Kamis, 07 November 2013

Hidup Sehat : Membiasakan Pola Hidup Sehat dalam Keseharian

Share it Please
Hidup sehat merupakan kebutuhan setiap insan manusia. Bagaimana hidup sehat itu? Banyak cara yang dapat dilakukan untuk hidup sehat. Banyak faktor yangmempengaruhi hidup sehat. Diantaranya lingkungan, pola makan, gaya hidup dan lain-lain. Salah satu cara hidup sehat adalah menanamkan pola hidup sehat pada diri sendiri dalam keseharian.

ilustrasi makanan sehat
Banyak orang yang ingin hidup sehat melakukan diet. Kebanyakan pandangan mereka diet itu tidak makan. Padahal, diet itu adalah tata cara mengatur pola makan. Jika diet dikatakan tidak makan yang berat-berat seperti nasi, dan bahan pokok lainnya itu salah besar. Karena tubuh kita sangat butuh asupan energi. Sedangkan energi itu diperoleh dari karbohidrat yang terdapat pada biji-bijian. Entah itu biji padi, biji jagung atau biji gandum.

Menanamkan pola hidup sehat pada diri sendiri itu amat penting. Selain dapat menanamkan kedisiplinan pada diri sendiri,  juga dapat menjadi panutan lingkungan sekitar. Banyak langkah yang dapat kita lakukan dalam mengatur pola hidup sehat. Bisa dikatakan, di internet berjibun resep-resep pola hidup sehat. Bisa juga kita lihat di blog-blog  yang bertebaran di dunia maya. Walaupun demikian, saya mempunyai cara hidup sehat yang bisa dicoba terapkan dalam keseharian.

Berikut tips dari bangun tidur sampai tidur lagi dari saya

Bangun Pagi

Bangun tidur dipagi hari akan membuat kita mempunyai waktu bekerja lebih banyak dibanding bangun siang. Bangun lebih pagi membuat kita tidak malas untuk bekerja. Misal, bangun tidur bisa langsung melaksanakan kegiatan seperti ibadah, masak, menyuci piring, mengepel, dll.

Olahraga yang cukup

Olahraga dipagi hari yang paling murah yaitu lari-lari pagi atau dengan jalan kaki. Jika ingin lebih mudah yaitu dengan menyelesaikan pekerjaan rumah seperti menyapu dan megepel maka ini sudah merupakan olahraga. Bisa dengan cara lain, ke tempat fitnes namun lebih mahal dibanding olahraga seperti yang saya sarankan tadi.

Sarapan Pagi

Sarapan pagi penting bagi nutrisi tubuh karena tubuh akan diperas energinya untuk bekerja disiang hari. Baik pekerja maupun siswa sarapan pagi sangat penting untuk energi dan nutrisi tubuh. Kita sering menjumpai pekerja yang lemas dipagi hari bisa jadi dia lemas karena belum sarapan. Untuk itu jangan sampai melewatkan sarapan pagi. Jarak sarapan pagi dan bangun tidur jangan terlalu jauh.

Makan-makanan 4 sehat 5 sempurna

Sejak TK kita di beri pendidikan pada guru kita sampai-sampai ada lagunya yang tiap hari dinyanyikan waktu TK. Ternyata empat sehat lima sempurna penting bagi tubuh. Selain mengandung gizi dan vitamin, juga menjaga kita dari penyakit yang mungkin timbul disebabkan karena kelemahan sistem imun kita.

Minum air putih secukupnya (2 liter perhari atau 8 gelas per hari)
Banyak orang yang mengabaikan minum air putih. Mungkin mereka tidak suka karena air putih tanpa rasa. Biasanya lebih suka minum es. Jika minum es, perut kita akan mudah kenyang sehingga malas untuk makan. Berbeda dengan minum air putih, tidak menahan perut dari kekenyangan. Oleh sebab itu baiknya minum air putih sbelum makan sangat dianjurkan.

Saya kalau bepergian biasanya membawa botol air sendiri. Saya biasanya membeli air mineral aqua karena selain sudah terjamin kebersihannya dengan beberapa kali penyaringan. Kalau tidak pakai air mineral saya lebih sering memasak air sendiri untuk di tuang ke botol. Hal ini untuk menghindari bakteri air yang belum mati.

Kesusahan buat mengatur 8 gelas hari itu diminum kapan saja?

1. Di minum saat bangun tidur 1-2 gelas
2. Sebelum atau sesudah makan 1 gelas logikanya kalau tiga kali makan berarti sudah 3 gelas sehari
3. Waktu bekerja sediakan air 1 botol  yang 600 ml saja biar cepat habis (aqua atau merek lain). 600 ml berkisar 2 gelas
4. Ketika habis buang air kecil atau besar 1 -2 gelas. Cairan kita terbuang sebagai ganti yang terbuang maka kita minum air
Nah jadinya udah 8 gelas kan?

Istirahat sejenak yang berkualitas

Di siang hari maka sempatkanlah barang sejenak untuk tidur atau istirahat karena tubuh kita butuh istirahat selain itu, otak kita juga butuh sitirahat. Cukup sejenak saja kita beristirahat untuk meregangkan otot-otot dan sendi-sendi tubuh. Namun istirahat yang sebentar tersebut harus berkualitas. Maksudnya benar-benar istriahat. Jika tidur cukup tidur 10 menit berkualitas lebih baik  daripada 1 jam tidak berkualitas.

Tidak jajan sembarangan

Bagi pekerja tau seorang pelajar godaan ini sangat besar. Bagi saya, kebiasaan saya adalah tidak jajan sembarangan hal ini sudah ditanamkan oleh orangtua saya agar menjaga pola hidup sehat. Jajan yang sehat dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit yang ditularkan lewat jajan sembarangan. Ada tips untuk menghindari jajansembarangan yaitu membawa bekal makanan dari rumah. Atau memilih pesan makanan pada warung makan yang terpercaya dekat tempat bekerja.

Menghindari stress

Untuk pekerja jika sudah pulang dari pekerja maka pekerjaan yang ditugaskan pada hari itu harus selesai pada hari itu juga jangan dibawa kerumah karena dapat menimbulkan stress. Penyakit yang ditimbulkan dari stress antara lain adalah asam lambung meningkat atau sering disebut maag.

Jangan Terlalu Lama Di Depan Komputer/Hp
Posisi duduk untuk melakukan pekerjaan atau bersantai dengan komputer juga perlu diperhatikan. Sekarang ini zaman serba internet untuk itu kiat juga harus waspada terhadapnya. Misal, duduk didepan komputer secara benar. Jika tidak maka akan menimbulkan berbagai penyakit tulang baik itu kifosis, lordosis maupun skiolosis.Untuk menyiasatinya duduk tagap sekitar jarak  komputer jangan terlalu dekat mata; setiap setengah jam perlu merilekskan diri yaitu dengan minum, atau berjalan-jalan sebentar atau memandang benda di sekitar. Lalu, untuk yang maniak smartphone juga jangan terlalu lama di depan HP atau memegang HP. Biasanya orang yang sudah tergila-gila pada smartphone tidurpun membawa HP. Membaca  sambil tidur ini juga perlu dihindari demi kesehatan mata.

Matikan atau jauhkan benda elektronik sebelum tidur

Mematikan atau menjauhkan benda elektronik seperti Hp adalah penting agar tidur kita nyenyak. Sekarang ini, orang sulit lepas yang namanya HP. Jika bentar-bentar ada panggilan atau pesan masuk maka tidur akan terganggu. Selain itu, radiasi yang dikeluarkan oleh barang elektronik perlu di waspadai.

Tidur malam lebih awal 

Jangan terlalu larut malam tidurnya karena jika kekerungan istriahat akan menggangu kerja kita di esok hari. Tidur lebih awal juga membuat kita bangun lebih pagi untuk melakukan aktivitas.

Masih banyak yang dapat dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat dari bangun tidur hingga tidur lagi.
Namun, beberapa tips di atas cukup mudah diterpakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut saya hidup sehat itu bukan berbadan langsing ataupun kurus tetapi hidup yang bebas dari berbagai macam penyakit baik fisik maupun psikis. Oke, selamat mencoba!

sumber gambar:
shutterstock.com

24 komentar:

  1. mantab gan tips nya... bisa di coba..
    mampir balik http://sehat-zaitun.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. bagus tipznya, tpi susah jg kalau di praktekin...

    BalasHapus
  3. Info tips hidup sehat yang menarik, Saya sangat mengapresiasinya. Banyak sekali cara hidup sehat yg bisa kita terapkan, salah satunya dengan mengkonsumsi Obat herbal alami

    BalasHapus
  4. Informasi yang sangat berguna nih...

    BalasHapus
  5. thanks ya, isi nya keren.
    bisa bantu untuk menyelesaikan tugas saya..
    oya han klo ada kesempatan dilakan mampir ke lapak sy yang jualan kaos kaki anak grosir..
    Trims :)

    BalasHapus
  6. Terima kasih tipsnya ya bu, tips2 yang ibu berikan di atas sering kali kita anggap sepele dan baru kita sadari betapa pentingnya pola hidup sehat saat kita sakit, kunjungi juga blog saya ya bu, saya juga interest dengan kesehatan hidup sehari-hari :)

    BalasHapus
  7. Hidup sehat dapat terwujud dengan menerapkan gaya hidup yang sehat pula. Sayangnya di kota-kota besar, khususnya yang tinggal di Ibukota jarang sekali memiliki waktu untuk menerapkan pola hidup yang sehat, seolah tertelan dengan kesibukan yang berulang setiap harinya. Tidak heran, jika saat ini terjadi peningkatan jumlah penyakit tidak menular, seperti kencing manis/diabetes, penyakit jantung koroner, dan stroke. Sebenarnya dengan menerapkan prinsip perilaku hidup bersih dan sehat bisa mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut, baik menular maupun penyakit tidak menular


    Sumber: udoctor.co.id

    BalasHapus
  8. Terimakasih infonya, semoga berguna untuk kita semua

    BalasHapus
  9. Saya senang berkunjung ke situs ini karena artikel yang disajikan selain menggunakan bahasa yang mudah dipahami, juga ditampilkan dengan menarik dan informatif. Artikel yang sangat bermanfaat, penuh dengan sentuhan kreatif dari penulisnya. Salam kenal untuk admin situs, teruskan berkarya dengan informasi terbaik.

    BalasHapus
  10. wah makasih sudah berbagi tips pola hidupsehatnya
    menghindari stres itu kyknya yg paling susah di terapin deh wkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbak semoga bermanfaat

      Hapus
  11. Saya setuju dengan Prinsip Pola Hidup Sehat, karena dari 270 juta Penduduk Indonesia, ternyata hanya 1 % yang bener - benar mempraktekkan Pola Hidup Sehat.

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates