Kamis, 14 November 2013

Ecotech Garden Pengurai Grey Water Jadi Ramah Lingkungan

Share it Please
Siapa yang tidak pernah mandi? Tentu saja hampir semua orang setiap hari mandi. Otomatis manusia membuang air bekas mandi. Air tersebut sudah tercampur dengan air sabun. Nah, air tersebut merupakan salah satu limbah air atau sering disebut dengan grey water.

Untuk lebih jelasnya ada contoh lain selain air limbah mandi, yaitu air limbah ketika mencuci baju. Pernahkah kita bertanya-tanya mau dibuang kemana air bekas cucian? Kalau dibuang ditanah akan mengganggu ekosistem tanah dan merusak kesuburan tanah. Kalau dibuang diselokan, kalau ujung-ujung selokan di sawah tentau saja akan mempengaruhi tanah maupun tanaman.

Masih adalagi limbah mencuci piring. Air yang tercampur dengan deterjen memang sulit untuk diterima tanah kembali sebelum diolah terlebih dahulu. Bagaimana cara mengolah grey water menjadi air yang baik untuk tanah maupun ekosistem disekitarnya?. Marilah kita bahas itu bersama.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa grey water adalah Grey water adalah limbah rumah tangga non kakus yaitu buangan yang berasal dari kamar mandi, dapur (sisa makanan) dan tempat cuci.

Agar grey water tidak mengotori lingkungan, salah satunya yaitu dengan menggunakakn ecotech garden.

Mengapa Ecotech Garden menjadi salah satu solusi grey water?

Pada ecotech garden terjadi proses dekomposisi zat organik (reaksi biokimia) yang memerlukan Oksigen Terlarut, sehingga dapat menurunkan kandungan Oksigen Terlarut dalam air limbah, ditandai dengan warna air limbah kehitaman,berbusa dan berbau busuk, reaksi yang terjadi yaitu :

CxHyO2N2S2 + H2O ->  NH4 + CO2 + CH4 + H2S + 368 kal/gr/protein
          ↑                                  ↑                                     ↑
Protein Bau                 ammonia                   Bau telur busuk

Cara kerja Ecotech Garden

Ecotech Garden adalah salah satu teknologi alternatif pengolahan air selokan (grey water) atau effluent tangki septik, dengan menggunakan tanaman hias air. 

N & P diserap tanaman untuk pertumbuhan, juga dapat menurunkan zat pencemar: BOD, COD, Detergent, bakteri patogen (effluent tangki septik), serta menghilangkan bau dan menjernihkan air.

Mekanisme Penyerapan Zat Pencemar

Mekanisme penyerapan zat pencemar pada Ecotech Garden, oleh zone akar adalah :
Terjadi peningkatan lebih banyak pada rhizosphere (perakaran tanaman). Terjadi peningkatan mikro organisme ±10 - 100 kali lebih banyak, karena ada penyaluran oksigen dari daun, ini membantu penyerapan bahan pencemar dari air limbah yang diolah.

BOD air limbah diturunkan melalui proses oksidasi dan reduksi (fermentasi aerobic).Amonium (NH4 N), dioksidasi oleh bakteri autotrop pada. 

Contoh pengolahan grey water

sumber:
 wikipedia.org
 

2 komentar:

  1. Grey water, hal yang kadang kita anggap sepele tetapi berdampak besar ....

    BalasHapus
  2. Betul bu, kadang kita hanya sekedar membuangnya tanpa melihat dampak lingkungan

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates