Kamis, 29 Oktober 2015

Mencoba Resep Pempek dengan Ikan Tongkol

Share it Please
Lama tak melakukan perjalanan traveling karena ada sesuatu hal membuat blogku ini lama tak di update. Untuk menyiasati hal tersebut maka saat saya di rumah saja, mencoba beberapa menu masakan yang biasa disajikan masyarakat umum. Hal yang menyenangkan adalah mencoba masakan khas daerah seberang. Beberapa kali menikmati menu pempek, baik saat di warung nyonya kamto atau pun saat di raja rasa membuatku penasaran membuat pempek.

Akhirnya aku putuskan untuk coba-coba membuat pempek. Saya putuskan membeli ikan di pasar, sayang gak ada ikan tengiri, tak ada ikan tuna. Saya mencari ikan cucut untuk dijadikan pempek, tapi saat itu juga sedang tak ada, dan akhirnya hanya ada ikan tongkol. Saya meminta pedagang untuk mengambilkan dagingnya saja. Rupanya ikan tongkol ini sangat amis, dan warnanya agak hitam. Saya beli ikan tongkol sekilo lebih, per kilo nya 30.000, sat itu saya beli 35.000 rupiah. Sepertinya harga ikan memang agak mahal karena daerah gemolong, Sragen jauh dari pantai.

Sesampai dirumah saya mencoba membuat pempek, dibantu suami saya.

Bahan-bahan
Ikan tongkol
Sagu atau pati
Tepung terigu
Telur

Bumbu
Bawang merah
Bawang putih
Mrica
Garam
Pala
Bumbu penyedap

Bahan untuk membuat cuko asam
Asam jawa
Gula jawa
Bawang merah
Bawang putih
Cabe rawit
Ebi

Cara membuat pempek

Pertama buat biangnya dari tepung terigu, kemudian sisihkan. Giling daging bersama bumbu, tambahkan es dan telur. Setelah digiling dicampur dengan biang, kemudian campuri denga pati atau sagu sampai mudah dibentuk. Untuk membuat pempek kapal selam, bisa ditambahkan telur didalam. Setelah selesai dibentuk dengan berbagai macam, seperti kapal selam, lenjer dll, lalu kita rebus, boleh juga langsung digoreng. Saya rebus dulu, tiriskan lalu goreng.

Sedangkan untuk membuat cuko asam, semua bahan direbus sampai mendidih kemdian saring.

Cara penyajian
Iris pempek yang sudah digoreng letakkan pada piring saji kemudian tambahkan irisan timun, dan tambahkan cuka. Pempek ikan tongkol siap disajikan.

14 komentar:

  1. suka pempek. penasaran nih. coba buat sendiri

    BalasHapus
  2. empek2 selalu enak walo pake ikan apapun menurut saya, yang bikin endes itu cukonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak, tapi kadang kalau beli kok lebih enak ya...

      Hapus
  3. Wah liat ini jadi ngiler banget mak. Patut dicoba nih ya
    makasih ya resepnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak silakan, ikannya juga bisa diganti dengan yang lain

      Hapus
  4. Halo mbak suci, aku masih ga pede bikin pempek. Takut keburu dikritik ga enak. Jadi nyerah Dulu sebelumnya berperang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba dulu mbak, hehe itu juga belum sempurna kok, belum kaayak yang dijual2 itu

      Hapus
  5. wah pake ikan tongkol. boleh dicoba nih :)

    BalasHapus
  6. Aduh,,, saya kalau lihat makanan seperti ini gak kuat, swuerr dech,,, Nikmat sekali pempek itu, maklum kesukaan saya sejak kecil, apalagi kalau pedas,,, Wow,,, Mantap!!!

    BalasHapus
  7. Yang perlu diperhatikan adalah ketebalan dari adonan empek2 ketika dibentuk..intinya gmana caranya agar tidak bocor saat diisi telur..

    BalasHapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates