Senin, 28 Oktober 2013

StarkLED, Lampu LED Hemat Terangi Kegelapan

Share it Please
Ups.. gelap mati lampu!
Apakah PLN gerangan yang bersalah?. Tunggu dulu ternyata penyebabnya bukan PLN yang sedang mengalami pemadaman bergilir, tetapi karena lampu yang dipakai sudah saatnya ganti. Mungkinkah teman-teman mengalami situasi seperti ini?. Jika iya mari kita beralih ke lampu berteknologi LED.


Tahukah Kamu apa itu LED?

LED merupakan singkatan Light Emitting Diode atau dalam bahasa Indonesianya Diode Pancaran Cahaya adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi. Warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai, dan bisa juga ultraviolet dekat atau inframerah dekat. (wikipedia)

Panjang gelombang dari cahaya yang dipancarkan menetukan warna cahaya. Tak seperti lampu pijar dan neon, LED mempunyai kecenderungan polarisasi. Karakteristik chip LED pada umumnya adalah sama dengan karakteristik diode yang hanya memerlukan tegangan tertentu untuk dapat beroperasi. Namun bila diberikan tegangan yang terlalu besar, LED akan rusak walaupun tegangan yang diberikan adalah tegangan maju.

Pengembangan LED dimulai dengan alat inframerah dan merah dibuat dengan gallium arsenide. Perkembagan dalam ilmu material telah memungkinkan produksi alat dengan panjang gelombang yang lebih pendek, menghasilkan cahaya dengan warna bervariasi. LED dengan cahaya putih sekarang ini mayoritas dibuat dengan cara melapisi substrat galium nitrida (GaN) dengan fosfor kuning. LED putih juga dapat dibuat dengan cara melapisi fosfor biru, merah dan hijau di substrat ultraviolet dekat yang lebih kurang sama dengan cara kerja lampu fluoresen.

Metode terbaru untuk menciptakan cahaya putih dari LED adalah dengan tidak menggunakan fosfor sama sekali melainkan menggunakan substrat seng selenida yang dapat memancarkan cahaya biru dari area aktif dan cahaya kuning dari substrat itu sendiri.

Contoh Lampu LED dengan merek StarkLED

Lampu StarkLED
 Berikut ini adalah penjelasan dari gamabar a, b, c, d, e

a. Struktur plat yang dapat mendistribusikan udara panas

 
 b. Lensa bahan PC yang dapat mengeluarkan 95 persen pancaran cahaya

 c. Menggunakan Chip SMD yang berkualitas dengan LUMEN dan CRI yang tinggi

d. Terdapat lubang untuk menyalurkan udara panas agar kstabilan suhu terjaga

e. Body lampu menggunakan bahan plastik ringan yang tahan tegangan listrik


Mengapa kita tidak beralih ke lampu LED?

Alasan pertama mungkin sosialisasi dari pemerintah tentang hematnya lampu LED belum sampai masyarkat. Padahal lampu LED ini dapat menghemat listrik. Logikanya kalau menghemat listrik akan menghemat daya listrik dan energi yang digunakan untuk listrik. Otomatis BBM pun bisa dikendalikan. Marilah kita hidup hemat selain hemat, kita juga membantu pemerintah menghemat energi. Seperti kata peribahasa sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

Alasan kedua, mungkin mahalnya lampu LED. Memang lampu LED kebanyakan mahal diawal, tetapi kalau StarkLED, Lampu LED murah berkualitas hematnya dari hari pertama, maka alasan ini pun dapat dibantahkan. Dengan teknologi LED dapat menguntungkan semua pihak. Sekarang jadi gak ganti-ganti lampu lagi.

Perbandingan antara lampu LED, lampu Pijar, dan lampu LHE

Kali ini, saya mengambil sampel lampu LED dari strakled dan mengutip dari webnya. Perbandingan Lampu LED, lampu PIjar dan lampu hemat energi (LHE) bisa dilihat digambar sibawah ini

Perbandingan LED, Pijar, LHE

Dilihat dari perbandingan tersebut jelas lampu LED lebih unggul, lebih hemat dan lebih murah. Namun, kadang orang menilai mahal karena dari harga pertama. Padahal, harga yang dibanderol diawal adalah harga yang cukup sepadan untuk kedepannya. Lagi pula dengan teknologi yang dibawa oleh lampu LED bisa dibilang harga tersebut cukup murah.

Alasan memililh 

Bergaransi satu tahun
Biasanya jarang sekali lampu yang memberikan garansi selama satu tahun. Banyak yang kita jumpai garansi satu tahun hanyalah untuk alat elektronik seperti HP, TV dll. Dengan menukarkan StrakLED ke toko dimana kita membeli, kita akan mendapatkan ganti lampu Starkled saat itu juga. Bagaimana? Masih ragukah? Jika masihh, mari kita berikan alasan kedua

Hemat

Lampu strakled lebih hemat energi dibanding dengan lampu pijar dan lampu hemat energi. Menurut info yang saya peroleh dari web strakled, lampu led 3 W setara dengan 7 W Lampu Hemat Energi, ini menunjukkan betapa hematnya daya yang digunakan untuk menghidupkan listrik. Selain hemat pada daya listrik, kita bisa menghemat energi listrik ssdan jjuga membantu pemerintah untuk hemat energi.

Ramah Lingkungan

Bahan baku starkled tidak mengandung bahan merkuri dan bahan mengandung racun. Kita tahu sendiri bahwa merkuri sangat berbahaya, tanpa bahan merkuri berarti lampu ini ramah lingkungan. Selain itu, cahaya lampu StarkLED tidak panas dan tidak memancarkan sinar UV (ultraviolet) yang merusak mata. Bahaya LED dengan sinar UV dapat merusak mata. Seperti layar HP, TV yang juga menggunakan teknologi LED. Sedangkan StrakLED tidak memancarkan sinar UV sehingga cukup aman bagi mata.

Lampu LED merupakan lampu yang berkualitas dari segi teknologi dibanding lampu lainnya. Selain itu lampu LED juga hemat sampai bertahun-tahun tanpa mengganti lampu. Ketiga alasan yang diungkapkan diatas cukuplah untuk memilih lampu LED ini. Jadi StarkLED, Lampu LED murah berkualitas hematnya dari hari pertama

Sumber:
wikipedia.org
http://www.stark-indonesia.com/


4 komentar:

  1. Keren banget, terima kasih infonya, sangat bermanfaat

    aldirahmanuntoro.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sama2.. trimakasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  3. penjelasannya cukup lengkap, banyak sekali inovasi lampu dengan model yang beragam dengan kekuatan watt yang berbeda pula, keberadaan sebuah penerangan semisal lampu memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena mampu memberikan uansa terang sehingga dapt membantu aktivitas mereka khususnya pada malam hari

    Starkled memang belum pernah sayha coba karena dirumah masih pakai merk lain, namun melihat penjelasan diatas tentu saja memberikan masukan buat saya untuk mencoba lampu starkled ini

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates