Kamis, 09 November 2017

POLA HIDUP SEHAT DENGAN CUT CARBO

Share it Please
Ketika kuliah dulu ada seorang teman yang kena diabetes. Padahal dia masih muda. Sehingga tak perlu menunggu tua untuk terkena penyakit tersebut. Diabetes dulu kita kenal karena penyakit keturunan.


Namun sekarang, banyak yang tidak mempunyai keturunan diabetes pun dapat terserang. Salah satunya, disebabkan konsumsi karbohidrat berlebih dan aktifitas berkurang. Gula dari karbohidrat yang berlebihan secara terus menerus bisa menyebabkan tubuh mengalami resistensi insulin sehingga tubuh tidak bisa mengubah karbohidrat menjadi energi dan glikogen, gula dalam darah akan menumpuk dan menyebabkan diabetes.

Untuk itu di perlukan pola hidup sehat dengan mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh untuk menghindari obesitas dan mengurangi resiko diabetes. Diet karbohidrat atau #CutCarbo bisa dilakukan dengan mengurangi porsi nasi dari satu porsi menjadi separuhnya. Atau bisa juga menggunakan nasi yang berasal dari beras yang kadar glikemiknya lebih rendah misal beras merah.

GI merupakan skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan kecepatan makanan dalam meningkatkan kadar gula darah. Contoh makanan yang masuk kategori rendah GI antara lain kedelai, sebagian besar buah-buahan, sayur, dan susu. Kategori medium GI misalnya roti, mie, juga nasi merah. Makanan tinggi kadar GI yaitu gula, madu, dan nasi putih.


Selain itu kita juga harus memangkas kegemaran lain seperti mengkonsumsi gorengan, teh manis dan cemilan lain yang kadar karbohidrat dan lemaknya tinggi. Apalagi kalau sedang pergi ke tempat wisata kuliner sepertinya harus pilih-pilih makanan yang tidak bikin enduts. Godaan yang terberat ketika tidak masak emak-emak pastinya jajan di warung terdekat.

Nah disana banyak pilihan makanan yang menggoda hati yang ingin di beli. Jangan sampai memilih makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi. Sehingga program cut carbo memangkas sebagian karbohidrat tetap berjalan.

Ngomong-ngomong tentang cemilan, kita harus memilih cemilan yang menyehatkan. Berarti kita harus memilih yang memiliki Kadar GI yang rendah. SOYJOY merupakan salah satu cemilan makanan yang terbuat dari kedelai yang tinggi akan serat dan protein sehingga dicerna perlahan oleh tubuh dan dapat membantu mengontrol nafsu makan.

Ini Perjalananku memulai sehat  dengan #CutCarbo

Untuk menjalankan misi cut carbo maka saya harus menjalankan pola hidup sehat. Walaupun dalam rangka menjalankan cut carbo sebaiknya harus tetap sarapan di pagi hari

Pagi, Bangun tidur sebelum subuh, biasa minum air putih satu gelas. Kemudian setelah masak sarapan pagi satu gelas. Menu sarapan pagi usahakan masak sendiri agar tidak jajan. Nanti kalau jajan gak jadi diet karena menunya tinggi karbo dan tinggi lemak. Untuk menu makanan kalau biasa makan nasi satu piring maka ketika cut carbo porsi nasi dikurangi  menjadi setengah piring. Lauknya bisa direbus atau di kukus. Saya biasa suka tahu atau telur rebus, jangan di tanya rasanya ya, enak. Jangan lupa makan sayur dan buah-buahan.

Menu Pagi: Nasi, soto ayam, Buah Semangka,teh.


Menu Makan Siang, dua jam sebelum makan siang konsumsi SOYJOY

Makan siang juga jangan ditinggalkan. Untuk menu makan siang biasanya masih sama dengan pagi hari, dasar emak-emak irit hehe. Biasanya kalau saya masak dua kali sehari pagi untuk pagi dan siang. Kadang pagi hari masak dua sayur sekaligus oseng dan kuah, oseng untuk pagi hari kuah untuk siang hari. Sedangkan yang kedua untuk sore hari. Menu makan siang hari juga cut carbo makan nasi setengah porsi, sayur masih sama, lauk agak berbeda kali ini saya makan gorengan yang penting jangan banyak banyak, plus gorengnya pakai minyak baru pakai.

Menu Siang : Nasi, Telur Goreng, Sayur bayam, Buah Jeruk

Menu Sore Hari
Dua jam sebelum makan bisa konsumsi SOYJOY. Kalau sore hari biasanya sudah malas untuk masak, dan makan. Maka menunya yang simple saja misal nasi sedikit plus tempe penyet, minumnya air putih, dan tak lupa buah-buahan. Konsumsi SOYJOY dapat mengurangi porsi karbohidrat harian. Dan tidak lupa minum air putih yang cukup, kalau bisa 8 gelas per hari. Karena tadi habis dari pasar menu saya ubah jadi sate bakso.

Menu Sore Hari : Nasi, Sate, Buah Apel


Inilah perjalananku menjalani pola hidup sehat. Oh ya, Salah satu penyanyi ternama tanah air, Tulus. Dia sejak kecil berbadan besar kini dia mulai sadar akan kesehatan karena beberapa faktor internal dan eksternal, Tulus pun berkomitmen untuk memulai hidup sehat dengan Cut Carbo . Perjalanan sehat Tulus ini akan dirangkum dalam 4 episode ini aku yang baru.

Mengapa harus SOYJOY?

Mengkonsumsi Soyjoy 2 jam sebelum makan besar dapat membantu mengurangi porsi karbohidrat harian tanpa merasa kelaparan berlebih. Kita bisa mengontrol makanan yang akan dimakan. Dan tidak kemaruk mau makan sebanyak-banyaknya. Selain itu, berbahan Soy yang non GMO ( non-Genetically Modified Organism), bebas gluten serta tanpa pemanis buatan. Cukup konsumsi 1 bar saja rasanya sudah bisa menahan lapar. Rasanya pun unik, seperti roti tapi bukan roti.

SOYJOY mempunyai varian rasa yang cukup banyak. Perpaduan dari kedelai dan buah menghasilkan rasa unik. Ada beberapa rasa SOYJOY yaitu rasa Almond, Chocolate, Strawberry, Raisin Almond, Hawthorn Berry, dan Banana. SOYJOY sebagai cemilan sehat memiliki kemasan praktis mudah dibawa dan tidak merepotkan.


Saat ini SOYJOY lagi bikin webseries #IniPerjalananKu dengan penyanyi ternama Tulus. Yuk simak perjalanan Tulus untuk memulai hidup sehatnya di channel youtube SOYJOY Indonesia https://www.youtube.com/watch?v=v-EQy-PGzPE&t=37s

4 komentar:

  1. Kadang orang sudah mengurangi gula agar tidak terkena diabetes, tapi eee... lupa memperhatikan konsumsi karbonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, mungkin pola konsumsi karbo yg berlebihan, trs jajanan juga banyak yg karbo

      Hapus
  2. Saya belum pernah sojoy, pernah waktu itu pengen coba tapi agak mahal sih jadi gak jadi beli deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di beli, bagus buat cemilan, ada kismis, ada coklat dll

      Hapus

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates