Jumat, 25 September 2015

Mencicipi Pedasnya Sambal di Waroeng SS

Share it Please
Melakukan perjalanan dengan tujuan ingin bersenang senang, tidak afdhol jika tak mencicipi makanan. Atau bahkan melakukan perjalanan khusus untuk makan-makan pun tak bisa dimungkiri lagi. Sehingga bisa kita lihat banyak warung atau resto bermunculan tetap ada para penikmatnya. Tentunya mereka memiliki segmen sendiri sehingga bisa menyentuh target pelanggan.

wader
Di daerah saya ada warung yang memberikan spesialisasi yaitu warung spesial sambal. Bagi yang hobi makan terutama makan pedas, bolehlah untuk mencicipi hidangan yang di berikan oleh warung tersebut. Warung SS namanya atau lebih panjangnya warung spesial sambal. Warung ini sudah memliki banyak cabang, di Solo sendiri ada banyak cabangnya, ada di Karanganyar, Sukoharjo, Sragen, Klaten.

Beberapa menu
Di karanganyar sendiri rumah makan ini terletak di Jalan Ngaliyan atau Slamet riyadi Karanganyar, Sebelumnya rumah makan ini terletak di dekat taman Pancasila. Untuk lebih mudahnya anda bisa membuka open snap, apalagi rumah makan ini sudah tersebar di berbagai kota. Jika Anda tingggal di Jawa Timur pun bisa mencicipinya di kota-kota Jawa Timur, misal seperti Madiun. Jika ingin lebih mudah Anda bisa membuka Open Snap Waroeng Spesial Sambal. Jika Anda tinggal di Jakarta pun ada banyak cabangnya di sana.

“Yuk ke Warung SS, nyicipi cha kangkung” ajak suami saya. Saya pun mengiyakan, karena warung SS ini selain menyediakan berbagai macam spesial sambal namun juga beberapa menu sayuran, salah satunya cha kangkung.

Beberapa waktu lalu saya pergi ke Warung SS, saya datang bersama suami. Tentunya untuk mencicipi cha kangkung serta berbagai menu sambal. Menu makanan yang disediakan pun terasa tak mahal, masih bisa ditolerir kantong hehe. Sambal-sambal yang dihidangkan mulai dari harga 1500. Dan Jika Anda masih lapar dengan sepiring nasi, Anda pun bisa menambah nasi gratis asal tak dibawa pulang.

Saya disini pesan Jus Jambu, dan suami saya pesan jus sawo, selain itu menu yang akan saya pesan lainnya adalah cha kangkung, plencing jawa atau brambang asam, ikan bawal, ikan wader, nasi dua porsi, dan tak lupa sambal terasi tomat mentah, yang pedesnya bikin nangis-nangis . Setelah memesan dan beberapa menit kemudian hidangan datang, pertama jus jambu dan jus sawo, kemudian diikuti hidangan hidangan berikutnya. Satu satu kami melahapnya.

Jus jambu
Saat mencicipi sedikit sambal, aw pedas. Sebaiknya bagi yang punya masalah pencernaan untuk menghindari pesan sambal yang pedasnya high level, karena akan menambah buruk pencernaaan anda jika tetap ngeyel.

Satu per satu menu yang saya pesan saya makan, saya mengambil nasi yang berada diwakul ke tempat nasi saya. Tempat nasinya bukan terbuat dari piring biasa, melainkan anyaman bambu atau lidi kemudian diatasnya diberi selembar daun pisang. Daun pisang bisa menambah harum masakan lho. Saya kemudian mengambil lauk wader dan sejimpit sambal. Ups jangan lupa berdoa ya.

Menu siap dimakan
Sampailah pada menikmati cha kangkung yang rasanya gurih, pedas, dan dimakan berbunyi kriuk tau kres-kres, saya agak bingung menamainya. Kemudian dilanjut dengan plencing jawa atau brambang asem, makanan ini merupakan salah satu makanan khas disekitar Solo. Plecing jawa terbuat dari sambal gula jawa, asam, serta cabai, ada pula yang menambahkan bawang merah dan trasi sesuai selera. Daun dalam plencing jawa umumnya memakai daun ketela rambat/ubi jalar sering disebut juga daun lung. Sekali mencoba bikin nagih, saya suka asam jawa-nya berasa asem-asem segar.

Plencing Jawa atau Brambang asem
Jika Anda ingin tahu sambal apa saja yang paling banyak dipesan pada bulan sebelumnya, di papan tertulis sambal apa saja yang paling laris. Saat saya kesana sambal cumi lah yang paling banyak dipesan pada bulan Juni. Sayangnya belum di update untuk bulan Juli dan Agustus.


Untuk ruangan di warung SS di Karanganyar Solo ini cukup luas. Jika Anda membawa teman-teman satu kelas masih bisa menampung. Ada lesehan ada pula tempat duduk yang bukan lesehan sesuai selera. Warung ini akan semakin banyak orang yang mengunjungi di jam-jam makan siang atau makan sore. Jadi Anda harus pilih-pilih waktu untuk ke sini ya. Warung ini awalnya buka pada siang hari, mungkin karena kebijakan manajemen setempat, waktu buka pun diperpanjang. Sekitar pukul sebelas siang sampai pukul sepuluh malam Anda bisa memesan di warung ini. Dulu ada hari libur di hari senin, tapi sekarang sepertinya senin pun masih buka.

Tak lupa setelah icip-icip posting di open snap , di dalam aplikasi ini Anda bisa men-share, apa yang telah dimakan untuk dibagikan ke orang-orang. Oh ya aplikasi open snap ini juga memiliki banyak fitur yang bisa digunakan, salah satunya itu tadi membagikan foto makanan. Saya pun mencobanya dengan membagikan foto cha kangkung.



Ada lagi jika kamu sedang berada dirumah kamu bisa menggunakan alat ini untuk mengetahui restoran terdekat yang bisa dikunjungi, fitur ini namanya fitur map view.


Makanan serba pedas ini bisa dilihat di open snap. Selain itu jika sedang berada dikota-kota besar misalnya Jakarta, atau Surabaya bisa juga untuk mengetahui resto ala jepang yang kamu suka, atau resto resto lain yang mendapatkan rekomendasi dari pengguna open snap. Ada banyak resto yang ada di Jakarta yang merupakan tempat makan enak di Jakarta

Menggunakan open snap sangat bermanfaat bagi kita-kita yang mencintai kuliner. Untuk mengunduh aplikasi ini cukup mudah, jika pengguna Android bisa ke play store dan gratis. Silahkan mencoba


9 komentar:

  1. SS ini salah satu warung favorit kami anak kuliahan saat zaman-zaman dulu, habisnya porsinya banyak dan harganya juga murah, pas lah buat kantong anak kuliahan :haha. Tapi di bilangan Jakarta Pusat agak susah euy menemukan warung ini, saya lihat di peta juga restoran ini baru ada di seputaran pinggiran kota, agak jauh... padahal makanannya enak banget :hehe. Ah, jadi kangen SS!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harganya lumayan murah, kalau di jakarta Pusat mungkin belum ada, tapi kalau mau tombo kangen di sekitar jakarta ada kok, trimakasih sudah berkunjung salam

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Udah banyak yg rekomendasi tempat unik ini di Jakarta terutama bagi penggemar pedas. Tp blm sempat berkunjung dan mencicipi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan kapan bisa berkunjung mbak, mencicipi berbagai macam sambal...

      Hapus
  3. SS yang disini penuh terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau disini pas jam bukan makan siang agak sepi mbak

      Hapus
  4. suka banget sama sambalnya SS apalagi harganya terjangkau xD

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates