Kamis, 05 Februari 2015

Menikmati Segarnya Air Terjun Grojogan Sewu

Share it Please
Ingin berwisata alam di area Jawa Tengahtetapi bingung kemana. Segera tentukan untuk menuju wisata alam Air Terjun Grojogan Sewu. Air Terjun Grojogan Sewu ini, terletak di Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Air terjun ini berada di lereng gunung lawu sebelah barat.Terletak tidak jauh dari jantung kota Solo. Cukup dengan waktu sekitar satu jam dari Solo akan sampai ke tempat wisata ini. Sedangkan jarak dari jantung ibu kota karanganyar hanya sekitar 45 menit.

Air Terjun Grojogan Sewu 
Air terjun ini mempunyai tinggi beberapa meter. Terlihat tinggi dari kejauhan. Air terjun ini dingin dan menyegarkan membuat semua wisatawan betah di sana. Selain itu air terjun ini airnya bersih karena berasal dari mata air gunung.

Jika memulai perjalanan dari solo bisa menggunakan angkutan umum berupa bus. Bus jurusan solo-tawangmangu menjadi salah satu transportasi menuju air terjun grojogan sewu ini. Bus yang mempunyai trayek Solo Tawangmangu yaitu bus Rukun Sayur, bus Langsung Jaya, bus Setia Usaha. Bus-bus tersebut dapat di temukan di terminal Tirtonadi sebelah timur. Tarif menuju Tawangmangu saat ini sekitar 10.000 rupiah (tarif bisa berubah menyesuaikan harga kenaikan BBM) . Selain angkutan umum, menuju tempat ini bisa menggunakan sewa mobil atau naik taksi.

Sesampainya di terminal Tawangmangu, jangan beranjak pergi menuju tempat wisata dulu. Disini sempatkan melihat pasar wisata Tawangmangu. Di pasar ini berbagai macam buah-buahan, oleh-oleh, ataupun berbagai macam tanaman hias ada. Namun jika tidak memungkinkan bisa di kunjungi setelah menuju air terjun.

Untuk menuju lokasi tiket air terjun dari terminal Tawangmangu membutuhkan waktu sekitar 15 menit berjarak sekitar 500 meter. Berjalan adalah alternatif menyenangkan jika memang ingin menikmati keindahan di sekitar Tawangmangu. Namun jika tidak ingin lelah, ojek pun ada. Cukup dengan membayar lima ribu rupiah Anda akan diantar sampai gerbang tiket.

aliran air terjun
Tiket masuk sebesar 6000 rupiah untuk wisatawan dalam negeri sedangkan untuk wisatawan luar sekitar 18.000 atau 2 dolar. Setelah mendapatkan tiket, kita bisa masuk menuruni tangga. Siapkan energi yang kuat karena tangganya mencapai ratusan bahkan ribuan. Namun sejak Juli 2014 tiket masuk air terjun Grojogan Sewu naik drastis. Untuk pengunjung local di kenai biaya 13.500 sedangkan turis asing 160.000 rupiah. Walaupun demikian, kawasan wisata ini masih banyak di kunjungi warga local untuk berwisata. Hanya saja, untuk turis asing kemungkinan akan berpikir lagi dengan kenaikan harga tiket tersebut.

Saat menuruni tangga menuju air terjun Anda akan menjumpai sekawanan monyet. Namun monyet ini tidak akan mengganggu jika tidak diganggu. Jika membawa makan harus hati-hati bisa-bisa makanan yang dibawa akan dicuri monyet. Selama menuruni tangga kita bisa mengambil gambar air terjun dari kejauhan. Bahkan disediakan spot untuk berpoto dengan air terjun saat menuruni tangga.

Tak terasa sampai juga di air terjun grojogan sewu ini. Lelah yang menggelayuti pun serasa hilang karena melihat keagungan Tuhan berupa Indahnya air terjun ini. Disana boleh bermain air terjun, tetapi ada area berbahaya yang tidak boleh di lewati. Ada sebuah peringatan di papan untuk tidak mendekat. Mungkin papan ini dipasang agar pengunjung hati-hati dengan aliran air terjun yang cukup deras. Di sediakan pula spot poto dengan air terjun. Namun kadang harus antri karena banyak orang yang menginginkan poto di titik pengambilan gambar tersebut.

air terjun grojogan sewu dilihat dari tangga
Puas bermain air, wisatawan masih dimanjakan dengan berbagai arena bermain air salah satunya adlah kolam renang, ada pula rafting cuma kadang tidak tersedia, hanya waktu tertentu saja tersedia. Adapula bermain flying fox cukup dengan 11 ribu rupiah kita bisa bermain flying fox melewati sungai. Fantastis!

Lapar? ada deretan pedagang disana. Saya sarankan untuk memakan sate kelinci, karena disana yang khas memang sate kelinci. Bau sate nya lezat dari kejauhan sudah tercium bau bakaran sate. Harga sate sekitar 10 ribu rupiah tergantung porsi yang diinginkan. Itu untuk harga dua tahun yang lalu, bisa jadi sekarang naik menjadi 12.000 sampai 15.000. Untuk menikmati sate bisa juga menyewa tikar untuk makan secara lesehan, wow nyummy lezatnya.

Setelah asyik bermain air terjun yang dingin menyegarkan untuk kembali ke tempat awal tadi kita harus naik tangga. Tangga keluar ini berbeda dengan tangga ketika turu tadi. Perlu energi ekstra juga. Setelah sampai pintu keluar kita akan melihat papan selamat anda telah melewati 1250 anak tangga.

Tertarik untuk mengunjungi wisata alam Air Terjun Grojogan Sewu? Segera datang saja. Oh ya, saran saya untuk datang pada musim penghujan karena airnya cukup deras, selain itu hindari datang waktu hari besar, atau hari libur karena sangat ramai. Selamat datang di Air terjun Grojogan Sewu, Selamat datang di Karanganyar Tentram,

4 komentar:

  1. Ah...melihat foto2 ini jadi teringat kenangan masa SMA saat perpisahan di sana dg teman2 sekelas... Memang cantik... Sukses di kontes ini yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih...rumahnya karanganyar juga?

      Hapus
  2. Hmmmm.... berjalan 500meter... lumayan lah ya buat bakar lemak :D

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates