Selasa, 27 Oktober 2015

Coba Resep Makanan Mirip Tom Yam

Share it Please
Beberapa waktu yang lalu, saya pergi ke pasar. Sudah lama tak pergi ke pasar, biasanya saya beli pada tukang sayur di pagi hari yang lewat dekat jalan raya. Kali ini saya menyempatkan diri ke pasar untuk membeli ikan-ikanan, karena di bakul sayur jarang membawa ikan, paling pol bawa lele. Sebenarnya kalau mau pesan sama bakul sayur bisa tapi saya enggan saja.

Tom Yam Ala Aku
Setibanya di pasar seperti biasa saya menuju tempat penjual ikan. Saya membeli udang dan ikan cucut. Nanti ikan cucutnya mau saya buat bakso, dan pada ahirnya sudah dibuat bakso sayang lupa di poto. Sedangkan udangnya ingin saya goreng saja. Selain membeli ikan dan udang saya juga membeli ayam tanpa tulang. Untuk udang kecil-kecil satu wadah plastik harganya 11.000 rupiah sedangkan ikan cucut juga sama 11.000 rupiah.

Sesampai dirumah, dan beberapa hari setelah mendekam dikulkas akhirnya udangnya saya masak juga. Pertama saya masak bakwan udang. Untuk membuat bakwan beberapa waktu lalu sudah saya posting tapi tentang bakwan sayur. Cukup mudah untuk membuat bakwan udang tinggal dicampur dengan tepung terigu, telur, air, mrica, garam, pala, diaduk kemudia digoreng dengan satu sendok sayur per sajian.

Selain saya buat bakwan, udang tersebut saya goreng. Setelah itu teringat beberapa waktu yang lalu sempat masak Tom Yam, masakan ala-ala Thailand gitu tapi bumbunya beli, ahaha. Nah sekarang karena bumbu praktisnya tidak beli ya sudah saya coba bumbu ala kadarnya saja. Jadinya malah resep makanan mirip Tom Yam.

Resep Masakan Tom Yam Ala-ala

Bahan baku : Udang (di bersihkan dulu kepalanya dibuang, bisa juga kulitnya, tidak dibuang juga tak apa kemudian goreng sebentar)

Bumbu Tom Yam
Bawang Merah 2-3 butir iris2
Bawang Putih 2 butir iris2
Jahe satu jari
Mrica
Pala
Saos tomat
Saos tiram
Kecap
Cabai merah, rawit
Garam
Gula
Penyedap rasa
Saya tambah irisan daun bawang dan tomat
(ada beberapa bumbu yang tidak saya cantumkan karena seadanya saja)

Cara memasak tom yam

Goreng udang

Iris bawang putih, bawang merah, cabai, bershikan jahe kemudian tumis dengan sedikit minyak

Setelah itu masukkan udang, aduk samoai harum baunya

Tambahkan sedikit air aduk tambahkan bumbu yang lain yang belum dimasukkan, aduk rata sampai matang.

Hidangkan dalam piring beri taburan bawang goreng

Catatan : ini hanya resep masakan mirip Tom Yam, dan banyak dari bumbu asli Tom yam yang tidak saya pakai selamat mencoba



2 komentar:

  1. Ngomong-ngomong rasanya bagaimana, Mbak? :hehe. Saya tidak terlalu suka tom yam, dulu pernah coba sekali dan menurut saya tak begitu mengesankan. Mungkin karena saya kurang suka cita rasa asam kali ya :hehe :peace. Tapi ini tampak menarik Mbak :hehe.

    BalasHapus
  2. Terimakasih, masih belajar ni, rasanya enak kata suamiku he, emang agak masam tp tidak saya tambah jeruk nipis jadi ga begitu masam

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates