakai

Kosmetik favorit wardah
Kosmetik wardah
Sunscreen gel, dengan SPF 30 yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Apalagi hobi saya yang berpetualang otomatis tersengat matahari. Manfaat dari tabir surya dan pelembab ini adalah
1. Melindungi : Filter UVA & UVB mencegah pengaruh buruk sinar matahari serta vitamin E sebagai antioksidan
2. Melembabkan : ekstrak Aloe vera dan Pro Vit B5 (panthenol) menjaga kelembaban kulit, selain itu mudah meresap dan nyaman dan tidak lengket dikulit.

Cara pemakaian tabir surya dan pelembab sunscreen gel

1. Bercerminlah ketika memakai agar terlihat cantik hehe. Jangan lupa baca doa ketika bercermin

Allaahumma kamaa hassanta kholqii fa hassin khuluqii

Artinya : “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”

2. Usapkan tipis merata keseluruh wajah dan leher 15 menit sebelum melakukan aktifitas di luar rumah.

Wardah Facial Wash, Pembersih wajah untuk semua jenis kulit. Dengan mild surfactant dan PH balance, membantu membersihkan wajah hingga ke pori-pori selain itu tidak membuat kuli kering. Bisa digunakan ketikan habis aktifitas, atau saat saya berpetualang wajah rasanya lebih segar. Dan tidak lupa produk ini sudah memiliki sertifikat LPPOM MUI membuat halal is my life semakin terwujud

Cara pemakaian wardah facial wash

Tuangkan secukupnya ke telapak tangan. Basahi dengan air, gosok dan busakan ke wajah dan bilas hingga bersih. Jangan sampai masuk mata, hindari bagian mata .

Masih banyak lagi produk dari wardah, dan keduanya sangat menemani hari-hariku saat berpetualang. Dengan penampilan yang simpel dan tetap syar'i karena dandanku tidak berlebihan.

Hobi berpetualang

Apalagi saya mempunyai hobi traveling. Teman-teman saya pun juga hobi traveling. Bisa dibilang hobi jalan jalan itu dipanas-panas maka sinar matahari yang menyengat mengasilkan sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit wajah. Oleh karena itu menggunakan pelembab mininmal mengandung spf 15 (itu kata budokter yang di klinik salon). Lalu saya berpikir mengapa tidak memakai wardah saja ketika bepergian toh, wardah sudah mengandung SPF yang berfungsi mengindari sinar ultra viloet, Hobi berpetualang dapat dilihat didalam blog saya


Jalan-jalan bersama teman

Waktu itu saya bermain bersama teman-teman dan teman teman saya ini ternyata juga memakai wardah. Lihat saja kami berjalan ke area yang panas begini. Kalau jalan-jalan memakai bedak kami jarang memakai karena kalau jalan-jalan nanti bedaknya luntur hehe. Jadi kami memakai pelembab sunscreen gel tadi. Enaknya berpetualang bersama mereka kalau lagi kehabisan make up bissa minta aihiihi gak modal nieh :D

Jalan-jalan bersama keluarga

Saya pun suka berpetualang ke pantai tentu saja pantai adalah tampat yang banyak dengan angin laut dan deburan pasirnya. Saya tak lupa memakai produk dari wardah karena halal is my life. Setelah lebaran saya pergi ke pantai depok. Habis tu cuci mukany pakai wardah ea hehe. jadi bersih lagi deh

Ups ternyata safar atau pergi jauh atau sedang berpetualang jauh dari rumah ada beberapa adabnya lho 

1. Membawa perbekalan secukupnya

2. Disunnahkan ketika bermusafir ditemani tidak sendirian 

" kalau sekiranya manusia mengetahui apa yang aku ketahui disalam kesendirian, niscaya tidak ada yang menunggangi kendaraan (musafir) yang berangkat dimalam hari sendirian" (HR. Bukhori)

3. Disunnahkan berangkat safar pagi hari

4. Berdoa keluar rumah

"Bismillahi tawakaltu alallohi walahaula wala quwata ila billah"

5. Berdoa ketika dalam perjalanan

" Subhaanaladzi sakhorolanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqribiina wa inna ila robbinaa lamunqolibuuna"

Artinya: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasai dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami"

6. Di sunnahkan bertakbir saat berjalan menanjak dan bertasbih saat berjalan menurun

7. Di sunnahkan bagi musafir untuk selalu berdoa karena doa musafir adalah salah satu doa yang mustajab.

Begitulah adab dari musafir dengan perjalanan jauh begitu pula petualang yang akan melakukan perjalanan jauh. 

Penutup

Saya sebagai seorang muslilmah yang mempunyai hobi berpetualang harus memperhatikan kaidah-kaidah dalam syariat agama. Dalam berpakian dan berdandan seorang muslimah mempunyai adab-adabnya. Dalm hal ber dandan saya memakai kosmetik halal wardah karena halal is my life. Produk wardah sudah tercatat di LPPOM MUI. Kembali lagi ke berpetualang, saat berpetualang wardah menemani hari-hariku. Dalam berpetualang jarak dekat tidak masalah ternyata berpetualang jarak jauh itu sudah termasuk musafir. Seorang yang musafir ada juga adab-adabnya. Semoga dengan membaca blog ini  memberikan manfaat bagi semua pembaca

Bagi teman teman yang ingin lomba  kosmetik halal wardah, blog detik dan LPPOM MUI silakan diklik bannernya

Sumber:
Kinkin Basuki.___. Tampil cantik dengan perawatan sendiri. Jakarta :Gramedia
http://blogdetik.com
halalmui.org
wardahbeauty.com
Kumpulan doa-doa
www.suaramerdeka.com
infosehatdancantik.blogspot.com
www.vemale.com


24 komentar:

  1. Aih, senang ya rasanya bisa jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat asing. Salam kenal mbak Suciana, :)

    BalasHapus
  2. iya bu mari berpetualang hehe.

    salam kenal juga bu, terimakasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  3. Asslm.., senang bisa membaca artikelnya. Alhamdulillah bacaan2 do'anya bermanfaat

    BalasHapus
  4. waalaykumussalam, trims sudah berkunjung. salam

    BalasHapus
  5. Sangat lengkap ulasan tentang Si Petualang Kepincut Kosmetik Wardah ini, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca. salam kenal dan sekiranya berkenan, berkunjung ke toko Cream Pemutih Wajah kami ya. Semoga kedepannya kita bisa bekerjasama. Thanks

    BalasHapus
  6. Boleh minta contack reseller wardah nya soalnya sy tdk lg ddlm ngri

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang tahu mbak,,,soalnya saya kalau beli di toko...maaf ya

      Hapus
  7. menurut Arni cantik dengan wardah itu Sip... udah cantik, halal pula... :)

    BalasHapus
  8. Kak kulit saya berminyak. Rangkaian produk wardha yg mana aja yg harus saya pakai?

    BalasHapus
  9. makasih ya ats tips nya jadi membuat saya lebih waspada dan teliti ..
    oya gan kalau untuk tips memilih kaos kaki muslimah yang bagus seperti apa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya yang melar n yg halus, namanya kurang tahu mbak...ohya sebaiknya gunakan bergantian jadi makainya 2 hari sekali ganti

      Hapus
  10. Waahh nice mbak, aku juga ake wardah semoga cocok yahh :) Fllowback yahh mbak soalnya pendatang baru nihh :D

    BalasHapus
  11. Ok, trimakasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  12. hiii ngerii bangettt gak ori gitu harus baca referensinya dulu :)

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum

    Maaf kak mau tnya
    Usia saya 19 tahun, muka saya kering dan bnyak pori pori kecil.. kalau pakai wardah produknya apa aja dan caranya gmn hehe mksih ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumussalam, coba tanyakan pada sales nya langsung biasanya di toko2 ada

      Hapus
  14. Ka aku gimana yah baru pake warda lightening yang day dan nigth. Tapi pake yang nigth kulit jadi rasa pake minyak angin dan gatel yah ka?? Aku minta sarannya ka. Makasih

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates