Sabtu, 16 November 2013

Wisata Kuliner : Penyet "Mbah Joyo" Belakang UNS Solo

Share it Please
Wisata kuliner menjadi salah satu alternatif sampingan ketika kita berwisata. Kali ini saya akan membagikan sedikit wisata kuliner di sekitar Solo. Lebih tepatnya, wisata kuliner belakang kampus UNS. Setelah kemarin saya membahas mie ayam jamur tiram. Kini, saya akan membahas wisata kuliner serba penyet di warung "Mbah Joyo" belakang kampus UNS.

Bagi mahasiswa UNS, warung ini sangat familiar karena menyediakan berbagai makanan penyet yang lumayan lengkap. Ada penyet telur goreng, tahu penyet bakar, ada nila bakar, ada soto juga dan lain-lain. Nanti jika ada waktu saya akan tuliskan menu-menusnya.

Saya sering kesini di jam makan siang sewaktu kuliah dulu. Jangan salah, disini makan, kadang harus antri tampat duduk karena saking ramenya. Menu kesukaan saya adalah telur tahu tempe bakar. Nama menunya cukup panjang. Bahkan, mau nulis di ketas pesanan sampai gak muat hehe.

Biasanya saya kesana bersama teman saya. Kami kesana, memarkir kendaraan bermotor terlebih dahulu. Sayangnya, parkirnya kudu bayar hadeh. Setelah itu memesan makanan. Pesanan biasanya di tulis di secarik kertas. Kemudian cari tempat duduk, sambil menunggu hidangan datang kita bisa berbincang-bincang.

Sekitar 15 menit hidangan datang. Mengapa bisa cepat? karena bahan-bahannya di oleah terlebih dahulu. Ketika ada pelanggan datang tinggal menghangatkan.

Hmm, baunya harum. Telur tahu tempe penyet bakar saya sudah di depan mata siap disantap. Ada kriuk-kriuknya juga kesukaan ku. Eh jangan lupa sebelum makan baca dulu "bismilllah" oke makanan siap di makan. Tersedia sendok dan garpu untuk mengambil makanan. Namun, memakai tangan (baca: muluk) lebih nikmat. Apalagi sunnah nabi makan dengan tiga jari bisa di terapkan.

Akhirnya, saya melahap habis makanan tersebut. Alhamdulillah. Namun, saya kepedasan haduh mantap benar ni cabainya. Siap-siap saya sakit perut.

Segelas es jeruk sudah siap menawar kepedasan ku. Srutuuup segarnya es jeruknya. Lalu kami membayar.

Harga es jeruk 2000 rupiah
Telur tahu tempe penyet 3500 rupiah
nasi 2000 rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates