Kamis, 05 Mei 2022

Wisata Belanja di Ngawi Belanja Mainan Anak dan Baju Anak

 Bismillah, hari ini hari ketiga di Mbah Ngawi. Pagi-pagi kami sudah bersiap-siap untuk pulang ke kampung halaman. Tetiba suami bilang, ayo kita jalan keluar.

Saya dan anak-anak ngikut aja. Persiapan untuk pulang ditunda. Suami mau mengajak belanja jaket untuk anak nomor 2 karena sudah lama dia tidak punya jaket hodie tebal. Anakku yang nomor dua hanya punya jaket biasa yang sering dipakai kalau keluar-keluar. 

mainan anak


Beberapa waktu lalu, kami bepergian dan anakku yang kecil masih pakai jaket itu, sepertinya dia kedinginan karena jaketnya tidak terlalu tebal, sejak saat itu kami bertekad untuk membelikan jaket untuk si kecil.

Nama tokonya Matahari, hehe mirip dengan nama Mall ya? tapi ini beda, kalau lihat di kemasannya, cabangnya ada di Sragen, Ngawi dan Caruban.

Di sini menjual pakaian dan sepatu anak maupun dewasa. Kami langsung menuju tempat jaket anak, pilih-pilih lalu saya cobakan ke anak nonor 2 dia awalnya agak kesusahan , tetapi akhirnya bisa. Setelah mencoba jaket, tantrumnya sedikit kumat. Maklum anak usia 3 tahun mudah tantrum. Aku lanjut membayar jaket dengan gerak cepat, sat set.

Di toko pakaian ini dia tantrum nangis ingin mainan semacam playdough, kalau kami biasa membeli fundoh. Kalau yang murah ada jenis plastisin, ya mirip itulah.

Langsung saja ke tempat jualan mainan dunia mainan namanya. Baru sampai depan parkiran rupanya sudah banyak berjajar sepeda motor pembeli. Nampaknya mereka mengantar anaknya untuk membeli mainan. Maklum saja, anak-anak baru dapat uang fitrah dari sanak saudara.

Setelah suami parkir, kami bergegas membeli mainan, langsung memilih mainan dan hanya sebentar saja di sana karena di dalam cukup rame.

Alhamdulillah akhirnya bisa membeli mainan.

Sampai di rumah mbah Ngawi, anakku yang nomor dua sudah molor duluan di sepeda. Wah dia tuh jago kalau naik sepeda di bonceng sering ketiduran.

Baru berbaring sebentar dia bangun, langsung deh mainan. Padahal sebelum lebaran dia sudah tak belikan mainan mobil-mobilan dan sudah saya ingatkan agar tidak beli mainan lagi ketika berkunjung di Mbah Ngawi, namun apadaya anak kecil kadang lupa nasehat orang tuanya.

Lanjut membaca →

Rabu, 04 Mei 2022

Libur Lebaran di Ngawi , Pergi Saja ke Taman Candi

Bagi warga kota Ngawi dan sekitarnya, bingung mau libur lebaran kemana? Coba tengok ke Taman Candi di Kota Ngawi.
bunga di taman candi 2020

Taman bunga yang membentuk kata Candi

Hari ini tepatnya hari Rabu tanggal 4 Mei 2022 Kami, yang beranggotakan 4 orang, siapa saja? Saya , suami dan 2 anak saya menuju destinasi wisata taman Candi.

Kalau ke Ngawi hampir jadi destinasi wisata yang wajib. 

Ada dua jalan untuk menuju taman ini. Saya biasa lewat jalan dekat rumah mertua saya. Tadi pagi sekitar pukul 8 masih sepi. Biasanya ada tukang parkir, tukang parkirnya ada yang tuna wicara jadi kita harus respon cepat ya.

Lalu kami menuju mainan anak-anak. Ada yang jungkat jungkit, ada yang main ayunan dll. 

Disamping mainan anak-anak ada banyak rimbunan pohon-pohon jati yang berjajar lurus, berasa kayak di hutan jati. 

hutan jati di dekat taman


Di sekitar taman ini banyak tanaman bunga yang ditanam, ada pula tanaman buah-buahan yang belum berbuah. 

Ada pula bendungan, seperti danau tapi kecil, ada yang menyewakan kapal model genjot, semacam bebek-bebekan.

Disana juga berjajar para penjual minuman dan makanan ringan. Ada yang jual es teh, es krim, mie ayam dll.

Lalu ada pula yang menyewakan sepeda otoped, sepeda roda 4, ada pula mobil-mobilan. Untuk otoped harga sewa 10 rb an. 

Dulu sebelum pandemi sempat ada mainan bergelantungan, eh apa sih namanya, yg lewati jembatan itu, tapi semenjak pandemi mainan itu di tutup.

Ada pula taman labirin, jadi kita berputar-putar hingga menuju tengah taman.
tempat beristirahat di taman candi


Tadi bapaknya anak-anak menyewa sepda otoped, kedua anak saya menaiki senang sekali dia. Lalu menyewa sepeda roda 4, mereka nampak senang. Yang besar malah  gak mau diajak pulang.

Dulu ada kereta yang juga di sewakan untuk pengunjung tetapi tadi saya lihat nggak ada. Ada pula yang menyewakan kuda. 

Untuk tiket masuk tidak dipungut biaya sepeser rupiah pun, sedangkan untuk parkir lupa tadi 1000 atau 2000

Sayangnya tadi saya lupa bawa HP, jadi mungkin poto-poto ini hanya pemanis saja, karena poto-poto lawas saat di Taman Candi Ngawi.

Agaknya hari sudah mulai siang, sengatan matahari mulai kurasakan pada kulitku. Padahal aku memakai baju tebal. Lalu kuputuskan untuk pulang. 

Lagi pula anak keduaku mulai rewel, minra gendong dan nangis.

bunga di taman candi

Lanjut membaca →

Selasa, 03 Mei 2022

Pengalaman Mudik Lebaran di Karanganyar dan Ngawi

Alhamdulillah, saya dan keluarga bisa mudik ke kampung halaman saya di kota Karanganyar Jawa Tengah. Saya dan dua anak saya dijemput oleh Mbahnya anak-anak. Hari Jumat H-3 lebaran kami sudah dijemput, seperti biasa Mbah Karanganyar menjemput dengan mobil panther kesayangannya. Jumat sore kami sudah sampai di rumah mbah Karanganyar. Berbeda dengan suami, yang baru menyusul sabtu malam.

Uang THR Uang Rupiah


Kemudian, hari Ahad adalah penentuan Hari Raya Idul Fitri 1443H. Ditetapkan sesuai sidang isbat bahwa tanggal 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022. Alhamdulillah. 


Pagi hari tanggal 2 Mei kami bergegas menuju lapangan. Lapangan yang digunakan merupakan halaman kantor uji keur. Nah karena tadi malam hujan jadi agak basah. Tapi tak mengapa, suara takbir menggema. Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar, la ila ha illallah allahu akbar wa lillahilhamd.


Kali ini aku sholat Idul fitri bersama ibuku, sedang kedua anakku sholat bersama ayah dan mbah kakung.


Kemudian H+1 , seperti biasa ada acara bakdan alias silaturahmi muterin desa ke rumah orang-orang. Kalau saya cukup berdiam di rumah bapak saya, atau ke rumah simbah. Biasanya tetangga-tetangga akan berkunjung di situ. Tadi pagi hari Selasa, kami merayakan lebaran dengan sanak saudara dari keluarga bapak. Masyaallah, banyak cicitnya ada kurleb 15 belum cucu dan cucu menantu serta anak dan menantu dari mbah saya, alias mbah buyut anak-anak.


Anak saya sangat senang bertemu dengan banyak saudara, sekaligus kaget karena tak biasanya berkumpul dengan banyak sanak saudara. Dia dapat pitrah ( angpao dalam bahasa  jawa solo) banyak. Tetap ya brangkasnya ibunya, eh tapi pas di rumah dimintalah jatah dia hehe, baru usia 6 tahun sudah paham uang ternyata. Kalau yang kecil baru usia 3 tahun jadi belum terlalu paham


Setelah selesai acara kunjungan silaturahmi kami menuju ke Ngawi, rumah ortu suami. Kami diantar oleh orang tua saya. Alhamdulillah sampai di Ngawi setelah ada drama di tol.


Ceritanya tadi, disuruh bapak saya mengisi e-money. Sudah saya isi pas tap di tol kok gak bisa saldo kosong, akhirnya tanya petugas dulu, dan akhirnya disuruh aktivasi di tol keluar Ngawi. Jadi nambah waktu perjalanan, tapi ya tidak mengapa yang penting sehat dan lancar sampai tujuan.


Sampai di rumah mertua, bapak dan ibu saya pamit. Alhamdulillah diantar bapak dan ibu sampai di Ngawi. 


Setelah itu lanjut ke rumah mbah buyut anak-anak. Di sana sudah agak sorean. Setelah berkunjung ke rumah mbah buyut dan saudaranya. Kami bergegas pulang ke rumah mbah Ngawi. Karena sudah magrib, kami pergi ke masjid Agung Ngawi untuk mampir sholat magrib. Giliran mau pulang ada aja yang ketinggalan. Coba apa yang ketinggalan? Jarik untuk menggendong anak saya ketinggalan, langsung tancap gas ambil jarik, walaupun harus muter pintu depan, karena pintu samping ditutup


Anakku yang pertama agak kesal karena dia inginnya pergi ke taman candi di Ngawi. Tapi apa daya hari sudah malam. Untuk pelipur sedih saya belikan es krim dan susu kotak di minimarket. Pas beli ada promo giliran bayar kok ketipu?  Pernah gak ngalamin seperti saya, sudah ada promo eh pas dibayar malah zonk.


Insyaallah besok akan berkunjung ke taman candi Ngawi, jangan lupa baca kelanjutan kisah mudik saya ya.



Lanjut membaca →

Rabu, 12 Agustus 2020

Pertama Kali Sholat Idhul Adha Saat New Normal


Sholat idul adha dengan protokol kesehatan, cek suhu badan , pakai masker jaga jarak per keluarga telah terlaksana. Alhamdulillah.


Sedikit cerita, sholatnya lapangan di samping rumah, berhubung tempat putri ada di gang selatan, 2 gang setelah rumah, maka harus muterin. 


Musa memakai faceshield. Anteng dia. Pas antri di cek suhu dia mendengar kambing mengembik. Padahal kambing sudah di kasih tirai hijab, masih sempat dia melihat kambing juga. Senangnya hati dia.


Sampai di tempat sholat. Lalu sholat. Pas sholat dia nangis, di ikuti bayi lain, langsung digendong diam. Pas Musa diam bayi lain ikut diam. Pas diturunkan nangis lagi gendong lagi. Suhu tubuh agak rendah karena hawa dingin. Jadi mungkin dia kedinginan. 


Kemudian mendengar tausyiah. Sedikit tausyiah tentang hari jumat. Hari jumat adalah dimana Nabi Adam diciptakan, dimasukkan kedalam surga. Pada hari jumat pula kiamat akan terjadi. Tentang ilmu. Lalu tentang ikhlas. Pas akhir-akhir ada nasehat untuk bersama pemerintah, bersama jamaah, saudara muslim lain yang seiman. Dinasehatkan pula bila wanita menjaga sholat lima waktu, menjalankan puasa di bulan Romadhon dan taat pada suami, udkhulul jannah, masuklah ke Surga..( maaf hanya sebagian, sebagian terpotong, sebagian lupa sebagian tidak fokus).


Musa sudah kode minta ASI. Ntar lah nunggu pulang. 


Pulang di kasih jalan yang berbeda dengan yang masuk tadi. Alhamdulillah sampai rumah. 


SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA

Lanjut membaca →
Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates