Jumat, 27 Januari 2017

Alat Perang Untuk Membuat Konten Blog Makin Ciamik

Share it Please
Blog ini saya buat awalnya adalah untuk mengabadikan moment jalan-jalan saya. Sehabis lulus kuliah banyak waktu untuk mengeksplor wisata disekitar saya. Paling banyak tulisan wisata saya mengenai wisata yang ada di Solo maupun Karanganyar tempat tinggal saya. Rasanya juga pengen kayak blogger traveler yang bisa jalan-jalan gratis hehe itu secuil keinginan saya. Tapi niat saya sebenarnya adalah mengabadikan tiap jalan-jalan ke dalam blog dan dapat di nikmati pembaca, selain itu mempromosikan wisata daerah.

Alat perang blog

Dengan perkembangan waktu saya setelah selang dua tahun lulus saya menikah. Pada awalnya suka jalan-jalan jadi jarang karena menyesuaikan kondisi dan waktu suami saya. Nah urusan ngeblog sewaktu belum menikah saya menggunakan laptop ibu saya. Setelah menikah saya menggunakan laptop suami saya ASUS intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor sudah di beli sejak dua tahun lalu. Laptop Asus A43E merupakan laptop Asus intel i3 kepunyaan suami saya. Kelebihan dari Asus Intel i3 adalah grafisnya dan loadingnya cepat. Saya yang suka jalan-jalan sendirian dan kadang bersama teman kini jalan-jalannya bersama suami. Nah selain jalan-jalan alias piknik bersama suami saya juga sering memasak untuk suami.

laptop asus intel i3
 Hobi saya yang jalan-jalan berubah menjadi masak memasak. Dan semakin asyik karena suami saya juga hobi memasak. Kadang ide terlontar dari suami saya dan kami megekskusinya berdua jadilah makanan. Dan karena ide blog seringnya keluar dari jalan-jalan kini berubah menjadi masak memasak. Hobi saya yang wisata alam, wisata kuliner masih tetap saya jalani. Tetapi untuk blog yang harus saya isi saya memanfaatkan menu masakan yang saya masak untuk di tulis di blog.

Tujuan menulis resep masakan adalah mengabadikan masakan yang pernah saya masak ke dalam blog. Selain itu juga membagikan cerita masak kepada para pembaca.

Saya pun menggunakan notebook punya suami saya untuk melakukan penulisan ke blog. Namun karena intensitas pekerjaan suami saya sebagai guru semakin padat. Dia juga membutuhkan laptop untuk di bawa kekantor dan akhirnya saya sendirian dirumah tanpa menggunakan laptop. Rasanya sepi tanpa negblog, saya hanya bisa ngeblog ketika laptop tak digunakan suami saya.

Akhirnya saya disuruh membeli laptop. Di suatu pameran laptop di Solo kami pergi berdua untuk memilih netbook atau laptop. Pertama kali yang disarankan suami saya adalah membeli laptop Asus karena Asus sudah teruji yaitu laptop yang di miliki suami saya. Nah setelah tanya harga kesana kemari akhirnya saya membeli laptop Asus. Sekarang laptop yang saya gunakan untuk mengetik ini adalah laptop Asus X200M intel.
Asus x200m
Selain laptop saya juga membutuhkan HP untuk mengambil gambar dalam acara blogging. Saya juga memiliki HP merek Asus yaitu Asus zenfone 6 . HP ini saya miliki dua tahun lalu. HP Asus juga banyak membantu saya kalau sedang blogging. Kadang saya juga memakai HP Asus untuk mengambil gambar dan editing gambar Asus kemudian baru ditransfer lewat laptop. Namun terkadang saya blogging lewat HP Asus. Banyak sekali kelebihan dari merk Asus ini.

Dari jalan-jalan berubah ke ngeblog

Jalan-jalan disebuat tempat misalnya yaitu jalan-jalan ke danau Sarangan nah untuk membuat artikel tentang danau Sarangan saya membutuhkan laptop untuk mentransfer poto kemudian mengedit. Saya sering mengedit atau meri-size foto dengan paint. Inilah cara paling mudah menurut saya yang awam menggunakan aplikasi laptop.

Ada beberapa fitur di paint yang saya sukai selain untuk mengecilkan ukuran, yaitu croping, karena croping dapat memotong gambar yang tidak disukai. Sebenarnya cukup simple untuk menggunakan aplikasi ini. Dan aplikasi ini sudah ada di laptop. Sedangkan untuk edit yang lain saya kadang menggunakan edit HP. Saya ingin mengunggah software yang menggunakan kecepatan besar. Oleh sebab itu dibutuhkan laptop dengan kekuatan mumpuni.

Selain itu untuk print screen dari sebuah artikel yang ada di internet kadang saya juga menggunakan. Untuk mengetik dan untuk mengunggah artikel saya juga menggunakan laptop Asus. Sedangkan di HP Asus saya juga menggunakan beberapa poto editor untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.

Dengan menggunakan beberapa media diharapkan ngeblog bisa menjadi semakin kreatif. Di cerita di atas saya berkisah tentang cerita blog saya bagaimana saya ngeblog dengan cara sederhana. Ternyata kini blogging tak sekedar kata kata yang teruntai, melainkan menggunakan beberapa aplikasi yang bisa menambah desain grafis blog. Baik tampilan blog itu sendiri maupun isi dari blog itus sendiri. Untuk itu cara membuat konten kreatif yang sederhana harus segera diubah. Bagaimana cara mengubah konten sederhana menjadi konten kreatif? Dibutuhkan beberapa bekal salah satunya adalah Laptop.

Pertama yang kita butuhkan adalah perangkat elektronik

Laptop/Notebook merupakan barang penting untuk kegiatan blogging. Saat ini saya menggunakan Laptop Asus X200M. Dengan intel inside, saya bisa melakukan banyak hal. Hal yang dapat saya lakukan adalah mengetik dan mengedit gambar. Namun ketika saya ingin membuat infografis di canva.com tiba-tiba kemampuan laptop menurun sehingga diperlukan laptop yang mempunyai kecepatan diatas laptop Asus X200M.

Nah ternyata Asus sudah memiliki produk yang mempunyai spek tinggi sehingga apabila saya memilikinya saya tidak akan susah lagi. ASUSPRO P2430U hadir dengan kinerja terbaik dengan menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-6. Selain kinerja tinggi, prosesor seri ini juga menawarkan efisiensi energi yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pengguna juga bisa menggunakan grafis Nvidia GeForce seri 900 yang dibuat berbasis arsitektur Maxwell yang punya performa grafis mumpuni.

Asus P2430U

Yang kedua adalah HP

HP atau ponsel memiliki peranan penting juga dalam pembuatan konten kreatif. Bagi yang tidak memiliki laptop bisa menggunakan HP utnuk blogging. Nah bagi yang tidak mempunyai kamera juga bisa menggunakan HP untuk menunjang kegiatan blogging. Lalu setelah tersimpan di galeri HP otomatis untuk blogging lebih enak ya dilakukan di depan laptop. Untuk mentransfer data dari HP ke laptop maka harus ada USB nya.

Sebagai fasilitas input/output, ASUSPRO Essential P2430U menyediakan 4 buah port USB. Di atas jumlah rata-rata port notebook mainstream yang punya 3 atau kadang hanya 2 buah. Yang menarik, tiga port di antaranya adalah USB 3.0 yang menawarkan kecepatan transfer data 10 kali lipat lebih cepat dibanding USB 2.0. Tak hanya itu, salah satu port USB 3.0 tersebut juga mendukung USB Charger+ untuk memudahkan pengguna melakukan charging gadget mereka. Laptop Asus ini juga dilengkapi lubang USB maka kita tidak perlu susah payah kalau ternyata colokan USB digunakan perangkat lain misal mouse, flasdisk. Masih kebagian donk.

Oh ya selain mentransfer gambar HP juga bisa digunakan untuk membuat infografis sederhana salah satunya adalah mengunduh beberapa aplikasi di playstore. Diantara aplikasi yang dapat membantu yaitu Collage maker, Font studio, Picsay pro, Sketsa, Textgram, Photo grid.

Aplikasi gambar

Flashdisk

Flashdisk berguna untuk menyimpan data yang sudah kita buat. Misalnya ya saya kadang menggunakan laptop suami saya untuk mentransfer data ke laptop saya maka saya menggunakan flasdisk. Flasdisk juga berguna menyimpan data ketika kita pergi ke warnet saat tidak punya kuota internet.

Modem

Modem ini merupakan salah satu perangkat penting yang harus digunakan dalam pembuatan konten kreatif didalam blog. Nah modem bisa menggunakan modem yang khusus untuk internet maupun menggunakan HP. Sedangkan saya menggunakan modem HP, karena modem yang biasa saya pakai rusak.


Perangkat lunak/Software dan aplikasi

Blog

Seorang blogger wajib mempunyai blog. Banyak platform yang menyediakan blog gratisan contohnya blogspot, wordpress, kompasiana, tumblr dan blogdetik. Mereka mempunyai ciri khas masing-masing. Saya sendiri menggunakan blogspot untuk membuat konten. Selain itu saya juga aktif dikompasiana. Blog adalah tempat penting yang akan kita gunakan untuk branding diri. Jadi untuk mempercantik blog harus menggunakan template yang bagus.

Nulis blog
Ada banyak gratisan template yang tersebar didunia maya yang gratis. Nah jika kita ingin mengubah templete harus pandai menggunakan kode HTML yang cukup rumit. Jika tidak mau pusing bisa pakai gratisan tau beli. Nah yang perlu diperhatikan adalah tampilan blog menarik pembaca dan SEO friendly.

Karena harus berlama-lama mantengin yang namanya html atau nulis maka butuh laptop yang membantu agar mata kita tidak lelah. Asus P2430 ini hadir dengan tekstur brushed-hairline aluminum pada body notebook, ASUS masih menambahkan lapisan scratch-resistant coating pada panel LCD-nya. Layar tersebut pun telah dilengkapi dengan fitur anti glare agar layarnya semakin nyaman dipandang mata dan tidak memantulkan bayangan khususnya dari belakang pengguna, serta tidak cepat membuat mata lelah.

Aplikasi menggambar dan desain grafis

Ada seorang blogger yang langganan menang lomba blog karena kontennya cukup kreatif dan infografis cukup menarik. Saya bertanya pada beliau bagaimana rahasianya. Nah katanya dia mendesain menggunakan beberapa aplikasi yaitu Correl Draw, Photosop, 3 D max dll. Nah semua itu perlu menggunakan laptop yang mumpuni agar bisa menggunakan aplikasi 3 D max.

Aplikasi online diinternet yang bisa digunakan untuk infografis salah satunya adalah canva.com . Saya sendiri sudah mencoba tapi kadang laptop suka nge-hang. Jadi solusi saya hanya mepercantik blog menggunakan beberapa aplikasi di HP. Lagi-lagi laptop besutan Asus ini membuat solusi agar laptop tak mudah nge-hang. Seluruh lini produk ASUSPRO Essential P2430U sudah menggunakan prosesor mutakhir dari Intel yakni Intel Core generasi ke-6, mulai dari Core i3 sampai i7. Untuk mendukung grafis, ASUS menyediakan dukungan grafis yang mumpuni yakni discrete graphics berbasis Nvidia GeForce 920M. Grafis ini tentu akan sangat membantu para profesional yang juga banyak bekerja dengan multimedia.

Selain itu, memori utama DDR4 sebesar 4GB yang terpasang juga bisa ditambah kapasitasnya. Sebanyak 2 slot memori yang tersedia bisa menampung RAM hingga sebesar 16GB. Kemampuan ini memastikan ASUSPRO Essential P2430U dapat mendukung produktivitas mobile penggunanya, termasuk saat hendak menyelesaikan pekerjaan secara multitasking.

Membuat tulisan diblog

Bagi para blogger untuk menulis di blog membutuhkan ide-ide yang akan direalisasikan. Ada sih blogger yang tulisannya mengalir bak wartawan yang selalu sedia dengan tulisannya. Namun tak sedikit blogger yang melakukan beberapa langkah sebelum menulis konten. Berikut adalah cara saya membuat konten di blog. Saya berusaha untuk mengikuti pakem saya, namun jika ada pakem orang lain yang lebih baik saya bisa mencontohnya

Ide

Mencatat ide

Ide ini adalah pokok pikiran dari blog sendiri. Misalnya kalau diblog saya tentang memasak ikan tongkol maka ide nya ialah bagaimana membuat resep ikan tongkol. Cara penulisannya jangan sampai mirip dengan resep yang sudah bertebaran. Atau saat mau jalan-jalan atau traveling kita sudah bisa menentukan ide menulis yaitu kemana saja akan pergi. Sebaiknya ditulis terlebih dahulu ide tersebut sebelum kabur ditelan lupa. Tulis ide pokok yang penting-penting terlebih dahulu.

Menulis

Menulis blog bisa dilaksanakan di HP, ataupun di Laptop. Nah di laptop gunakan Microsoft word bagi yang menggunakan Microsoft. Kemudian jangan langsung di copas di halaman blogger. Bisa di copas dulu ke note baru ke dashboard blogger. Hal ini sering saya lakukan. Dalam menulis sediakan ide, selain itu baca-baca referensi. Kadang menulis dan membaca referensi kemudian upload poto membutuhkan waktu yang lama. Agar kita tak repot mengisi ulang baterai maka diperlukan laptop yang memiliki daya yang besar. Nah laptop Asus ini juga mempunyai daya yang cukup tinggi. Selain itu menambahkan gambar dan video untuk mempercantik artikel blog.

Setelah selesai menulis jangan lupa posting dan share.

Setelah postingan selesai share ke media sosial yang dipunyai dan komunitas yang di ikuti agar menambah pembaca dan blogwalking dari blogger lain

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.



39 komentar:

  1. Untuk mewnjadikan suatu Konten kreatif maka harus seimbang antara gadget sbg alat dengan kemampuan usernya..

    BalasHapus
  2. Halo Suceng...
    Blog kamu ini sangat3... Lucwuuk...
    Salam...
    -Bidadari cantik-
    Di dunia peri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih dit...sering2 ke blogku ya

      Hapus
  3. betul juga nih, saat ganti template sebuah blog kita butuh waktu lama mantengin layar, butuh laptop yg mendukung spy mata gak cepet capek ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak apalagi kalau ngutek2 html

      Hapus
  4. Kalau mau buat konten yang kreatif memang perlu alat2 tempur ya mb. Termasuk pc atau laptop. Merk asus bagus juga ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak aku juga pakenya asus, tapi speknya masih rendah

      Hapus
  5. Lengkap nih alat tempurnya mba. Tapi aku belum punya semua nih mba

    BalasHapus
  6. Perangkat elektronik memang penting sekali, untuk menunjang aktifitas kita ngeblog

    BalasHapus
  7. bikin tulisan utk blog aja udah effort banget yaaah menguras pikiran, kalau didukung perangkat yg canggih memang mempermudah kerja kreatif blogger banget yaaah. makanya suka ngincer kalau ada lomba blog berhadiah laptop atau kamera canggih tp praktis, atau smartphone terkeren yaaah mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, pengen dapet laptop gratisan juga...yang penting usaha

      Hapus
  8. Wah aku mau dong laptop baru yg mumpuni, yg skrg jg uda mulai empot2an kl buka sotosop ama video editor :D

    BalasHapus
  9. Alat perang pastinya modem high speed tetapi juga jangan lupa konten sesuai jaman.

    BalasHapus
  10. Haha alat perang yang kudu punya blogger nih..So far sih saya ngeblog lewat tablet sama hape.

    BalasHapus
  11. jadi blogger emang wajib banget punya beragam alat perang ya mba, terutama laptop yang kuenceng, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak...makasih sudah berkunjung

      Hapus
  12. Yay, saya juga pakenya ASUS...layarnya 17 inchi..pengen punya yang lebih gede lagi biar enak kalau ngedit photo :) ASUS kerenlah...

    BalasHapus
  13. laptop yang mumpuni, itu harus ya Mbak, :)

    BalasHapus
  14. Waduh alat perang blognya pakai asus semua ya mba.. bagus ya produknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak selama ini pakai asus alhamdulillah baik2

      Hapus
  15. keren ya asusnya mak, laptop saya masih Intel Celeron

    BalasHapus
  16. bikin iri nih yang pake asus ini, nyesel kemaren beli merk lain wkwkwk

    BalasHapus
  17. ternyata pakai laptop juga,,, saya juga pake Asus, dari Smartphone, netbook sampai leptop hihihi


    bisa dibilang "Penikmat ASUS garis Keras"

    BalasHapus
  18. liat ini jadi sedihh
    Laptop saya error dah.Alat perangnya udah karatan, hahaha
    Walhasil emang sering gagal perang deh :P
    Oya, goodluck ya mbak.

    BalasHapus
  19. Alat perangnya sarung? Hahaaa.... Aku juga pake laptop Asus.

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates