Sabtu, 30 Agustus 2014

Air dan Pelestariannya agar Lingkungan Sehat untuk Indonesia Cerdas

Share it Please
Air merupakan sumber kehidupan. Bagaimana tidak, jika manusia kekurangan air niscaya dia tak kan hidup. Tubuh kita sendiri lebih dari 70 persen berupa cairan. Berhubung air begitu di butuhkan oleh semua makhluk hidup, maka keutuhan akan air pun tak terelakkan. Air yang banyak di konsumsi adalah air putih. Air bisa berasal dari berbagai sumber. Mulai dari sumber mata air gunung, air hujan, air bendungan, air sumur, atau air laut dan masih banyak lagi. Untuk mempermudah sumber air digolongkan menjadi dua yaitu air tanah/sumur dan air PAM(perusahaan air minum).

Air yang berasal dari pegunungan/air terjun jumok dokpri
Masing-masing sumber mempunyai kelebihan dan kekurangannya, air yang berasal dari mata air gunung lebih banyak sehatnya karena berasal dari gunung yang masih bagus kebersihannya. Berbeda dengan air daerah perkotaan yang sudah banyak tercemar.

Beda dengan air gunung, air sumur juga menjadi andalan sebagian warga. Air sumur mempunyai kendala air banyak mengandung kapur. Jika air banyak mengandung kapur risikonya yaitu ketika merebus air di teko ada kapur, selain itu jika di konsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan kencing batu atau sering di sebut batu ginjal.

Selain itu air bendungan, air bendungan sering di gunakan oleh warga perkotaan, dengan penyulingan terlebih dahulu. Biasanya dialirkan dengan PDAM. Air bendungan ini terkadang banyak mengandung bakteri yang perlu di musnahkan.

Sekarang yang tinggal di deretan air sungai. Biasanya memanfaatkan air untuk minum. Tapi itu dulu ketika air sungai masih jernih, sekarang air sungai mulai tercemar. Bahkan ikan saja banyak yang tak hidup di sungai.
Saya ambil contoh warga yang hidup di bantaran sungai kali bengawan solo. Banyak warga yang memanfaatkan untuk kehidupan sehari hari. Namun air ini tidak layak konsumsi karena mengandung bakteri E.Coli. Saya sewaktu kuliah mata kuliah Biologi, praktikum mengambil sampel air Bengawan Solo kemudian di teliti menggunakan mikroskop banyak sekali bakteri yang ada di sungai ini. Indeks pencemaran cukup tinggi jadi tidak baik untuk konsumsi kehidupan sehari-hari.
sungai /dokpri
aliran air terjun jumog air yang jernih ini biasa di ambil untuk keperluan warga sekitar/dokpri
Air minum layak konsumsi.

Sebagian warga yang tinggal tak jauh dari pegunungan,  Alhamdulillah masih di beri kenikmatan mencicipi air mata gunung melalaui PDAM. Walaupun demikian kadang di waktu tertentu air tersebut  bau hal ini di karenakan air di beri obat kemungkinan besar untuk mematikan kuman. Dari hal ini pun kita bisa melihat air murni pegunungan juga mashi harus di olah untuk menghilangkan kuman, maka sebaiknya air minum di masak terlebih dahulu. Kalau kata orang tua saya kalau minum air mentah yang belum di masak akan jadi penyakit. Lalu sebenarnya bagaimana air yang baik untuk di minum itu.

Ada beberapa ciri cirinya air yang layak konsumsi

Standar air minum yang digunakan di Indonesia berdasarkan Permenkes no. 492/ MENKES/ PES/ IV/ 2010 dan sama seperti yang digunakan oleh WHO.
Air dianggap layak minum apabila memenuhi persyaratan fisik, mikrobiologis, kimiawi, dan radioaktif.
• Fisik
1. Tidak berwarna / jernih
2. Tidak berbau
3. Rasa alami
• Parameter biologis
Tidak mengandung kuman berbahaya seperti bakteri E Coli dan Coliform.
• Parameter kimia
1. TDS < 500. Total dissolved solid atau kandungan mineral yang terlarut di dalam air lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah.
2. pH 6,5-8,5. Kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5.
3. Bebas zat kimia beracun
4. Tidak mengandung logam berat
5. Tidak mengandung pestisida
• Tidak mengandung bahan radioaktif.

Berdasarkan air yang layak konsumsi diatas maka air yang berwarna, berbau, dan rasanya berubah kemungkinan besar tidak layak di konsumsi. Contoh air yang tak layak konsumsi yaitu air sungai yang tercemar

Alternatif lain untuk konsumsi air yang layak konsumsi

Bagaimana jika lingkungan sekitar kita mempunyai krisis air bersih otomatis masa depan kesehatan kita dan anak cucu kita tergadaikan. Oleh sebab itu sembari kita menghidupkan kembali lingkungan hidup kita dengan membersihkan lingkungan dan cara lain maka habitat air akan bisa kembali lagi.

Agar aman dalam konsumsi air maka bisa mengkonsumsi air mineral yang di jual di berbagai tempat. Banyak sekali air mineral yang di jual dengan berbagai merek. Namun kita juga harus jeli memilih air mineral yang kita beli. Sebagian besar memanfaatkan air pegunungan. Namun sayangnya, kadang perusahaan itu ada yang mengambil air tanpa melakukan penghijauan lagi.

Sekitar bulan Juli lalu saat bulan puasa saya bersama Suami saya mengikuti pertemuan di salah satu perusahaan air mineral yang sudah berpengalaman bertahun-tahun. Saat itu ada acara blogdetik yang mengadakan kunjungan ke pabrik Aqua Klaten. Di sana saya mendapatkan ilmu baru. Banyak hal yang dituduhkan kepada perusahaan air minum tersebut seperti salah satunya mengambil air dan merusak lingkungan. Ternyata tuduhan itu tidak benar justru perusahaan ini membuat berbagai program salah satunya adalah pelestarian air dan lingkungan. Tak hanya itu saja ada program lain yaitu kesehatan masyarakat dan perekonomian pendidikan masyarakat.

sumber mata air/dokpri
Pun juga cara mengambil airnya tak langsung dari sumber mata air. Namun menggunakan air tanah dengan alat yang memompa air bawah tanah yang setara dengan tempat sumber mata air dari pegunungan Merapi. Sehingga air tersebut masih mengandung mineral makanya, makanya  kita sering menyebutnya air mineral. Air mineral itu mengandung beberapa zat didalamnya, dan ada batasnya dalam satuan ppm.

sumur pantau
Penyebab air tak layak konsumsi

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan air yang kita minum tidak layak konsumsi disini misalnya,

Proses terjadinya air yaitu air laut yang menguap kemudian menjadi awan dan menjadi hujan turun lagi ke bumi. Saat air turun ke bumi bersamaan dengan hujan, air tersebut masih belum layak konsumsi karena dari rasa agak masam, air hujan sendiri masih tercampur dengan banyak zat. Bahkan air hujan sendiri saking asamnya justru membuat besi lebih cepat beroksidasi sehingga mudah berkarat.

Ada pula kerusakan lingkungan ada beberapa. Misalnya budaya yang kurang baik di masyarakat yang membuang sampah di sungai. Tingkat kesadaran masyarakat yang rendah akan kebersihan air sehingga mengotori sungai.Selain itu, penebangan hutan secara liar juga mengakibatkan air tidak meresap sehingga saat proses terjadinya air, air yang turun bersama hujan seharusnya di simpan di tanah dan di simpan oleh pakar-akar pohon besar di hutan justru malah tak terserap ke air. Air hujan tersebut mengalir tanpa meresap terlebih dahulu, kadang kala mengakibatkan banjir. Kalau begini siapa yang rugi?

Agar tetap air tetap lestari dan anak cucu kita ikut menikmatinya maka ada beberapa program yang bisa kita laksanakan maupun perusahaan air minum laksanakan yaitu:

1. Penanaman Pohon

Menanam pohon merupakan salah satu cara untuk menjaga pelesatarian air. Ketika hujan, air tersebut bisa di serap oleh akar pohon. Jadi jika tak ada pohon lalu siapa yang akan menyerap air. Oleh karena itu di anjurkan untuk menanam pohon. Memulai dari diri kita sendiri dengan menanam pohon di sekitar rumah. Contohnya menanam pohon yang bisa juga buahnya layak di konsumsi sehingga mendapatkan dua manfaat sekaligus.
pohon banyak ditanam di sekitar sumber air aqua/dokpri

menanam pohon/google
2. Pembuatan sumur resap dan lubang biopori

Pembuatan sumur resapan ini bisa menampung air saat hujan tiba, selain itu saat musim kemarau sumur ini bisa dimanfaatkan airnya. Ada pula dengan cara membuat lubang biopori gunanya adalah mengurangi genangan saat banjir atau saat hujan lebat. Membuat lubang biopori merupakan langkah yang tepat bagi rumahnya yang kekurangan resapan air. Lalu bagaimana cara membuat lubang biopori?

biopori

Lubang biopori/solusibanjirindonesia
3. Penggunaan ecotech garden

Grey water adalah limbah rumah tangga non kakus yaitu buangan yang berasal dari kamar mandi, dapur (sisa makanan) dan tempat cuci.Agar grey water tidak mengotori lingkungan, salah satunya yaitu dengan menggunakakn ecotech garden.Mengapa Ecotech Garden menjadi salah satu solusi grey water?

Pada ecotech garden terjadi proses dekomposisi zat organik (reaksi biokimia) yang memerlukan Oksigen Terlarut, sehingga dapat menurunkan kandungan Oksigen Terlarut dalam air limbah, ditandai dengan warna air limbah kehitaman,berbusa dan berbau busuk, reaksi yang terjadi yaitu :

CxHyO2N2S2 + H2O -> NH4 + CO2 + CH4 + H2S + 368 kal/gr/protein

Cara kerja Ecotech Garden

Ecotech Garden adalah salah satu teknologi alternatif pengolahan air selokan (grey water) atau effluent tangki septik, dengan menggunakan tanaman hias air.

N dan P diserap tanaman untuk pertumbuhan, juga dapat menurunkan zat pencemar: BOD, COD, Detergent, bakteri patogen (effluent tangki septik), serta menghilangkan bau dan menjernihkan air.

Mekanisme Penyerapan Zat Pencemar

Mekanisme penyerapan zat pencemar pada Ecotech Garden, oleh zone akar adalah :
Terjadi peningkatan lebih banyak pada rhizosphere (perakaran tanaman). Terjadi peningkatan mikro organisme ±10 - 100 kali lebih banyak, karena ada penyaluran oksigen dari daun, ini membantu penyerapan bahan pencemar dari air limbah yang diolah.

BOD air limbah diturunkan melalui proses oksidasi dan reduksi (fermentasi aerobic).Amonium (NH4 N), dioksidasi oleh bakteri autotrop pada.

ecotech garden

ecotech garden/wikipedia

4. Pembuatan bank sampah

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan . Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

bank sampah/wikipedia


sumber:
modul Aqua saat kunjungan ke pabrik aqua
Permenkes no. 492/ MENKES/ PES/ IV/ 2010 dan sama seperti yang digunakan oleh WHO.
anasuciana.blogspot.com
blogdetik.com
wikipedia.org
http://www.pusair-pu.go.id/index.php/hasil-litbang
solusibanjirindonesia.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates