Selasa, 24 Januari 2017

Inilah Spesifikasi Yamaha R15 Jagonya Motor Sport

Share it Please
Persaingan dalam memproduksi motor sport kini kian memanas. Produsen motor asal Jepang, Yamaha, pun tak ketinggalan. Dengan mengadopsi desain Moto GP  sebagai jagonya motor sport. Yamaha mengeluarkan keluaran motor sport. Kalau sering atau pernah menonton balapan moto GP maka akan tahu keluaran terbaru Yamaha Motor Sport mirip dengan desain sepeda motor yang digunakan pada ajang balapan moto GP. Keluaran baru Yamaha motor sport yaitu Yamaha R15 dan R25.

Yamaha R15
Sebelum memproduksi motor sport ala Moto GP, dari tahun baheula Yamaha sudah mengeluarkan model motor sport. Bapakku dulu juga memiliki produk Yamaha motor sport ini. Kalau dulu saya menyebutnya “pit motor lanang” sepeda yang biasa di naiki laki-laki maksudnya. Selain itu juga Pakde saya yang penggemar motor sport pernah membeli Yamaha R15.

Bagian bagian yamaha

Yamaha R15 memiliki inovasi dan teknologi yang canggih. Motor Yamaha ini, hadir untuk menyasar pada segmen motor sport dengan dibekali desain DNA R series macho dengan dual fairing dan spesifikasi ampuh dengan mesin berkapasitas 150cc.

Harganya cukup murah diantara motor sport yang ada di Indonesia. Produk sebelum Yamaha R15 yang sudah memasyarakat aalah Yamaha Vixion, nah desain Yamaha R15 juga mengadopsi dari sepeda motor tersebut. Yamaha R15 terlihat lebih perkasa dari Yamaha New Vixion.

Sedikit berselayang pandang mengenai produk-produk motor sport (motor lanang) yang di produksi Yamaha dari tahun ke tahun.

Pada tahun 1976 Yamaha Indonesia meluncurkan motor sport-jantan pertamanya yaitu Yamaha L2. Bermesin 2-tak, kapasitas 100cc. Pada tahun 1980 yaitu Yamaha L2-G, masih berkapasitas 100 cc dan bermesin 2 tak. Tahun 1984 lagi versi terakhir Yamaha L2 yang diberinama L2 Super.
Produk motor yamaha

Setelah era "L" berakhir kini hadir seri "AS", yaitu Yamaha AS3 Twin yang bermesin ganda, beredar di kota Medan pada tahun 70-an. Pada tahun 1976 ini Yamaha memperkenalkan species terbaru Yamaha yang memiliki style sebagai sebagai motor kencang, yaitu Yamaha RX125 Twin. Tahun 1977 Yamaha Indonesia kembali meluncurkan motor sport ber kapasitas 100cc, yaitu Yamaha RS 100.    Kemudian tahun1977, seri "RX" hadir lagi, tapi dengan kapasitas mesin tetap  100cc.

Tahun 1979 hadir kembali versi RX 125, kali ini bermesin tunggal, lebih ringan, lebih bertenaga dan cepat disukai orang. Kemudian Yamaha RX-K yang berkapasitas 135cc. Kapasitas mesin membengkak menjadi 135cc. Inilah yang jadi cikal bakal Yamaha RX King. Yamaha RX-K adalah tunggangan yang keren pada masa itu.. lalu RX100, kemudian RX-K dan diteruskan dengan RX-S di tahun 1981.
Yamaha motor

Tahun 1983 Yamaha Indonesia terus mengeluarkan seri "RX"nya. kali ini diberi nama "Special" . Nama Istilah Special yang disandangnya agak membingungkan juga, special sebagai lanjutan RX-S atau special punya makna lain. Kemudian RX King.

Tahun 1988 Yamaha RZ-R,. Kapasitas mesin 135cc adalah cc yang besar. Species baru dari Yamaha inilah yang layak disebut "raja" di masa 90-an. Memiliki tenaga kuda sebesar 21 hp tentunya sangat mengerikan buat yang mencobanya. Kapasitas mesin 135cc dengan raungan mesin dan suara knalpot yang dahsyat, menggetarkan saingan-saingannya. Karena kesuksesan dan kedahsyatannya Yamaha RX-Z ini pun dalam 4 tahun hadir sebanyak 4 generasi.

Memasuki era modern Yamaha pun mulai beralih ke mesin 4-tak, tidak tanggung-tanggung Yamaha langsung menggebrak dengan mesin besar berkapasitas 225cc yaitu Yamaha Scorpio. Yamaha New Scorpio Z (2010-2013) Tahun 2010 Nasib Yamaha Scorpio yang tersendat- sendat, harus di"baru"kan alias dihadirkan versi terbarunya, yaitu Yamaha New Scorpio Z.

Tahun 2010 ini Yamaha meluncurkan species baru bertipe sport-naked-touring-bike, yaitu Yamaha Byson yang berkapasitas 150cc. Yamaha meluncurkan satu lagi juga bertipe sport-touring-bike, yaitu Yamaha V-Ixion atau biasa disebut "Vixion
Sepeda motor yamaha

Pada tahun 2012, melanjutkan kesuksesan Yamaha V-Ixion, Yamaha Indonesia kembali meluncurkan Yamaha New Vixion. Pada tahun 2014, meluncurkan sport-jantan-supernya, yaitu Yamaha R15. Selain itu juga menghadirkan Yamaha R25. Kali ini saya akan membahas tentang Yamaha R15.

Membedah Yamaha Motor Sport , Yamaha R15


Terlalu lama bercuap cuap, yok mari lihat spesifikasi dari Yamaha R15 ini memeiliki desain modern dan sporty dengan DNA R Series yang mirip dengan R 6. Selain itu dilengkapi dengan fairing dual layer yang aerodinamis. Dengan lampu depan ganda akan memberikan pencahayaan yang optimal.

Selain itu juga lampu belakang di lengkapi dengan LED dengan bentuk runcing sehingga membuat lampu belakang lebih terang. Kemudian di lengkapi dengan emblem knalpot yang bertuliskan R15 selain itu dilengkapi dengan pelindung knalpot yang terbuat dari karbon. Jok dari Yamaha R15 yaitu split seat double jok khas motor sport menjadikan motor ini semakin elegan. Jok pada sepeda ini terpisah antara pengemudi dan penumpang, pada bagian jok belakang lebih tinggi dibanding jok depan.

Yamaha R15

Memiliki motor sport yang aduhai tentunya harus dilengkapi pengamanan yang cukup, Yamaha R15 ini dilengkapi dengan Laser cut key dan shutter key memberikan keamanan ganda bagi penggunanya. Jadi tak ada rasa was-was ketika memparkir kendaraan ini. Desain delta box yang kokoh dan stabil membuat pengendara tetap aman ketika berkendara walaupun bodi sepeda motor besar. Dengan kecepatan kencang pun tetap stabil karena mengadopsi teknologi MotoGP Yamaha. Roda pada Yamaha ini dilengkapi dengan velg palang lima yang kuat dan dinamis dan ban belakang tapak lebar.

Yamaha R15 ini akan dibekali mesin  berkapasitas 150 cc yang artinya, dengan mesin tersebut maka motor ini akan mampu memberikan daya dorong yang begitu kuat sehingga mampu melesat dengan cepat. Dilengkapi juga tangki yang berkapasitas 12 liter. Tak sampai di situ saja, Yamaha R15 ini juga bakal dilengkapi dengan beragam fitur canggih dan modern untuk menunjang kenyamanan serta keselamatan penggunanya. Di sisi lain, masih banyak lagi keunggulan-keunggulan yang dimiliki Yamaha R15 ini.
Yamaha R15
Pada speedometer Yamaha R15 ini, terdapat panel digital dan panel analog. Terbagi menjadi 2 bagian kanan dan kiri. Bagian panel digital yang menampilkan indikator bahan bakar, kecepatan tempuh dalam hitungan Km/jam, dan di atasnya ada beberapa lampu indikator yang di antaranya indikator lampu netral, lampu sein, lampu tembak, dan indikator oli.

Speedometer

Bagian kanan Yamaha R15 inipanel analog desain membulat dan dilengkapi jarum penunjuk berwarna merah. Pada panel analog ini, akan menampilkan rpm yang ditunjukkan dengan jarum penunjuk dan angka-angka. Sehingga memudahkan pengemudi untuk melihat kondisi kecepatan maupun jumlah bahan bakar, sangatlah informatif.

Dimensinya, Yamaha R15 memiliki panjang 1.975 mm, lebar 660 mm, tinggi 1.070 mm dan berbobot 136 Kg. Untuk ketinggian tempat duduknya memiliki ukuran setinggi 800 mm, Yamaha R15 juga memiliki jarak terendah ke tanah setinggi 160 mm. Melihat ukuran tersebut Yamaha R15 ini cocok dikendarai di medan jalan apapun. Gambar dibawah ini merupakan posisi berkendara super sport. Bisa dilihat jarak ke tanah.

Posisi berkendara
Sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha R15 ini pun juga bakal disokong dengan suspensi yang kuat pula. Pasalnya, Yamaha R15 ini akan mengandalkan dua suspensi yang akan dipasang pada bagian depan dan belakang. Untuk sektor depan, menggunakan tipe suspensi Teleskopik sedangkan untuk suspensi bagian belakang akan menggunakan Link Type Monocross.

Di sisi lain, sektor kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha R15 ini juga akan dilengkapi dengan velg sporty yang akan terbalut dengan ban jenis tubeless. Di mana untuk ban depan, akan menggunakan ban tubeless berukuran 90/80-17. Sementara itu, untuk ban belakang akan menggunakan ban berukuran 130/80-17. Untuk rem depan menggunakan piringan cakram berdiameter 245 mm sedangkan pada bagian belakang 220 mm.

Kali ini beralih ke mesin dari Yamaha. Dengan mesin tipe SOHC 4 katup dengan silinder tunggal di mana mesin tersebut memiliki kapasitas hingga 150 cc dan berpendingin cair. Dengan mesin tersebut menimbulkan tenaga yang cukup besar, yaitu 12.2 kW setiap putaran 8.500 rpm dan mampu mencapai puncak torsi maksimum hingga 14.5 Nm setiap mencapai putaran 7.500 rpm. Yamaha ini dikenal juga irit bahan bakar.

Mesin yamaha

Harga Yamaha R15 cukup murah dengan kapasitas dan kemampuan yang baik. Sepeda ini di banderol sekitar tiga puluhan juta berbeda-beda tiap daerah. Yamaha ini memang motor yang keren dan kencang untuk dikemudikan

Spesifikasi Yamaha R15

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi    : 1975 x 660 x 1070 mm
Jarak Sumbu Roda  : 1345 mm
Jarak Terendah Ke Tanah  : 160 mm
Berat   : 136 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar   : 12 L

Mesin
Tipe Mesin   :  4-Stroke, SOHC
Volume Silinder  :  150 cc
Diameter x Langkah   : 57 mm x 58.5 mm
Kompresi   : 10.4:1
Tenaga Maksimal   : 12.2 kW @ 8500 rpm
Torsi Maksimal  :  14.5 Nm @7500 rpm
Transmisi   : 6-speed, return
Sistem Suplai Bahan Bakar  :  Fuel Injection
Tipe Kopling  :  Manual, Basah, Multiplat

Mesin yamaha r15

Rangka
Tipe Lengan dan Suspensi Depan  :  Telescopic Fork
Tipe Lengan dan Suspensi Belakang  :  Swing Arm
Rem Depan   : Disc
Rem Belakang  :  Disc
Ban Depan  :  90/80 R17
Ban Belakang   : 130/70 R17

Fitur
Headlamp   : Halogen
Tail Lamp :   LED

Sumber tulisan dan gambar 
http://planetmotocycle.blogspot.co.id/2015/09/sejarah-motor-sport-jantan-yamaha-di.html
https://www.semisena.com/8389/harga-yamaha-r15.html
www.yamaha-motor.co.id
Www.youtube.com
Gambar Koleksi pribadi

8 komentar:

  1. Wah... detail banget Mak reviewnya. Keren euy bisa sefaham ini masalah motor. Sukses ya Mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengerin video youtube nya mak, makasih udah berkunjung

      Hapus
  2. Cewek ngeriview motor? etdaaah keceee

    agnesiarezita(dot)com

    BalasHapus
  3. Dari dulu Yamaha terkenal dengan kecepatan ya..ulasannya cukup komprehensif..

    BalasHapus
  4. Motor impian nih mbak e hahaha , saya pengen punya punya motor fairing , btw thanks infomrmasinya mbak lengkap banget...

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates