Rabu, 06 November 2013

Menengok Museum Benteng Vredeburg

Share it Please

Benteng Vredeburg Jogjakarta, lebih seing dikenal dengan Museum benteng Vredeburg. Museum ini terletak di  jalan Jend. A. Yani No 6 Yogyakarta. Terletak tidak jauh dari nol kilometer kota Yogyakarta.  Tiket museum ini cukup hanya dengan dua ribu rupiah. Museum ini buka jam 8 sampai jam 4 sore. Museum ini juga terletak berdekatan dengan Taman Pintar, Pasar Bering harjo serta Stasiun Tugu yogyakarta.

Museum Benteng Vredeburg
Saya berkesempatan mengujungi tempat ini beberapa kali. Saya pertama kali kesini dengan teman saya. Kami berangkat dari Solo ke Joga menggunakan kereta ekonomi Pramex. Hanya dengan  sepuluh ribu rupiah dalam waktu tidak kurang dari satu jam kami sampai di Stasiun Tugu. Setelah sampai di Stasiun yang cukup ramai ini, saya merasa lega karena akhirnya sampai juga di Jogja.

Tujuan awalkami hanya berkeliling disekitran Malioboro saja. Termasuk didalamnya adalah berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg. Museum ini merupakan salah satu yang bertempat dibenteng Vredeburg. Banyak Benteng yang ada di Indonesia yang sarat dengan sejarah kemudian di olah menjadi cagar budaya ataupun tempat wisata.

Sebelum ke Museum ini saya pergi ke Taman Pintar terlebih dahulu yang letaknya berdekatan dengan Museum Benteng Vredeburg. Sekitar Pukul 2 siang saya mngunjungi museum ini. Untungnya museum ini belum tutup. Saya membayar 4000 rupiah untuk dua orang. Cuku murah karena hanya dengan dua ribu kami bisa menikmati mueum ini.

Banyak gedung di Museum ini. Misal, disebelah kanan dari pintu masuk ada sebuah gedung, gedung ini terdapat penyimpanan benda-benda bersejarah, yang terdiri dari poto-poto zaman dahulu serta peninggalan benda lainnya seperti alat perang atau baju perang. Belum puas di gedung ini saya berjalan ke kiri gedung, disini juga berisi benda-benda sejarah yang lengkap. Beberapa tempat cukup menakutkan karena kurangnya cahaya di dalam gedung. Namun jangan khawatir kebanyakan pencahayaannya cukup bagus. Banyak pengunjung yang sekedar melihat-lihat kemudian pergi tanpa berlama-lama didalam gedung.

Ada beberapa gedung yang perlu dilihat. Namun saya hanya melihat sedikti karena terlalu luas arenanya membuat saya sedikit kelelahan. Saya pun beristirahat di taman. Tamannya juga tertata rapi cukup indah sehingga nyaman untuk dipandang. Kadang tempat ini dignakan poto pre wedding. Tapi jangan salah mau poto pre-wedding sepertinya harus bayar sewa. Terlihat jelas di papan saat kami membeli tiket, tarif tiket dan sewa tempat untuk poto pre wedding.

Itulah kondisi museum yang saya kunjungi di akhir 2012 lalu. Sekarang saya rasa lebih bagus lagi. Buktinya, museum ini mendapat penghargaan museum dengan pengelolaan terbaik yang dikelola oleh daerah.

Ayo berkunjung ke museum ini, kita akan mendapatkan ilmu tetang sejarah dan menghargai para pahlawan pejuang kemerdekaan. Jadi jika ke Malioboro sempatkan ke museum ini.