Sabtu, 31 Desember 2016

Sambil Menyelam Minum Air, Terios Jelajahi Wisata Indonesia

Share it Please
Terios merupakan salah satu produk dari Astra Daihatsu Motor yang sering diuji cobakan. Tak tanggung-tanggung Terios mengajak awak media maupun blogger untuk berkeliling Indonesia. Beberapa pulau sudah disambangi oleh Terios. Pulau pulau yang sudah dijajaki yaitu pulau Sumatra, Pulau Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Perjalanan tersebut dimulai dari tahun 2012 sampai tahun 2015. Terios mengusung tema Terios 7 Wonders dengan tagline berbeda tiap tahunnya. Selain Jalan-jalan mengeksplorasi alam wisata dan budaya Indonesia juga melaksanakan CSR atau tanggung jawab Sosial. Istilah bekennya sambil menyelam minum air.


Tahun 2012 Terios Mengelilingi Sumatera : Terios 7 Wonders Sumatera Coffee Paradise

Tim petualang yang terdiri dari sepuluh orang itu melibas keindahan alam pulau Sumatra dengan tiga unit Daihatsu Terioas TX-AT dan Terios MT. Dengan rentang perjalanan kurang lebih 3300 km, tim Terios 7 wonders merangkum keindahan pulau Sumatra hingga titik Nol Kilometer di Sabang.
Misi utama dari perjalanan ini adalah untuk mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia khususnya pulau Sumatra. Sepanjang perjalanan dari Lampung ke Sabang ada tujuh spot produsen kopi yang dieksplorasi. Mengunjugi produsen kopi merupakan bagian dari eksplorasi kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Perjalanan pembuka di hari pertama menempuh jarak hingga 567 km dari Jakarta menuju Liwa. Liwa termasuk wilayah Lampung Barat memiliki hawa yang sejuk. Selain itu juga menghubungkan tiga wilayah yaitu Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Perjalanan yang terjal merupakan tantangan bagi Terios beserta Tim.

Dalam perjalanan dari Lampung sampai Sabang Tim Terios mengunjungi tujuh produsen kopi yang terkenal sampai mancanegara. Perjalanan tersebut membutuhkan waktu selam 14 hari. Selain melihat keindahan alam sepanjang rute perjalanan tim juga melakukan kegiatan CSR. Kegiatan CSR meliputi memberi bantuan kepada Posyandu Binaan dan memberikan bantuan UMKM di wilayah Bengkulu dan Medan. Selain itu juga menguji performa Terios yang memang diperuntukkan untuk berbagai medan terjal, serta kampanye Terios sahabat petualang.

Terios mengeliling Jawa, Bali , Lombok, Sumbawa : Terios 7 Wonders Hidden Paradise

Seperti tahun sebelumnya Daihatsu Terios juga akan menguji kendaraan Terios. Kali ini Tim Daihatsu mengajak media dan blogger. Para blogger ini ikut harus melalui seleksi yaitu lomba mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi. Dan terpilihlah tujuh blogger yang ikut dalam perjalanan Terios 7 wonders dan hiiden paradise. Yang asyik bagi para blogger usai perjalanan ini ada lomba lagi yang hadiahnya pun bikin ngiler. Di pilih lima pemenang dan 25 finalis diajak ke acara Sahabat Daihatsu akhir tahun 2013. Alhamdulillah saya termasuk kelima pemenang lomba setelah acara perjalanan ini.

Daihatsu Terios 7 Wonders 2013 menempuh 2.566 Km.Mengusung tema Hidden Paradise, sebanyak 7 unit Terios telah disiapkan untuk mengarungi, menikmati dan menemukan surga-surga tersembunyi sepanjang perjalanan. Perjalanan dimulai pada tgl 30 September 2013, dengan rute Jakarta-Sawarna-Merapi-Tengger-Baluran-Rambitan-Dompu dan berakhir di Pulau Komodo pada 12 Oktober 2013. Ekspedisi Terios 7 Wonders Hidden Paradise diharapkan dapat memberikan informasi berbagai tempat wisata yang jarang dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Rombongan memulai tur 14 haridengan berkumpul di Sentul City, Bogor, dengan mengarah ke Sukabumi dan berakhir di Sawarna, Lebak, Banten, di hari pertama ini. Daihatsu Terios 7-Wonders Hidden Paradise merupakan rangkaian tur dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk menguji ketangguhan dari Daihatsu Terios dan mengeksplorasi sejumlah lokasi wisata yang masih tersembunyi di Jawa, Bali, Lombok dan Flores.

Melewati wilayah perbukitan di Palabuhan Ratu, rombongan dimanjakan dengan keindahan pemandangan pesisir pantainya yang dapat dilihat di sepanjang jalan menuju pantai Sawarna. Keindahan pantai yang masih bersih membuat rombongan memutuskan untuk menikmati terbenamnya matahari, sekaligus bermalam untuk beristirahat sebelum melenjutkan perjalanan di kemudian hari.

Perjalanan dari kota Jogjakarta menuju Desa Kinahrejo. Sesampainya di lokasi, rombongan disambut dengan alunan musik gamelan Jawa beserta tarian Kuda Lumping. Tim CSR dan seluruh tamu undangan dan peserta tour secara bergilir melakukan penanaman 10.000 pohon secara simbolik untuk menghijaukan kembali desa yang sempat terporak-porandakan akibat musibah meletusnya Gunung Merapi pada November 2010.

melakukan Lava Tour di Desa Cangkringan yang berada di kaki Gunung Merapi. Di sana terdapat bangkai sebuah mobil dan sejumlah sepeda motor yang hancur akibat terjangan ‘wedhus gembel’ alias awan panas saat bencana terjadi. Perjalanan Lava Tour Cangkringan diwarnai tanjakan terjal dengan permukaan berpasir. Tim sangat beruntung karena mengendarai SUV tangguh dan handal
Total perjalanan rombongan hingga hari ke-5 lebih dari 1000 km. Setibanya di lokasi rombongan langsung menginap di dalam tenda di pinggir danau Ranu Pani, Tengger. Di pagi hari itu juga para Sahabat Petualang beserta perwakilan dari ADM memberikan sumbangan berupa peralatan kebersihan yaitu sejumlah sapu lidi dan tempat sampah, agar lokasi wisata di kawasan TNBTS selalu terjaga kebersihannya. Ini merupakan bagian dari CSR, sambal menyelam minum air, sambil jalan-jalan bagi bagi alat kebersihan.

Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Namanya diambil dari nama gunung Baluran yang berada di daerah tersebut.Taman ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Wilayah Taman Nasional Baluran dijuluki “Africa From Java” dan dibuat sealami mungkin. Praktis tidak ada pencahayaan sama sekali dan tim hanya mengandalkan sorot lampu senter untuk memantau apa saja yang ada di sekitar tim. Tim cukup beruntung karena dapat melihat beberapa ekor rusa yang berkeliaran di alam bebas sedang menjalani aktivitasnya walau hanya dari jarak jauh. Setelah itu Tim pun melanjutkan perjalanan 14 hari tim untuk meninggalkan pulau Jawa dan menuju Pulau Dewata.
Setibanya di pelabuhan Ketapang, rombongan pun menyebrang ke Bali menggunakan kapal ferry. Sampai di pelabuhan Gilimanuk, rombongan langsung merapat ke rumah makan terdekat untuk mengisi perut. Sajian ayam betutu, kuliner khas Bali, langsung menyapa rombongan di saat santap siang tersebut. Makan siang selesai, rombongan melanjutkan perjalanan meninggalkan Gilimanuk menuju Kuta. 

Esok paginya rombongan harus kembali bertolak menuju Mataram. Kemudian menuju Desa Sade yang merupakan suku Sasak suku asli Lombok.  Setelah itu CSR memberikan kali ini berupa peralatan sekolah kepada SMA Almashyudin Kawo, Kecamatan Pujut, Lombok TengahDestinasi berikutnya adalah Dompu yang terletak di pulau Sumbawa. Di pulau ini terkenal dengan pantai Lakey dan susu kuda liar sumbawa dan madu. Untuk mencapai Lakey rombongan dari Lombok menyebrang ke pulau Sumbawa. Tujuan terkahir dari hidden paradise ini adalah pulau Komodo melewati pelabuhan Bajo yang cukup ramai.

 Tahun 2014 Terios Keliling Sulawesi : Terios 7 Wonders Amazing Celebes

Setelah tahun 2012 yaitu berkeliling sumatera sedangkan tahun 2013 keliling Jawa, Bali, Lombok, Flores. Nah tahun berikutnya tahun 2014 berkeliling Sulawesi dengan tagline Amazing Celebes. Perjalanan ini sengaja di gelar untuk membuktikan ketangguhan mobil dengan kapasitas tujuh penumpang tersebut dalam menaklukkan kontur jalan di Indonesia kali ini di Sulawesi.
Ekspedisi ini juga akan menceritakan keindahan alam dan eksotisme budaya Sulawesi kepada khalayak. Adapaun perjalanan ekspidisi Terios 7 wonders Amazing Celebes terdiri dari 5 Terios tipe TX M/T dan 2 Terios tipe TX A/T dengan jumlah peserta 13 orang dari media, blogger dan tim Daihatsu.

Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 3000 km atau selama 12 hari. Perjalanan akan dimulai dari Manado Sulawesi Utara dan berakhir di Kepulauan Wakatobi Sulawesi Tenggara. Ekspedisi ini akan melewati kondisi jalan dengan mengunjungi tujuh destinasi eksotis dengan karakter alam dan budaya khas Sulawesi.

Berikut tujuh etape yang akan dilalui oleh Tim Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage. Etape pertama, Manado menuju Tompaso, dilanjut etape kedua dari tompaso ke Torosiaje, dan dilanjut etape ketiga dari Torosaje menuju Polewali Mandar, serta etape keempat dari Polewali Mandar ke Pare-pare. Setelah etape kelima dilanjutkan kembali dari Rantepao menuju Bulukumba, dan etape Keenam dari Bulukumba menuju Kajang serta terakhir Kendari.

Tahun 2015 Terios Keliling Kalimantan : Terios 7 Wonders Wild Adventure Borneo

Astra Daihatsu kembali menggelar Terios 7 Wonders yang kali ini akan berkeliling ke pulau Kalimantan. Tema yang diusung “Wild Adventure Borneo” dan mengeksplor kekayaan alam Kalimantan. Kalimantan menjadi tujuan dari tim Terios karena pulau yang unik memiliki makanan khas, flora dan fauna yang khas. Selain itu memiliki spot-spot keindahan alam.

Ada 10 rute yang dilalui dengan jarak 2000 km, dan dilakukan selama 10 hari. Kali ini tim Terios mengajak blogger melalui lomba blog serta mengajak travel blogger. Selain para blogger ada tim dari Daihatsu dan media. Perjalanan mulai dari Palangkaraya menuju Kruing sepanjang 184 km, dilanjutkan menuju Banjarmasin dengan trek 375 km. 

Perjalanan berlanjut ke Tanjung melintasi Pulau Kaget dan Kandan tempat satwa Bekantan, dilanjutkan dengan ke Amuntai sampai Balikpapan dengan trek 359 km. Perjalanan berikutnya tujuh Daihatsu Teros akan berkunjung ke Samarinda dengan jarak 116 km. Setelah itu dilanjutkan menuju Sangata sampai Berau sepanjang 335 km lalu ke Meratua menulusuri sungai. 

Tim Terios Mengenalkan Pariwisata Indonesia

Tim Terios 7 wonders merupakan mobil pertama yang melakukan perjalanan keliling Indonesia dalam bertahap. Terios 7 wonders mengenalkan pariwisata di Indonesia dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Lombok, pulau Komodo, Sumbawa. Mulai dari wisata pantai, gunung, flora, fauna, makanan khas. Selain itu juga menguji coba kendaraan Terios di segala medan baik jalan yang terjal, datar, berliku-liku hingga jalan yang menanjak. Selain itu, ada pula CSR dengan misi nya untuk kegiatan sosial. Hal ini menujukkan bahwa perusahaan astra yang diwakili anak usaha tidak hanya mementingkan profit semata tetapi juga tanggung jawab sosial.

Saran untuk Tim Astra Daihatsu Motor

Saran saya untuk Tim Terios pada perjalanan berikutnya, yang belum ada adalah kepulauan Maluku dan Papua. Untuk Maluku mungkin tak punya jalan darat yang panjang. Sedangkan Papua bisa jadi alternatif Tim Terios berikutnya. Destinasi wisata di Papuacukup banyak bisa pegunungan, sarang semut, alat budaya, buah merah dll. Untuk CSR lebih banyak lagi kegiatannya. Cocoklah kalau tim Terios ini sambil menyelam minum air. Nanti bisa pakai The Beatiful of Papua atau apa Papua The Gold Island atau yang lain.

2 komentar:

  1. Terios ini emang tampilannya gagah ya Mba, dia dibawa traveling oke banget deh..

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates