Jumat, 30 Desember 2016

Inspirasi Astra Untuk Masyarakat Indonesia

Share it Please
Honda merupakan salah satu produk dari astra yang sering di pakai keluarga saya. Mulai honda pletuk, beat honda legenda. Semua itu merupakan produk dari astra honda motor. Tahukah kamu ternyata produk dari astra tak hanya itu saja, bahkan untuk produk otomotif ada astra Daihatsu yang juga memproduksi otomotif seperti mobil Daihatsu ada merk Ayla, Terios dll. Ada pula Astra Toyota yang produknya hampir sama dengan Daihatsu. Mereka semua itu merupakan produk dari grup astra melalui anak perusahaan yang berbeda. Itu hanya beberapa produk yang saya kenal. Kontribusi astra untuk negeri ini cukup banyak karena ada banyak hal yang belum banyak diketahui oleh orang.
.
Produk dan Layanan Astra


Hanya secuil itu yang saya ketahui tentang produk astra ternyata tidak ada banyak . Perusahaan Astra yang didirikan 60 tahun lalu memiliki beberapa aktivitas bisnis, Aktivitas bisnis Grup Astra telah berkembang pesat meliputi enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur, logistik dan lainnya serta teknologi informasi.  
 
mobil terios dari astra daihatsu

Produk otomotif bisa berupa sepeda motor yang di produksi oleh Honda, mobil yang di produksi oleh Toyota, Daihatsu, Izusu, P uoget, BMW, UD Truck, komponen yang di produksi oleh astra oto part dsb. Untuk jasa keuangan melalui pembiayaan mobil, pembiayaan motor, pembiayaan alat berat, , asuransi umum dan perbankan. Bisnis alat berat meliputi mesin konstruksi, kontraktor penambangan, pertambangan. Sedangkan Agribisnis digawangi oleh PT Astra Agro Lestari. Dibidang infrastruktur dan logistic mencakup jaringan infrastruktur, jaringan logistic, dan property. Kemudian di bisnis yang terakhir dibidang informasi. Dari keseluruhan bisnis astra menurut saya yang paling sering kita nikmati adalah produk dari otomatif.

beat produk dari astra honda
Aktivitas bisnis Astra dilakukan oleh 198 anak perusahaan, perusahaan asosiasi, dan jointly-controlled entities yang didukung oleh 221.046 karyawan. Pada Desember 2015, Astra merupakan salah satu perusahaan dengan nilai kapitalisasi saham terbesar di Bursa Efek Indonesia, yaitu sebesar Rp242,9 triliun. Kehadiran Astra mempengaruhi putaran kehidupan lebih dari 10 juta pelanggan yang menggunakan produk-produk Astra.

Selama lebih dari 58 tahun, produk dan jasa Astra yang dinikmati oleh pasar ritel dan korporasi di seluruh Nusantara serta menyentuh pasar ekspor ke berbagai negara di dunia turut memberikan andil bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Pada tahun 2015, Astra tetap mampu mempertahankan pangsa pasar domestik berbagai produk dan jasanya, antara lain: Grup kendaraan roda empat meraih pangsa pasar sebesar 50%; pangsa pasar sepeda motor Honda meningkat dari 64% di tahun 2014 menjadi 69%; dan untuk unit alat berat, PT United Tractors Tbk tetap memimpin pasar sebesar 36%. Komitmen jangka panjang Astra kepada pelanggan dan reputasi yang dibangun Perusahaan melalui tata kelola yang baik menjadikan Astra sebagai sebuah perusahaan besar yang teruji dan terpercaya.

Menjadi Kebanggaan Bangsa 

Astra telah menetapkan tujuan bagi Perusahaan di tahun 2020 yaitu menjadi ‘Kebanggaan Bangsa’, dengan ini berarti skala bisnis yang signifikan tidak cukup. Astra terus membangun reputasi sebagai perusahaan yang memiliki produk dan jasa yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar domestik, regional, dan global serta kehadirannya dapat memberikan manfaat berupa kontribusi sosial berkelanjutan yang dapat menjadi inspirasi dan senantiasa berkontribusi dalam pembangunan melalui bisnis dengan tanggung jawab sosial berlandaskan filosofi Catur Dharma Astra yaitu ‘Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara’. 

Astra senantiasa berupaya menjadi inspirasi pembangunan. Sehingga, kegiatan bisnis bukan hanya berarti pertumbuhan profit semata, tetapi juga tentang bagaimana berkontribusi untuk pembangunan Bangsa Indonesia. Inilah visi pendiri Astra yang tetap menjadi Visi Astra 2020.

Astra mengharuskan pertumbuhan yang berimbang dalam Strategic Triple Roadmap, yaitu pertumbuhan portofolio bisnis, sumber daya manusia, dan kontribusi sosial dan lingkungan secara serentak. Astra menekankan partisipasi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia melalui panduan Public Contribution Roadmap, yang diterapkan dalam inisiatif SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) sebagai langkah nyata Grup Astra beserta delapan yayasan untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.

CSR Grup Astra

Dengan karsa, cipta dan karya terpadu, dapat diciptakan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia di bidang pendidikan, pelestarian lingkungan, pelayanan kesehatan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah yang mendukung pendapatan ekonomi bagi masyarakat luas.

Pilar strategic roadmap Astra yang ketiga adalah Public Contribution. Pilar ini tidak hanya mewakili komitmen kuntuk menjadi warga korporasi yang baik dengan melaksanakan pelestarian lingkungan dan kegiatan filantrofi sosial, namun melalui pilar ini lingkungan dan sosial lebih jauh diimplementasikan ke dalam arah strategi dan perencanaan bisnis di seluruh anak perusahaan Astra.
Public Contribution dalam implementasinya memiliki 2 sisi, yakni Lingkungan dan Sosial Masyarakat. Dalam implementasinya keduanya dijabarkan menjadi kebijakan, target yang terukur, kriteria serta prosedur pelaksanaan yang dirangkum dalam Astra Gree Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC).

Astra Green Company mewujudkan komitmen Astra dalam pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan dan dicantumkan dalam Corporate Policy Communication Social Responsibility and Security (CSRS) serta berbagai turunan programnya yang mencakup efisiensi sumber daya alam, pengurangan limbah, emisi gas rumah kaca, dan penerapan zero workplace incident melalui program behavior based safety Astra Green Company (AGC) dibangun di atas konsep bahwa pada setiap pengambilan keputusan bisnis, manajemen yang secara sadar meletakkan pertimbangan perlindungan lingkungan, keselamatan & kesehatan kerja (LK3) pemangku kepentingan. 

AGC merupakan perangkat asesmen Astra untuk memantau pencapaian kinerja perusahaan terhadap pilar sistem manajemen yaitu Green Strategy, Green Process, Green Product dan Green Employee serta pencapaian critical point di bidang Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (LK3) dan Kepatuhan Hukum. AGC memiliki 16 kategori kriteria AGC spesifik berdasarkan jenis industri lini bisnis Grup Astra. Kriteria tersebut diadopsi dari Standar Internasional seperti ISO 9001, ISO 14001 serta OHSAS 18001 serta mengintegrasikan kepatuhan peraturan lingkungan dan K3 nasional.

Sedangkan Astra Friendly Company mencantumkan berbagai arahan strategi dan implementasi Astra dalam berinteraksi dengan para pemangku kepentingan, masyarakat sekitar operasional kami, pelaksanaan kegiatan CSR, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Melalui Astra Friendly Company, kami bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan setiap komponen masyarakat sehingga kami dapat diterima baik dan menjadi bagian dari masyarakat.
 
Beberapa Kegiatan CSR Astra

Sebuah studi kasus CSR yang menarik adalah transformasi sebuah kampung di Surabaya, dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, menjadi sebuah Kampung BERSERI Astra yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. Model seperti di harapkan terus terjadi yaitu pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar CSR Astra (Pendidikan, Lingkungan, Income Generating Activity, dan Kesehatan). Inisiatif inovasi program-program CSR Astra seperti: Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas, GenerAKSISEHATIndonesia dan GenerAKSICERDASIndonesia dikembangkan agar memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Ke depan Grup Astra dan kesembilan yayasannya akan terus meningkatkan program tanggung jawab sosial sekaligus mendukung upaya pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia. 

Khusus untuk pencapaian di bidang Lingkungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (LK3), Astra Green Company dan Astra Friendly Company untuk menjalankan bisnis yang bertanggung jawab yang selaras dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, Triple Bottom Line. Pada tahun 2015, Astra terus meningkatkan program-program inisiatif strategis di bidang LK3, antara lain: Behavior Based Safety dan Contractor Safety Management untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja, penerapan program sustainable consumption di bidang lingkungan dan upaya penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui Astra Green Energy yang dikembangkan sebagai guidance integrasi manajemen dan audit energi. 

CSR Astra
Kesembilan yayasan tersebut adalah Yayasan Toyota & Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Karya Bakti United Tractors, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Astra Agro Lestari dan Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara. Membantu terlaksananya program CSR Astra.

Grup Astra mencatat hingga 2014, di bidang pendidikan mereka telah menjalan CSR dengan menyalurkan 159.245 paket beasiswa, membina 13.262 sekola dan membina 28.199 tenaga pengajar. Sementara di bidang lingkungan Astra hingga 2014 telah menanam sedikitnya 3.333.456 batang pohon dan membudidayakan 805.346 tanaman mangrove.

penanaman pohon
Kemudian pada bidang kesehatan, Astra hingga 2014 melalui keberadaan mobil kesehatan Astra (MOKESA) telah melayani sedikitnya 94.296 orang pasien, membina 915 unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan mengumpulkan 126.452 kantong darah dalam berbagai rangkaian donor darah.

Selain itu dalam pilar keempat yang menyasar pada pemberdayaan ekonomi masyarakat, tidak kurang dari 8.646 UKM telah mendapatkan pembinaan dari Astra hingga 2014 yang diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 57.837 orang. 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates