Senin, 23 Maret 2015

Resensi Buku Generasi 90an

Share it Please
Judul : Generasi 90 an

Pengarang : Marchella fp

Penerbit : Gramedia Jakarta

Cet 1 : Januari 2013

Cet 4 : Juli 2013

Isbn: 978 979 91 2535 6

buku generasi 90an

Generasi 90-an adalah orang yang tahun 90-an masih SD, SMP, dan SMA. Buku ini membahas hal-hal yang menghibur di era 90 an. Khususnya music, tontonan, mainan, tren, jajanan, bacaan dll. Buku ini ditujukan kepada generasi 90-an yang ada di Indonesia.

Pengarangnya, Marchella, merupakan lulusan desain komunikasi visual, suka menggambar dan mendesain. Menceritakan hal hal yang ada di tahun 90 an. Buku ini terinspirasi dari beberapa sumber diantaranya adalah hasil kumpulan memori generasi 90an di Twitter, menyebar kuisiner , diskusi, dan berbagai sumber.

Tahun 90-an hanya ada beberapa stasiun Tv yang tayang, dan mestinya TVRI masih eksis. Saya sendiri masih ingat hanya stasiun tv RCTI, indosiar, SCTV dan Antv dari stasiun swasta. Sayang seribu sayang ditempatku hanya nyantol yang Indosiar. Mau nonton acara TV yang lain harus ke tetangga dulu. Nah itu cerita dari saya, balik lagi ke buku ya. Menurut mbak Marchella ini ada beberapa tayangan TV yang ngetren di tahun 90-an. Apa saja itu? Ada Jin dan Jun, Wiro sableng, Tuyul dan Mbak Yul, Tersanjung dan masih banyak lagi.

Hari minggu siap-siap di hadapan tv dari pagi sampai siang mantengin acara kartun. Apa saja kartun yang eksis di taun-90an? Doraemon. Doraemon sampai sekarang masih eksis jua.

Kartun Dragon ball nah ini aku juga suka, suka galau kalau ketinggalan satu episode. Kartun dragon ball ini , di mulai sejak aku TK dan berakhir saat saya SMA, wuidih lama juga ya. Dragon ball merupakan kisah Sungoku yang mengumpulkan bola naga. Ceritanya meliputi dari Goku kecil sampai punya cucu. Sekarang pun masih ada dragon ball versi baru. Tonton yuk di indosiar setiap hari minggu hehe.

Ada pula Sailormoon, Remi, Sain seiya dll. Masih ingat juga pas saya waktu SD suka ada gambar kartun yang isinya kartun dari nomor 1 sampai 40-an nanti buat mainan gede-gedean angka.

Untuk aktor yang booming taun 90-an ada banyak yaitu Adam Jordan, Sahrul Gunawan, Anjasmara, Ari wWbowo, sedangkan, aktrisnya yaitu Bella Sapira, Maudy kusnadi,, Lulu Tobing, Desi Ratnasari dll.

Acara TV yang terkenal diantaranya yaitu Tersanjung, Simanis Jembatan Ancol (kalau dulu di daerahku ada plesetannya simanis jembatan ambrol wkwkkw). Ada juga Si Doel Anak Sekolah, Keluarga Cemara.

Kuis apa yang terkenal pada masa 90-an yaitu Apa Ini Apa Itu yang dipandu Jefry, Kuis Apaan tuh ala dangdut di isi oleh Jaja Miharja, Kuis Tok Tok Wow pengisi Taufik Savalas, Kuis Kata Berkaitoleh Soni. Dan masih banyak lagi hal hal yang nyangkut tentang 90-an yang tak isa dijelaskan panjang lebar, Untuk lebih jelasnya silakan baca bukunya sendiri ya.

Buku ini di kemas dengan berbagai gambar ilustrasi, seperti coret-coretan tangan, dengan tulisan tangan penulis yang apik, bahasanya pun tidak menggurui, luwes, jadi penulis seperi sahabat sendiri yang menceritakan kembali kenangan 90-an.

Untk kekurangannya mungkin masih banyak yang tertinggal dari cerita 90an, di beberapa daerah mungkin saja belum terjangkau dengan tv pada saat itu jadi banyak yang bernostalgia dengan dolanan tradisional. Nah dolanan tradisionalnya mungkin masih kurang.

Walaupun begitu tetap bisa dinikmati buku ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates