Minggu, 02 Februari 2014

Menikmati Pempek Ny Kamto di Solo

Share it Please
Pempek meupakan salah satu makanan khas Palembang. Makanan ini tak hanya di jumpai di Palembang saja, tetapi hampir di seluruh Indonesia ada. Kota Solo salah satunya, dapat kita jumpai pempek disana. Mulai dari pedagang kaki lima sampai warung menjajakan pempek. Nah salah satu warung yang menjual pempek yang terkenal di Solo adalah warung Pempek asli palembang Ny Kamto.
Pempek
Pempek dengan resep asli dari Palembang ini ternyata sudah ada beberapa cabang atau gerainya. Di solo, tempat makannnya terletak di Jl. Yosodipuro 100 Solo, mudah di jangkau dengan berbagai kendaraan baik kendaraan bermotot, mobil, maupun bus. Untuk bus jika dari arah Palur bisa naik bus Atmo, begitu sebaliknya jika dari Kartosuro bisa naik Bus Atmo.

Saya, dan teman-teman ingin mencicipi pempek Ny.Kamto ini yang lumayan terkenal di Solo. Sebelum ke tempat ini, kami juga sering mencicipi pempek di pinggiran jalan. Rasanya lumayan enak cuma ikan tengirinya tidak terasa. Saat jalan-jalan di kota solo saya melihat warung Ny.Kamto ini dan ingin mencicipinya.

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman sehabis dari Monumen Pers Solo, ingin mencicipi kuliner Palembang yang ada di Solo. Bagaimana sih rasanya kuliner pempek asli buatan orang palembang? Kami dari Monumen Pers Solo berjalan ke arah barat. Belum sampai di tempat, hampir saja teman saya menabrak mobil Daihatsu yang sedang di parkir.

Sampailah kami di warung pempek Ny Kamto. Kami segera memesan pempek. Ada banyak pilihan pempek dan makanan khas palembang. Ada pempek, tekwan dll. Pilihan kami jatuh pada pempek kapal selam. 

Kami memesan pempek kapal selam dan minuman dan membayar dahulu. Lalu kami duduk dan menunggu pempek siap disajikan. akhirnya seorang pelayan datang dan memberikan pempek kapal selam tersebut. Kami tak sabar untuk memakannya. Di meja sudah ada botol kuah pempek dengan rasa pedas maupun tanpa rasa pedas. Sepertinya perut saya sudah tak sabar untuk menyicip pempek. Saya mengambil botol berisi kuah dan menyiramkan di pempek kapal selam. Pempek pun siap dilahap.

Teman-teman sedang menikmati pempek
Di dalam pempek kapal selam terdapat telur, hmm sepertinya telurnya juga siap untuk saya makan. Perlahan saya memotong pempek kapal selam. Setelah berdoa saya kemudian mencicipi irisan pempek tersebut . Baru di lidah sepertinya sudah sangat menggoda untuk dikunyah di dalam mulut.

Yeah, masuklah irisan pempek kedalam mulut saya. Rasa ikan tengirinya sangat terasa, berbeda kalau jajan di pedagang kaki lima. Rasanya asam, manis, kecut jadi satu. Setelah menikmati irisan pempek, kemudian saya beralih mencicipi telur yang ada di dalam pempek kapal selam tadi. Wah telurnya, mantab bulat dan besar. Siap disantap!
Saat kuahnya kurang kita bisa menuangkan kuah kembali karena kuah ada di meja. dan itu tidak dikenai biaya tambahan lagi. Kami bertiga sangat menikmati pempek tersebut. Sambil membayangkan andaikan saya terpilih ikut menjelajahi kuliner 5 kota daihatsu di Palembang. Bagaimamana ya, kalau menikmati pempek palembang, asli palembang, dan tempatnya di palembang, ah semoga saja impian itu terwujud.

Saya terhenti dari lamunan, tak terasa saya sudah mengahbiskan pempek. Rasa kenyang di perut menyudahi kami untuk segera pergi dari tempat ini. teman saya pun dengan lahapnya menyanta pempek kapal selam. Suatu saat ai akan kembali lagi dengan menyoba menu yang lain.


9 komentar:

  1. Kalau main ke Solo bisa juga nih mampir ke sana.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mampir ke sana Pak..

      salam

      Hapus
  2. Pempek yang enak selalu bikin kangen untuk kembali ya Mbak. Aku juga penyuka pempek :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, rasanya asem kecut manis hehe

      Hapus
  3. Lho? Di Solo ada to? Kirain di Jogja aja. Mbak Suci dulu ikut ASEAN Blogger nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada Mbak, dekat Paragon... Gak ikut Mbak, mungkin waktu itu belum terlalu aktif di blog

      Hapus
  4. Numpang lewat ya om / tante
    Walau uda tau terima kasih infonya tante
    jual daging tenggiri giling berkualitas sangat cocok untuk bahan baku pempek , siomay, bakso, tekwan , dll
    Kunjungi:
    http://www.tenggirigiling.com/

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates