Minggu, 24 Agustus 2014

Wonderful Indonesia : Raja Ampat Primadona dari Papua

Share it Please
Dulu ketika Raja Ampat belum terdengar gaungnya saya tak tahu itu apa Raja Ampat. Sekarang ketika banyak orang berkunjung di sana dan banyak media memberitakan serta banyak travel writer yang memberitakan saya pun jadi tahu. Kalau dulu ketika mendengar kata Raja Ampat saya pikir adalah nama raja, tapi ternyata raja ampat merupakan gugusan kepulauan di daerah papua barat letaknya di kabupaten Waigeo. Ah sayangnya aku belum pernah sekalipun ke Raja Ampat, pulau dengan sejuta keindahan.

kepulauan raja ampat (indonesia.travel)

nama raja ampat ternyata hamper mirip arttinya dengan empat raja. Dalam gugusan kepualauan raja ampat ada empat pulau besar yang mengelilinginya. Empat pulau besar itu meliputi Waigeo, Salawati, Batanta, serta Misool. Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di papua Barat. Papua Barat merupakan salah satu propinsi daerah pemekaran di papua. Kabupaten Raja Ampat sendiri memiliki sekitar 610 pulau dengan empat pulau besar yakni Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool. Raja Ampat beribu kota di Waisai yang berada di pulau Waigeo.

Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten. Bila menggunakan pesawat udara, lebih dulu menuju Kota Sorong. Setelah itu, dari Sorong perjalanan ke Waisai dilanjutkan dengan transportasi laut. Sarana yang tersedia adalah kapal cepat berkapasitas 10, 15 atau 30 orang. Dengan biaya sekitar Rp. 2 juta, Waisai dapat dijangkau dalam waktu 1,5 hingga 2 jam.
Menulusuri jejak keindahan raja Ampat

Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangatlah luas, mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.

Kebudayaan Lokal

Di wilayah raja Ampat merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Kebanyakan pemandu wisatanya berasal dari nelayan lokal. Nelayan tersebut terbiasa dengan orang luar yang datang berkunjung, mereka sangat ramah. Mereka juga senang jika di beri buah pinang dan permen. Cara ini telah terkenal dimana dengan memberikan permen dianggap bentuk sopan santun terhadap nelayan atau penduduk sana
Nelayan di Raja Ampat biasanya memakan camilan saat bercakap-cakap (Para-para Pinang). Mereka akan saling bertukar cerita lucu sambil mengunyah buah pinang. Dalam banyak hal termasuk kemiripan alam, budaya, dan sejarah, bahwa masyarakat nelayan di Raja Ampat memiliki kesamaan dengan orang Maluku.

Masih ingatkan? Kalau dahulu kepulauan raja ampat ini di bawah kesultanan Ternate Tidore dari Maluku sehingga banyak kemiripan kebudayaan dengan orang Maluku.Siapa sangka di negeri Papua Barat ini dulunya merupakan salah satu kerajaan Islam di bawah kerajaan Ternate Tidore. Pantas saja namanya seperti nama kerajaan Islam. Namun setelah penjajahan Belanda masuk kawasan yang di jajah Belanda. Berikut ini beberapa

Keindahan Waigeo pulau terbesar dari Raja Ampat

Dulu pulau ini bernama kerajaan Waigeo di bawah kesultanan ternate pada abad 16. Dan salah satu rajanya bernama Gandzun (1900-1918). Sekarang kerjaan ini menjadi bagian salah satu kabupaten Raja Ampat. Pulau Waigeo merupakan pulau terbesar dari ke empat pulau utama dari kepualauan raja amapat. Pulau waigeo ini sering juga di sebut dengan nama Ambari atau waigiu. Mempunyai luas kira-kira 3155km persegi

Kemanapun anda pergi di kepulauan Raja Ampat, perahu longboat atau speedboat dipastikan akan menjadi kendaraan dominan, selain ojek di daratannya. Harga bahan bakar di Raja Ampat jauh lebih tinggi dibanding tempat lain. Transportasi laut sudah hampir menjadi keniscayaan, sehingga akan lebih baik bila datang ke Raja Ampat, Anda mengajak teman-teman lain agar dapat sharing biaya, sehingga menjadi lebih murah. Di Waisai, ojek dipastikan menjadi sarana trasnportasi umum paling nyaman karena anda akan bebas menentukan arah dan tujuan, tanpa dibebani harga bensin terlalu tinggi.

idak ada café atau restoran khusus dibangun di desa ini.Warung yang tersedia hanya menyediakan makanan ringan dan mie instant yang dapat dipesan dan dimasak langsung oleh ibu-ibu yang menjaga warung.Tempat untuk memakan sajian ini pun dilakukan di ranjang besar yang dibuat di bawah pohon kelapa, menghadap langsung ke laut lepas.Anggaplah ini sebuah café bertema, dan kenikmatan pun tak jauh berbeda dengan duduk di café yang mahal.Di Waisai, warung makan dan restoran kecil banyak ditemui. Restoran padang dan nasi bungkus seperti ayam goreng Lamongan pun dapat ditemui disana.

Pulau Salawati : Ups ada ikan pelangi di sini

Pulau Salawati adalah salah satu dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Luasnya sekitar 1,623 km persegi. Hampir tiga per empat dari pulau Salawati adalah hutan sagu yang lebat. Pohon-pohon sagu disini tumbuh liar tanpa ada yang menanam. Keindahan pulau Salawati memang terkait dengan keragaman tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewannya. Kondisinya yang masih sangat sunyi, tenang dan nyaris perawan membuat banyak wisatawan memburu tempat ini. Bukan itu saja, Salawati juga menjadi jujugan peneliti dari berbagai negara untuk mempelajari kekayaan alamnya. Wisatawan juga dapat menyaksikan bunker-bunker peninggalan Perang Dunia II buatan Belanda dan Jepang, tarian Wor dan air terjun.

pulau salawati
Untuk mencapai Salawati, Anda harus turun di Bandar Udara kota Sorong. Penyeberangan dari kota Sorong menuju Salawati memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan, melewati pulau-pulau kecil yang indah dan tak berpenghuni. Perahu-perahu penduduk setempat tak banyak melintas. Maklum perairan Salawati masih jauh dari jangkauan warga setempat. Pelabuhan Salawati tidak begitu besar hanya cukup untuk berlabuh satu atau dua boat.

Tidak hanya keindahan yang menjadi daya tarik utama pulau Salawati. Keanekaragaman hayatinya juga diakui dunia. Di tempat inilah lokasi ditemukannya species baru ikan pelangi Salawati. Species ini ditemukan oleh tim riset bersama Indonesia dan Perancis.

Ikan pelangi Salawati atau nama latinnya Melanotaenia Salawati ini merupakan spsies ke-19 yang ditemukan lewat eksplorasi biodiversitas kawasan ekoregion Kepala Burung Papua. Ikan pelangi Salawati ditemukan di sungai Doktor, tepat pada posisi kornel barat pulau itu atau sekitar 64 km sebelah barat kota Sorong, Papua Barat.

ikan pelangi
Pulau batanta : Sambil menyelam bisa lihat biota laut

Batanta merupakan salah satu dari empat pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat di provinsi Papua . pulau ini memiliki total luas 453 km ² . Pulau-pulau utama lainnya di kepulauan ini adalah Salawati , Misool dan Waigeo .

Lokasi Pulau Batanta termasuk dalam Distrik Samate, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Untuk menuju kesini terlebih dahulu anda dapat menggunakan pesawat untuk menuju ke Sorong. Setibanya di Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, terdapat beberapa alternatif angkutan yang bisa anda pilih.

pulau batanta (sumber: jalan2.com )
Pulau Batanta merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Salah satu pulau terbesar yang ada di Kabupaten Raja Ampat ini sejak lama sudah berpenghuni dengan beberapa desa yang mendiaminya.
Desa tersebut bernama Marandanweser dan Waiweser dimana penduduknya sudah terbiasa dengan kedatangan para wisatawan, sehingga dapat pula dikatakan bahwa desa ini merupakan desa wisata. Di masing-masing desa ini terdapat beberapa fasilitas penginapan seperti homestay yang bisa anda sewa.

Tarifnya bermacam-macam, mulai dari harga Rp 150.000*)- Rp 1.500.000*) per malamnya, tergantung dari fasilitas yang akan anda dapatkan. Jika anda ingin berhemat, anda dapat mencari homestay yang murah ataupun dengan menyewa rumah penduduk setempat.

Pulai Batanta memiliki luas sekitar 453 Km persegi dengan keadaan lingkungannya yang masih sangat asri dan alami, bahkan anda dapat menemukan burung Cendrawasih di hutan-hutannya. Panorama alam yang disuguhkan serta keanekaragaman adat budaya yang ada di pulau ini dijamin akan membuat anda terpukau.
Pasir pantainya yang berwarna putih halus ikut berperan menambah cantiknya pulau ini, anda dapat menghabiskan waktu seharian di bibir pantainya untuk berjemur ataupun menikmati panorama alam dengan ditemani hembusan angin laut yang sejuk menghantam tubuh.

Sama seperti di tempat lain, keadaan bawah laut di Pulau ini tak kalah cantiknya. Banyak terdapat kehidupan biota laut di sekitar pesisir pantai yang bisa anda jumpai, seperti sekumpulan ikan pari besar dan terumbu karang dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Airnya yang bersih dan sangat jernih akan membebaskan pandangan anda selama penyelaman, terutama pada musim-musim bukan penghujan maka dipastikan keadaan bawah laut pulau ini dapat anda nikmati secara lebih jelas.

Tidak hanya itu, disini juga terdapat salah satu titik penyelaman favorit, dimana anda akan menemukan bangkai pesawat yang jatuh saat perang dunia II. Tentunya hal yang sangat menarik bukan ?

Pulau misool: Dari snorkileng dan diving hingga sepertiga karang dunia!

Pulau misool awalnya adalah kerajaan dengan Penguasa Kerajaan Lilinta/Misol (sejak abad ke-16 bawahan kerajaan Bacan): Abd al-Majid {1872-1904), Jamal ad-Din (1904-1945), Bahar ad-Din Dekamboe (1945 - )
Pulau Misool adalah salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat , Indonesia . Luas wilayahnya 2.034 km ². Titik tertinggi adalah 535 m dan kota utama adalah Waigama dan memiliki kordinat 1 ° 53'41 "S 130 ° 5'1" E. Pulau Misool berada di distrik Misool, Raja Ampat.

Pulau misool ini berbatasan langsung dengan Laut Seram. Daerah ini terletak di kepala burung papua barat dan dekat dengan kota sorong . Misool terbagi atas dua bagian yaitu misool timur selatan dan misool barat. Daerah ini terkenal juga dengan keanekaragaman budaya, adat, laut dan darat.

Di ambil dari situs Indonesia travel Pulau misool termasuk daerah segitiga karang dunia dan puluhan banyak ikan hias yang terdapat di dalam lautnya yaitu sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di daerah misool ini. Dan daerah ini juga memiliki laut lepas yang sangat luas sekali sehingga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar yaitu seperti ikan paus dan gurita.Pulau Misool juga terdapat potensi tambang batubara sekitar 7,222 juta ton.

Misool membentang sederetan pulau batu karang di bagian barat dan timurnya, Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Misool berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan laut lepas yang menjadi jalur lintas hewan besar termasuk paus. Anda dapat menikmati segala keindahan di Pulau Misool tanpa harus membaginya dengan banyak orang. Nyatanya memang pulau-pulau yang tersebar itu sebagian besar tak berpenghuni.

Seperti telah diketahui bahwa Kepulauan Raja Ampat termasuk daerah segitiga karang dunia dimana taman bawah lautnya menyimpan sekira 75% jenis ikan hias dan segitiga karang yang ada di dunia. Terdapat sejumlah titik penyelaman yang menawarkan pengalaman spektakuler menjelajahi surga bawah laut yang paling kaya di dunia ini. Beragam jenis ikan, terumbu karang, hiu, penyu, pari, dan biota laut lainnya menghuni surga bawah laut Pulau Misool. Oleh karenanya, snorkeling, diving, berenang, berjemur atau sekedar bersantai di tepi pantainya yang sepi akan memberi kesan ekslusif dan menjadi sebuah pengalaman berlibur penuh kesan.

Bukan hanya kekayaan dan keindahan alam, Pulau Misool juga memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat dari masyarakat lokalnya. Peninggalan sejarah berupa lukisan di dinding-dinding gua juga dapat ditemukan di kawasan ini.

Di Pulau Misool ada banyak kegiatan wisata bahari yang dapat Anda lakukan.Snorkeling dan diving adalah tentu yang utama dan tak boleh dilewatkan saat menjejakkan kaki di kawasan yang terkenal di dunia internasional sebagai surga bawah laut terbaik sekaligus fenomena alam yang langka. Air lautnya yang bening memungkinkan Anda menyaksikan pemandangan keindahan bawah lautnya bahkan dari atas kapal. Jarak pandang saat menyelam di airnya yang jernih ini bahkan mencapai 25 meter.

pulau misool ( sumber: indonesia travel)

Musim menyelam yang paling baik di Pulau Misool dapat saja dikatakan nyaris sepanjang tahun. Akan tetapi, perlu diingat bahwa saat musim penghujan maka aktivitas penyelaman mungkin akan sedikit terganggu. Kunjungan pada waktu yang berbeda memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman yang lebih pula saat menyelami Pulau Misool.

Boat trips adalah hal menyenangkan lainnya yang akan mengajak Anda menyaksikan eksotisme kepulauan yang nyaris belum terjamah kerusakan dan polusi ini. Scuba Diving atau kayaking adalah pilihan olah raga air saat berada di pulau ini. Selain itu, tentunya berenang, berjemur, atau sekedar duduk santai di tepi pantai dan menghabiskan waktu juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Akomodasi untuk menunjang kegiatan ini dapat ditemukan dan disewa di resor sekitar Pulau Misool.
Terdapat beberapa desa di sekitar Pulau Misool yang juga menarik untuk dikunjungi. Kunjungan ke desa-desa kecil dengan populasi yang masih sedikit tentu akan memberi pengalaman dan pengetahuan mengenai budaya lokal, adat, istiadat, dan lainnya yang menarik untuk disimak. Menjelajahi hutan mangrove dan menyaksikan burung-burung serta binatang lainnya adalah pilihan kegiatan lain untuk mengisi liburan Anda.

Tempat favorit lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah keberadaan lukisan berbentuk tangan manusia, ikan, dan lainnya yang disebut sebagai petroglyph. Lukisan cantik berwarna dominan merah tersebut diperkirakan berusia sekira 5.000 tahun. Lokasi ditemukannya agak tersembunyi di dalam labirin yang terbentuk dari sejumlah laguna dan batuan karst. Tempat ini sangatlah indah, tak heran ia menjadi semacam tempat yang spesial ditandai dengan keberadaan petroglyph itu sendiri.

Keindahan alam laut Misool yang disejajarkan dengan keindahan bagai surga ini tentu merupakan salah satu kekayaan hayati Indonesia yang sangat penting dan berharga. Berpartisipasilah menjaga kelestarian dan kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan atau melakukan tindakan lain yang mengarah pada pengrusakan lingkungan dan ekosistemnya.

Begitulah keindahan alam papua masih banyak yang perlu di ceritakan masih ada jalur wayag jalur laut kepulauan Raja Ampat yang belum di ceritakan di sini untuk lebih tahu bisa langsung ke web indonesia travel

Sumber
Indonesia.travel
Jalan2.com
http://tempatwisatadidaerahpapua.blogspot.com/2012/11/pulau-salawati-raja-ampat-sorong.html
wikipedia

3 komentar:

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates