Minggu, 01 Desember 2013

Tempat Wisata Murah Meriah di Solo (II)

Share it Please
Setelah beberapa waktu lalu membahas tempat wisata murah  Solo yang pertama, kini giliran saya untuk membahas wisata murah jilid ke dua. Bagi warga solo yang lama tinggal di Solo pasti tidak asing dengan tempat-tempat yang akan saya ungkapkan. Tempat wisata murah di Solo, masih bisa di jangkau oleh kalangan kantong kering, alias uang mepet hehe.

Oke lah sekarang tidak perlu berlama-lama dan berbelit-belit. Kemarin sudah ada tempat wisata Taman Satwa Taru Jurug, Keraton Surakarta Hadiningrat, dan taman balekambang, sekarang saatnya kita jelajahi wisata solo yang lain yang masih murah meriah.

Benteng Vastenburg

Hallo? Sudah tahukan ada benteng di Solo. Iya benteng ini merupakan peninggalan zaman kerajaan dahulu, waktu masih pemerintahan Belanda. Hla kok bisa?. Simak kutipan tentang benteng Vastenburg di bawah ini.

Benteng Vastenburg berdiri sejak tahun 1779. Benteng ini terletak tidak jauh dari Keraton Solo dan tidak jauh dari Balai Kota Solo. Benteng ini di bangun oleh Gubernur Jendral Baron Van Imhoff. Berfungsi untuk mengawasi aktivitas Keraton Surakarta sejak pemerintahan Paku Buwono III. Sekarang, benteng ini mulai dibenahi karena ada berbagai kerusakan yang perlu diperbaiki.

Tiket masuk benteng vastenburg gratis kecuali ada event tertentu akan dikenai biaya masuk. Untuk transportasi menuju benteng vastenburg Untuk menuju tempat ini cukup mudah. Jika Anda turun di Stasiun Balapan, Anda bisa naik taksi, atau naik bis dari stasiun Balapan turun halte Panggung ganti bus kota jurusan Gladak. Jika turun di bandara Adi Sumarmo bisa naik bus BST turun benteng Vastenburg. Lokasi ini mudah di capai karena berada di Kota dan banyak transportasi umum ke tempat ini.

Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Grosir Solo (PGS)

BTC dan PGS merupakan pusat belanja di kota Solo, terletak di dekat gapura gladak, dan tidak jauh dari benteng vastenburg maupun alun-alun utara. BTC lebih sering dikenal dengan mbeteng, disini para pembeli sudah hafal kalau membeli kaintempatnya di BTC. Sedangkan untuk membeli pakaian jadi tempatnya di PGS. Namun, sekarang baik BTCdan PGS ada yang menjual kain maupun pakaian.

Tiket masuk BTC dan PGS yaitu gratis. Sedangkan transportasi menuju tempat ini hampir sama dengan ke benteng vastenburg Untuk menuju tempat ini cukup mudah. Jika Anda turun di Stasiun Balapan, Anda bisa naik taksi, atau naik bis dari stasiun Balapan turun halte Panggung ganti bus kota jurusan Gladak. Jika turun di bandara Adi Sumarmo bisa naik bus BST turun halte Gladak. Lokasi ini mudah di capai karena berada di Kota dan banyak transportasi umum ke tempat ini.


Galabo atau gladak langen bogan, merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Solo. Galabo terletak di gladak, tepatnya di depan beteng dan PGS. Kalausiang hari jalan tersebut di lewati kendaraan dengan jalur searah. Jalan ini jalurnyaberuba-ubah ssesuai perntah pemkot. Dulu sempat arahnya di ubah. Namun sekarang balik lagi arah jalannya. Setelah malam hari, jalan ini di tutup berubah menjadi tempat wisata kuliner yang menyediakan berbagai makanan. Makanan yang ada mulai dari soto, mie ayam, bakso dll.

Oke cukup sudah tiga tempat wisata saya ungkapkan, untuk lebih lanjutnya bisa ke artikel lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates