Jumat, 25 Oktober 2013

PLN Bersih : Usaha PLN Terbebas dari Penyakit KKN

Share it Please
Salah satu langkah yang dilakukan PLN dalam mensosialisasikan PLN bersih yaitu dengan mengajak para blogger untuk mendukung adanya PLN bersih. PLN merupakan salah satu perusahaan yang bekerja pada proses pengadaan barang dan jasa serta pelayanan kepada pelanggan. Kedua proses inilah yang menjadi sasaran utama program PLN Bersih. Hal ini untuk menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Komitmen PLN ini dikenal dengan PLN Bersih.


Beberapa waktu lalu PLN mengadakan temu dengan para blogger kemudian dilanjutkan dengan lomba bloger dukung PLN bersih dengan di dukung oleh blog detik. Walaupun didukung oleh blog detik peserta lomba boleh dari platform blog manapun.  Dengan adanya lomba ini diharap sosialisasi PLN bersih dapat mencakup lini media online. Karena media online efektif untuk mensosialisasikan program ini. 

Dalam perkembangannya PLN memiliki empat pilar dari program PLN bersih yaitu:

Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik

Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN Bersih

Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih

Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.

Untuk mewujudkan empat pilar tersebut PLN mempunyai beberapa inisiatif  untuk mewujudkan PLN bersih. Inisiatif dari PLN yaitu :

Membuat sistem pelayanan yang transparan dengan meminimalkan pertemuan tatap muka pelanggan dengan pegawai PLN.

PLN berusaha untuk membuat sistem pelayanan yang transparan, salah satu contohnya adalah sekarang dapat melakukan pembayaran di loket-loket yang ditunjuk oleh PLN, selain itu ada website yang dapat diakses oleh pelanggan PLN . Website tersbut selain meminimalisir tatap muka dengan pelanggan, tetapi mempercepat proses penyampaian pelanggan. 

Melakukan perubahan aturan pengadaan barang dan jasa.

Selain itu, PLN juga melakukan peraturan pengadaan barang dan jasa. Perubahan aturan pengadaan barang dan jasa merupakan salah satu inisiatif PLN agar PLN terhindar dari praktek KKNdan menciptakan GCG. Dengan adanya peraturan pengadaan barang dan jasa, diharapkan dapat meminimalisasi KKN. Karena KKN timbul dari celah pengadaan barang dan jasa yang merupakan tugas dari PLN

Membuat sistem penanganan keluhan pelanggan

Dalam melayani pelanggan, kadang ada keluhan-keluhan dari pelanggan PLN. Untuk mengatasinya yaitu dengan memanfaatkan kontak PLN 123. Selain itu juga memanfaatkan jaringan internet melalui sosial media. Beberapa sosial media PLN yaitu fans page facebook PLN 123, twitter di @PLN_123 , kemudian web PLN.

Keluhan pelanggan ditanggapi di FB PLN 123 (foto crop by suciana)
PLN menanggapi keluhan pelanggan di twitter

Membangun whistler blower system bagi karyawan PLN

Whistel blower (pengungkap aib)  menurut wikipedia  adalah istilah bagi karyawan, mantan karyawan atau pekerja, anggota dari suatu institusi atau organisasi yang melaporkan suatu tindakan yang dianggap melanggar ketentuan kepada pihak yang berwenang. Secara umum segala tindakan yang melanggar ketentuan berarti melanggar hukum, aturan dan persyaratan yang menjadi ancaman pihak publik atau kepentingan publik. Termasuk di dalamnya korupsi, pelanggaran atas keselamatan kerja, dan masih banyak lagi. Misalnya suatu kasus korupsi di suatu lembaga dilaporkan oleh auditor keuangan.  Dengan adanya sistem whistel blower ini diaharapkan daapat memantau kinerja karyawan PLN

Memudahkan karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi

Gratifikasi itu adalah pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma dan fasilitas lainnya. (Pasal 12B UU No 20 Tahun 2001). Semisal saat ada pemasangan listrik kemudian ada salah satu oknum dari pelanggan yang memaksa untuk menerima suatu hadiah kepada pegawai PLN oleh sebab itu diharapkan untuk segera memberikan kepada PLN. Karena pemberian bisa jadi adalah gratifikasi.

Melakukan multi stakeholder forum (mitra PLN) dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suap dan korupsi.

Kerjasama ini sudah berjalan sejak Maret tahun lalu, ketika Dirut PLN Nur Pamudji dan Ketua Dewan Pengurus TII Natalia Subagio menandatangani nota kesepakatan kerjasama PLN TII pada 6 Maret 2012 di Kantor PLN Pusat. Kerjasama ini bertujuan untuk lebih memastikan, bahwa PLN dalam menjalankan usahanya menyediakan listrik bagi masyarakat luas, sungguh-sungguh menerapkan praktek GCG dan anti korupsi. Kerjasama yang dibangun meliputi reformasi dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) serta reformasi di sisi pelayanan pelanggan. Diambil dari statemen akun PLN di blog detik

Setelah mengetahui empat pilar dan inisiatif dari PLN untuk mewujudkan PLN bersih, kini giliran saya untuk menceritakan pengalaman saya.

Pengalaman saya dengan PLN
 
Beberapa tahun lalu PLN telah mengubah sistem dari bayar langsung menjadi bayar listrik secara online. Hal ini mempermudah seseorang dalam membayar listrik. Dulu saya maupun tetangga saya  harus mengantri di loket PLN untuk membayar tagihan listrik. Sekarang dengan adanyan sistem pelayanan yang transparan maka saya maupun Anda tidak perlu lagi mengantri di loket-loket PLN. Karena banyak tempat untuk membayar tagihan listrik diantaranya adalah membayar di bank, di kantor pos, atau tempat-tempat lain yang membuka loket. Jadi tidak takut telat membayar dan takut di denda.

Selain penggunaan listrik pascabayar, PLN juga mempunyai sistem pelanggan prabayar yang mempunyai kemudahan dapat mengisi pulsa kapan saja. Saat ini keluarga saya masih menggunakan pasca bayar, sedangkan kakak saya yang sudah memiliki rumah sendiri memilih menggunakan sistem prabayar kata dia lebih efisien tidak perlu di kejar deadline tagihan.

Pernah juga ada pengalaman, rumah saya yang masih menggunakan daya 450 pernah dicurigai oleh pihak PLN karena waktu itu marak pencurian daya PLN. Nah karena rumah saya terlihat besar, tapi kok cuma dipasang 450 maka rumah kami dicurigai. Kemudian setelah diperiksa bahwa kondisi meteran tidak ada masalah mereka pun pamit. Salut dah buat PLN, karena sigap dalam menghadapi pelanggan yang nakal.

Setelah insiden itu, orang tua saya berinisiatif menambah daya karena kebutuhan yang mendesak. Bagaimana tidak kalau menggunakan daya 450 itu kalau sedang menyetrika, alat elektronik yang lain harus dimatikan karena nanti listriknya akan padam. Belum lagi magic jar yang harus hidup, dan belum lagi alat yang lain.

Setelah itu, Bapak saya menghubungi PLN untuk menambah daya dari 450 ke 900. Pada waktu itu dijanjiin beberapa hari. Tapi belum sampai seminggu petugas PLN datang dan memberitahukan kalau sudah diganti. Asiknya lagi sekarang sudah gak dikit-dikit mati listrik. Dan lebih menyenangkan lagi kami diberi bonus tagihan sampai akhir bulan masih menggunakan daya 450, yang 900 baru bulan depan.

Sayangnya kemarin saya tidak tahu kalau ada layanan online, sekarang lebih canggih lagi kalau mau layanan pasang baru, tambah daya, pasang sementara dapat dilakukan dengan online di website http://www.pln.co.id/pbpd/index.php

Tampilan pasang online

Sekarang saatnya berkunjung ke PLN karanganyar.

Langkah nyata PLN Karanganyar dalam mewujudkan PLN bersih.

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke PLN. Berhubung yang paling dekat dengan tempat tinggal saya adalah Karanganyar maka saya mengunjungi PLN Karanganyar.  Saya ingin membuktikan bahwa slogan yang diadakan PLN bukan omong kosong. Saya mendatangi kantor PLN, walaupun saat itu saya belum sempat mewancarai anggota PLN Karanganyar, Namun saya sudah melihat mereka mendukung PLN bersih. Berikut bukti yang ada 

Spanduk di depan PLN Karanganyar (foto:suciana)
Spanduk PLN bersih tampak depan

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan PLN selain, mewujudkan PLN bersih, yaitu keluhan dari pelanggan dan karyawan PLN sendiri.
Keluhan pelanggan PLN

PLN menggaungkan PLN bersih dan didukung para blogger. Namun,  PLN masih mengalami beberapa masalah dengan para pelanggan. Salah satu yang terjadi adalah adanya pemadaman bergilir yang dilakukan PLN yang terkadang merugikan para pelanggan. Bisa jadi PLN melakukan pemadaman bergilir karena ada yang harus di perbaiki. Namun kadang tidak ada pengumuman terlebih dahulu. Pengumuman di media sosial mungkin kurang direspon para pelanggan sehingga keluhan-keluhan tetap menghantui PLN. Hal ini menjadi PR tersendiri bagi PLN. Semoga pemanfaatan media sosial dimaksimalkan oleh PLN dan pelanggan

Keluhan Karyawan PLN 
Adanya masalah ditubuh internal dari PLN yang harus diselesaikan PLN seperti masalah pekerja outsoruching dengan hal ini, maka PLN bisa menjadi lebih baik lagi semoga masalah ini segera terselesaikan agar tidak menggangu kinerja PLN. Karena bisa jadi permasalahan seperti ini akan mengambat karyawan PLN untuk mewujudkan GCG. Seperti demo yang dilakukan karyawan outsourching  di Solo pada bulan oktober ini. 

Menurut  merdeka.com dilaman onlinennya menyatakan ratusan pekerja pencatat meteran (cater) dan tenaga outsourcing PT PLN (Persero) area Surakarta kembali menggelar aksi demonstrasi. Kali ini mereka menduduki kantor yang berada di Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Solo tersebut. Para buruh yang juga melakukan mogok kerja tersebut menuntut penghapusan sistem kerja kontrak (outsourcing) dan pengangkatan mereka sebagai karyawan tetap PT PLN. Tak hanya itu, mereka juga meminta dicabutnya surat edaran penerapan surat peringatan (SP) dari pihak ketiga.
Karyawan PLN demo (foto:jibi/solopos)
Saran Blogger untuk PLN agar dapat melayani masyarakat dan terhindar dari fitnah KKN
Sebagai blogger saya sangat mendukung PLN bersih semoga memang benar-benar bersih karena adanya pengetahuan ini saya membuat beberapa artikel agar diketahui masyarkat luas. Semoga tidak PLN saja yang melakukan bersih-bersih dilingkungannya namun juga semua elemen masyarkat untuk membasmi korupsi. Apalagi BUMN yang ada di Indonesia banyak yang hampir terjerumus pada gratifikasi. Selain didukung oleh elemen masyarakat diaharapkan semua karyawan diseluruh BUMN agar sadar diri agar tidak terjerumus ke penyakit KKN

Demikian sedikit ulasan saya mengenai PLN bersih, tulisan ini juga diikut sertakan dalam lomba yng diadakan blog detik dan PLN.

Sumber referensi;
Blogdetik.com
Plnbersih.com
PLN.co.id
Wikipedia.org
Merdeka.com
Solopos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates