Rabu, 30 November 2016

Mengolah Jamur Merang Menjadi Jamur Krispi

Share it Please
Jamur merang merupakan jamur yang berbentuk hampir bulat berwarna putih ke abu abuan. Bisa dibudidayakan di daerah Indonesia. Berbeda dengan jamur kancing, jamur merang ini baunya agak sedikit apek atau sengak. Untuk menghilangkan bau sengak pada jamur bisa digunakan dengan cara merebus.
Jamurmerang krispi 

Hari ini suami saya membeli jamur merang seharga duapuluh ribu satu kilogramnya. Warnanya sudah sedikit berubah keabu abuan namun masih layak konsumsi.

Cara memasak jamur merang agar bau tak sengak dan awet lama


Pertama potong-potong jamur merang letakkan pada sebuah wadah. Setelah itu cuci jamur merang kemudian didihkan air dipanci. Masukkan jamur merang tambahkan soda kue untuk mengawetkan jamur. Selain itu tambahkan tiga sendok garam. Bila suka bisa menambahkan daun sereh dan daun pandan. Daun pandan ini memetik dari halaman depan ngirit nih. Setelah matang tiriskan kemudian simpan dikulkas. Jamur merang bisa dimasak jamur krispi, sup dan lain lain.


Cara membuat jamur merang krispi yang kriuk kriuk

Setelah ditiriskan bau sengak tadi sedikit hilang. Rasa jamur merang seperti daging kenyil kenyil. Oh ya lanjut ke jamur krispi.

Siapkan wadah masukkan tepung terigu beberapa sendok tambahkan telor kalau suka beri bumbu dan air. Lalu masukkan jamur merang yang sudah dimasak tadi sampai bumbu meresap. Lalu siapkan wadah lagi berisi tepung terigu. Masukkan jamur yang sudah di celup tepung terigu basah ke tepung terigu kering. Lalu remas remas biar bisa lengket.

Panaskan wajan berisi minyak. Lalu masukkan jamur yang sudah dilumuri tepung terigu kering. Aduk aduk hingga kekuningan kemudian angkat. Sajikan selagi hangat dengan saos atau langsung dimakan. Rasanya gurih-gurih kriuk.

12 komentar:

  1. ooh rahasianya baking soda yaa...
    asik juga nih boleh dicoba biasanyakan yg krispy jamur tiram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe kata suami saya begitu mbak. Iya jamur tiram juga bisa

      Hapus
  2. Wiihh.. cobain ah, makasih mbak infonya :D

    BalasHapus
  3. duh, aku baca ini pas lagi hujan-hujan. Enak kayaknya buat camilan sambil nonton TV. Kalau biar kriuknya jamur krispi tahan lama gimana ya caranya? Soalnya baru beberapa menit udah langsung lemes biasanya.

    BalasHapus
  4. Loh baru tau jamur merang juga bisa dibikin jamur crispy

    BalasHapus
  5. Aku masih trauma makan jamur takut keracunan wkwkwk gara-gara beli di tukang sayur dimasak eh sekeluarga muntah2. Mungkin kurang bersih kali ya waktu itu aku nyucinya?

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates