Selasa, 26 November 2013

Pendidikan, Transportasi dan Pariwisata Solo

Share it Please
Tinggal di kota dekat Solo membuat saya tak asing dengan kota Solo. Saya tinggal di Karanganyar hampir 8 tahun mengenyam pendidikan di kota Solo. Kota Solo meninggalkan banyak kenangan yang tak terlupakan. Di sini saya hanya akan membahas kesan dan harapan saya di bidang pendidikan, transportasi, dan pariwisata. Bagi orang yang berkunjung ke Kota Solo akan meninggalkan kenangan dan rindu untuk kembali. Semoga tulisan saya ini bermanfaat.

Pendidikan kota Solo


Pendidikan kota Solo cukup baik di banding dengan beberapa kabupaten di sekitarnya. Sekolah favorit di Solo selalu menjadi incaran warga Solo. Tak hanya warga Solo, pelajar dari berbagai kabupaten yang masuk karesidenan Surakarta pun berduyun-duyun mencicipi pendidikan di kota Solo.

Kesan dan harapan : Dari pengalaman saya selama sekolah di Solo, pendidikan di Solo cukup baik. Solo merupakan kota yang baik untuk pendidikan dari jenjang SD sampai perguruan tinggi. Hal ini, bisa di lihat dari prestasi masing-masing sekolah favorit yang ada di Solo serta tingginya minat warga di sekitar Solo untuk menempuh pendidikan di Solo. Sayangnya, masih saya lihat anak-anak seusia sekolah dasar berkeliaran menjadi pengamen waktu jam sekolah. Semoga saja masalah ini segera terselesaikan

Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS merupakan universitas negeri satu-satunya yang ada di Kota Bengawan ini. Adapun beberapa perguruan tinggi lain ada yang berstatus negeri namun belum menjadi universitas, seperti Institut Seni Indonesia di Surakarta yang berada bersebelahan dengan UNS.

Kepanjangan UNS bukan universitas negeri solo , perlu di ingat itu. UNS merupakan singkatan dari Universitas sebelas maret. Dulu sewaktu saya kuliah sempat ada wacana mengubah UNS dari universitas sebelas maret dengan universitas negeri solo. Namun, isu itupun menguap begitu saja.

UNS terdiri dari sembilan fakultas masing-masing fakultas terdiri dari jurusan maupun program studi. Misalkan, Pendidikan matematika merupakan program studi pendidikan matematika jurusan MIPA fakultas FKIP UNS.
Kampus UNS
Belakang UNS

Bagi yang hafal Alquran 30 Juz dapat masuk tanpa tes di UNS.
Meupakan terobosan baru bagi universitas negeri yang tidak berbasis agama dalam mengapresiasi penghafal Alquran. Bagi Anda yang memiliki kelebihan dapat mendaftar di UNS dengan cara ini. Pada umumnya calon mahasiswa melakukan seleksi masuk mahasiswa negeri, tetapi ternyata UNS punya cara lain.
Syayma hafidzah Alquran yang masuk FK UNS (foto:dakwatuna)
Kesan : Kampus UNS mudah di akses dari arah barat maupun timur. Apalagi dari arah timur, bus dari arah Surabaya semua melewati UNS begitu juga sebaliknya. Di dalam kampus ini terdapat area penghijauan yang luas. Banyak pepohonan dan taman menghiasi setiap sudut kampus. Ada banyak titik hotspot, ada pula telaga UNS. Di bidang akademik UNS tidak kalah denganuniversitas negeri lain. Bahkan UNS tercatat termasuk sepuluh besar peringkat universtias negeri di Indonesia.

Harapan : Untuk wifinya kadang-kadang sering mati sehingga merepotkan mahasiswa yang kala itu sedang membutuhkan. Harapannya tidak sering mati lagi. Semoga UNS menjadi contoh kampus yang ramah akan penghijauan. Selain itu, program hafal Alquran bisa di contoh oleh universitas lain.

Transportasi umum di kota Solo


Transportasi merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup di kota solo. Tanpa transportasi yang memadai kota solo akan sepi penghuni. Sekarang ini banyak moda transportasi yang dikembangkan dikota batik ini. Contohnya Bus Solo Trans (BST) dan Kereta

Bus salah satu moda transportasi di Solo

Transportasi darat di kota Solo ada banyak antara lain, bus, taksi, becak, kereta. Untuk bus, kota Solo memiliki moda transportasi yang ditunjang oleh bus damri, dan PO. Buskota yang ada di solo diantarnya adalah bus BST, bus Damri, bus Nusa, bus Surya dan bus atmo. Rata-rata bus kota beroprasi dari Palur-Kartosura dan Kartosuro Palur. Sedangkan bus BST, ada yang sampai ke bandara Adi Sumarmo. Kesan saya kalau naik bus kota siap senam jantung karena supirnya pada tancap gas seenaknya sendiri. Bahkan terkadang lampu merah pun tak di gubris. Namun, tdak semua sopir bus kota bertindak seperti itu,.

Solo mempunyai terminal terbesar di pualu jawa. Terminal Tirtonadi yang terletak di Surakarta ini merupakan terminal terbesar di jawa. Terminal ini menjadi tempat menurunkan dan menaikkan penumpang baik dari berbagai kota di pulau jawa. Jika Anda ingin ke jakarta anda bisa naik bus di terminall ini. Sayangnya semua bus kota (bus BST, Atmo, Nusa) di solo tidak mampir di terminal tiirtonadi. Terminal ini kebanyakan di huni oleh bis antar kota dalam propinsi, dan antar kota dalam kota.
Bus BST
BST melaju di jalan Slamet Riyadi

Kesan dan harapan saya terhadap terminal ini,terminal sudah cukup baik karena ada ruang tunggu yang sudah ber AC, sayangnya masih ada saja yang merokok. Selain itu, jarak yang terlalu jauh dari jarak penurunan dan penaikan penumpang membuat sedikit lelah ketika harus berjalan

Kereta pramex kereta ekonomi favorit warga solo

Untuk transportasi darat lain yaitu kereta. Solo mempunyai transportasi darat kereta api yang menghubungkan dari luatr kita.stasiun yang paling terkenal di kota solo adalah stasiun balapan. Kemudian ada lagi stasiun jebres. Saya paling sering menggunakan kereta solo jogja dengan kereta pramex.

Kesan dan harapan : Sayangnya sekarang pramex yang beroperasi tinggal satu atau dua, sehingga harus di ganti dengan kereta lain. Kereta lain yaitu seperti madiun jaya, sriwedari ac dengan tarif yang lebih tinggi dari tarif pramex sehingga tidak hemat. Semoga saja ada solusinya.

Becak, kendaraan tradisional pengantar jarak dekat

Becak merupakan salah satu transportasi yang ada di kota solo. Jika kita belanja dengan jarak dekat maka becak menjadi salah satu pilihan warga dalam berkendaraan. Selain itu naik becak dapat lebih menikmati perjalanan. Jika becak menjadi pilihan Anda saat berada di solo. Ada yang perlu di perhatikan pertama tanyalah tarif dahulu lalu lakukan kesepakatan harga. Jangan sampai Anda naik kemuidan baru membayar, bisa jadi nanti harga di kepruk. Saya pun pernah mengalami hal ini. Selain itu sebelum naik becak tanyakan jarak yang akan anda sambangi , salah-salah justru anda akan di putar-putar ke daerah lain.
Becak berjajar di depan masjid Agung Solo
Becak depan BTC
Kesan dan harapan : Becak di solo mudah di temui di tempat-tempat ramai dan di perempatan. Ada oknum pengemudi becak yang masih banyak melanggar rambu-rambu lalu lintas. Contohnya ketika lampu merah, main trabas saja. Saya berharap semoga becak-becak yang ada di solo tertata rapi. Selain itu mengadakan seragam becak. Baik becaknya yang di cat dengan simbol kota Solo maupun pengemudinya memakai seragam.

Pariwisata Solo


Berbicara kenangan di pendidikan maupun di sarana prasana jalan belum pas kalau tidak membahas wisata yang ada di kota Solo. Sebenarnya, masih banyak yang menjadi kenangan di kota Solo ini. Baik berupa bangunan gedung, kegiatan sosial, perekonomian, dan banyaknya toko modern. Namun, dalam kesempatan ini saya hanya akan melanjutkan membahas kesan saya terhadap pariwisata di Solo.

Merambah dunia pariwisata Solo yang semakin mempesona

Selain mengenyam pendidikan kota Solo, saya juga suka mengeksplor pariwisata Solo. Tidak perlu jauh-jauh ke kota lain kalau kota sendiri belum di jelajahi. Ngaku traveler tapi tidak tahu wisata di daerahnya sendiri itu sungguh ironis. Ya, begitulah saya suka jalan-jalan di kota terdekat. Hampir semua wisata di Solo pernah saya datangi. Walaupun sekedar lewat di depan tidak masuk ke dalam area tersebut.

Benteng Vastenburg
Benteng Vastenburg berdiri sejak tahun 1779. Benteng ini terletak tidak jauh dari Keraton Solo dan tidak jauh dari Balai Kota Solo. Benteng ini di bangun oleh Gubernur Jendral Baron Van Imhoff. Berfungsi untuk mengawasi aktivitas Keraton Surakarta sejak pemerintaha Paku Buwono III. Sekarang, benteng ini mulai dibenahi karena ada berbagai kerusakan yang perlu diperbaiki

Untuk menuju tempat ini cukup mudah. Jika Anda turun di Stasiun Balapan, Anda bisa naik taksi, atau naik bis dari stasiun Balapan turun halte Panggung ganti bus kota jurusan Gladak. Jika turun di bandara Adi Sumarmo bisa naik bus BST turun benteng Vastenburg. Lokasi ini mudah di capai karena berada di Kota dan banyak transportasi umum ke tempat ini.
benteng Vastenburg
benteng Vastenburg dari dekat
Dinding benteng Vastenburg

Kesan : Pertama kali sebelum di adakan even yang di adakan di benteng vastenburg, terkesan benteng yang kuno tanpa terurus. Banyak dinding yang masih berlumutan, dan perlu renovasi. Sekarang, baru diadakan renovasi. Tapi, acara tetap saja berlangsung, contohnya solo kreatif expo, jadi kesannya baru masa perbaikan kok di buat even.
Harapan: Dengan adanya banyak even yang diadakan di benteng Vastenburg ini, harapannya dapat memajukan pariwisata surakarta dan tetap meneguhkan eksitensi benteng Vastenburg yang berdiri di pusat kota.

Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Grosir Solo (PGS)

BTC dan PGS merupakan pusat belanja di kota Solo, terletak di dekat gapura gladak, dan tidak jauh dari benteng vastenburg maupun alun-alun utara. BTC lebih sering dikenal dengan mbeteng, disini para pembeli sudah hafal kalau membeli kaintempatnya di BTC. Sedangkan untuk membeli pakaian jadi tempatnya di PGS. Namun, sekarang baik BTCdan PGS ada yang menjual kain maupun pakaian.
PGS Solo
para pengunjung duduk di depan lobi BTC
BTC nampak depan

Kesan: sudah berkali-kali datang ke PGS, sangat terkesan dengan mushola yang ber AC dan nyaman. Tempat wudhu yang di pisah antara lelaki dan perempuan. Begitu pula di BTC ada tempat wudhu dan sholat wanita dan laki-laki di hijab dinding. Sedangkan untuk jual beli di PGS dan BTC masih di perlukan kepintaran taar menawar karena umumnya para pedagang menawarkan harga barang hampir dua kali lipat harga sebenarnya. Harga-harga barang yang di jual cukup murah di banding di mal-mal, tetapi harus pintar memilih barang.

Harapan : Bagian lobi depan, kebanyakan buat duduk-duduk para pengunjung, harap menjadi perhatian karena kurang nyaman bagi orang yang lewat, karena duduk sembarangan, Selian itu masih di temukan pengemis di lobi depan. Bukan maksud saya menghina pengemis, tetapi alangkah lebih perlu di tata. Selain itu banyak stan yang kosong baik di beteng maupun PGS semoga ini menjadi perhatian juga.

Galabo

Galabo atau gladak langen bogan, merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Solo. Galabo terletak di gladak, tepatnya di depan beteng dan PGS. Kalausiang hari jalan tersebut di lewati kendaraan dengan jalur searah. Jalan ini jalurnyaberuba-ubah ssesuai perntah pemkot. Dulu sempat arahnya di ubah. Namun sekarang balik lagi arah jalannya. Setelah malam hari, jalan ini di tutup berubah menjadi tempat wisata kuliner yang menyediakan berbagai makanan. Makanan yang ada mulai dari soto, mie ayam, bakso dll.

Galabo yang sepi di siang hari
Suasana Galabo siang hari

Kesan dan harapan: Tempat ini memberikan wadah bagi pecinta kuliner. Namun sayangnya kalau siang hari tidak menemukan ritme di tempat ini. Beberapa stan ada yang kosong, hal ini bisa di maksimalkan. Selain itu alangkah baiknya wisata kuliner ini juga ada di siang hari. Saya juga mengharapkan ada tempat wisata kuliner lagi selain di galabo.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta merupakan cikal bakal adanya kota Solo. Keraton surakarta ini mempunyai nam lain keraton surakarta hadiningrat. Terletak tidak jauh dengan BTC dan PGS. Keraton ini juga terletak tidak jauh dari pasar klewer dan alun-alun. Keraton surkarta mempunyai bangunan bergaya jawa dan eropa. Keraton ini juga memiliki museum. Untuk masuk keraton dan Museum membayar tiket 10.000 rupiah, sedangkan untuk pembawa kamera dikenai biaya tambahan.
Keraton surakarta
jaran kepang salah satu benda di musum keraton solo

Kesan: sebagai wahana pendidikan tentang sejarah kebudayaan kota surakarta. Tempat ini juga mengajarkan kesopanan karena saat masuk jika pakai sandal harus di lepas, sedangkan pakai sepatu boleh masuk ke halaman keraton. Bagi wanita yang memakai rok atau celana mini, di suruh memakai jarit. Sedangkan untuk benda-benda koleksi museum ada yang hilang atau rusak sehingga pengunjung sedikit kecewa.

Harapan : Adanya konflik dalam keraton sempat membuat di tutupnya museum keraton Solo. Saya berharap semoga cepat terselesaikan. Saya dengar di berita sudah ada perkembangan yang baik dari kedua kubu keraton surakarta

TSTJ Taman Satwa Taru Jurug,

Taman satwa taru jurug yang terkenal dengan kebun binatang jurug ini terletak di dekat jembatan sungai bengawan solo. Jembatan ini menghubungkan jawa timur ke solo atau sebaliknya. Nah di situlah tempat bonbin jurug berada. Letaknya juga tidak jauh dari UNS . Harga tiket masuk dihari biasa sekitar 8000 rupiah sedangkan hari libur 10.000 rupiah. Dengan tiket yang dibanderol cukup murah kita bisa melihat aneka satwa di dalam bonbin.

Salah satu hewan di bonbin jurug
lokasi TSTJ dekat sungai bengawan solo

Kesan dan harapan : Seharusnya dengan tiket segitu bisa melihat lebih banyak satwa lagi. Karena menurut saya satwanya masih belum lengkap, mungkin karena lahannya yang kurang atau ada kendala teknis lain. Harapannya TSTJ di kelola lebih baik lagi agar pengunjung semakin banyak. Lokasi yang dekat dengan sungai bengawan Solo sangat rawan banjir, sehingga perlu di perhatikan juga.Semoga sarana prasarana di TSTJ mampu memberikan kesan yang baik bagi para pengunjung.

Dalam artikel ini saya hanya membahas lima wisata yang ada di solo berikut kesan dan harapannya. Dalam artikel ini juga terdapat kesan dan harapan saya terhadap pendidikan dan transportasi Solo. Semoga Solo semakin di cintai warganya dan warga Indonesia pada umumnya.


Sumber gambar:
Dokumen pribadi
dakwatuna

8 komentar:

  1. Infonya bermanfaat, thanks udah share sob !!


    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  2. mau tanya dong kalau dari UNS ke bandara itu butuh waktu berapa lama yah? paling cepat naik kendaraan apa?
    thanks a lot!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 1 jam lebih mbak... naik bus bst yang ke bandara mbak naik dari halte depan uns

      Hapus
  3. Mba mau tanya kalau halte paling dekat dengan cv intrafood apa ya. Kalau naik dr uns

    BalasHapus
  4. Mba mau tanya kalau halte paling dekat dengan cv intrafood apa ya. Kalau naik dr uns

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mohon maaf kurang tahu cv intrafood mbak..

      Hapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates