Minggu, 15 Desember 2013

Cuci Mata di Pasar Klewer Solo

Share it Please
Di luar pasar Klewer para pedagang berlomba-lomba menggaet para calon pembeli. Kalau di luarnya saja ramainya begini, apalagi di dalam. Pedagang di Pasar Klewer menawarkan dagangannya dengan berkata-kata "Ayo mbak, di pilih batiknya" , "Mampir dulu mbak". Kata-kata itu hampir membius para ibu-ibu, dan ternyata bukan ibu-ibu saja yang terbius, aku yang masih remaja jadi ikut kebius. Awalnya dipikiran hanya ingin berbelanja baju seragam, eh siapa sangka hanya dengan tawaran menggoda dari ibu-ibu pedagang batik, hati mulai bergejolak ingin mendekati. Cakep, cakep, cakep cuakep bajunya.
Pasar Klewer Solo
Sewaktu SMP, pernah bertanya-tanya tentang Pasar Klewer. Pikiran yang membayangiku ketika ibu ingin mengajakku ke pasar Klewer sehabis menerima hasil ujian. Ibuku mengajak aku untuk pergi belanja baju ke Pasar Klewer karena nilaiku terbilang baik menurut ibuku. Beliau menjelaskan dengan singkat padat dan agak membingungkan, tentang apa itu Pasar Klewer. "Pasar Klewer opo-opo enek" Kata ibuku. Ah, masak iya sieh. Hmm, ternyata ada benarnya ada tidaknya.
Ya, Pasar klewer ini memang pasar yang lengkap untuk keperluan yang berbau konveksi/pakaian jadi, namun untuk keperluan lain kurang lengkap. Tetapi jangan bingung dan stres ketika terjebak kata-kata ibuku "opo-opo enek". Ternyata di sebelah Pasar Klewer berjajar toko-toko yang menjual barang-barang selain pakaian jadi.

Pasar Klewer terletak di Surakarta, berdekatan dengan keraton Surakarta, alun-alun, dan Masjid Agung. Pasar ini merupakan pasar kain terbesar di Jawa Tengah dan pasar batik terbesar di Indonesia. Pasar ini terdiri dari dua lantai dan mengalami beberapa kali renovasi.

Di pasar klewer ada apa saja? Pasar klewer merupakan pasar pakaian terbesar di Jawa Tengah. Berbagai macam pakaian dapat di peroleh disini. Pedagang baju batik juga sangat banyak di sini. Tak hanya pakaian saja, ada pula penjual tas, dompet, cindera mata dll. Tidak percaya? Cobalah datang kemari. Kebanyakan para pedagang menerapkan sistem grosiran dalam berjualan. Jadi jika kita membeli satu tidak di perkenankan, minimal kita beli tiga. Namun jangan khawatir karena beberapa pedagang ada yang menerapkan jual ecer.
Gapura pasar klewer
Apa saja yang perlu diperhatikan dalam berbelanja di Pasar Klewer. Perhatikanlah kondisi pasar klewer yang berjubel pembeli maupun penjual. Lahan yang terlalu sempit untuk berjualan membuat kita ekstra hati-hati karena jika tak hati-hati kita sering menabrak para kurir pengantar dagangan yang memenuhi jalan. Sempat beberapa kali saya tertabrak para kurir tersebut saking sempitnya gang-gang di dalam pasar.

Selain itu, agar mendapatkan harga barang murah, pandai-pandailah menawar karena beberpa pedagang menawarkan harga yang cukup tinggi. Saran saya kalau berbelanja tanya dulu pada pedagangnya harga pas atau masih bisa di tawar. Agar tidak kecewa membeli barang, sebelum membeli surveilah harga-harga barang yang akan di beli.
Oleh-oleh yang dapat beli di pasar klewer
Pada musim lebaran pasar ini lebih ramai dari hari biasa. Selain libur lebaran, pasca liburan kenaikan kelas juga cukup ramai di kunjungi oleh para pemburu baju.

Akses menuju Pasar Klewer cukup mudah. Jika dengan transportasi umum bisa naik bus Damri, angkutan, maupun becak. Jika sudah berkunjung ke pasar Klewer maka sempatkan juga untuk mengunjungi keraton Surakarta. Dan sebaliknya jika mengunjungi Keraton Surakarta, kunjungi pasar Klewer. Jangan lupa beli batik sebanyak-banyaknya untuk saudara maupun teman Anda.



5 komentar:

  1. Kalau mau beli batik di Solo bianya saya suka nyari di pasar klewer, tpai tidak bisa lama-lama di lokasi daerah pasar itu Mba, karena tidak nahan kala ada barang bagus maunya beli, jadi capek cuci matanya. he,, he,, he,,,,

    Salam,

    BalasHapus
  2. ya di beli dong pak, sekalian cuci uang :D

    BalasHapus
  3. Jangan lupa tengkleng pasar Klewer dan Bakso Prawirorejo yang legendaris :D

    BalasHapus
  4. wah dimana itu, Aku kelewatan

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates