Rabu, 21 Agustus 2013

Pulau Satonda Dompu

Share it Please
Pulau Satonda terletak di daerah utara pulau Sumbawa dikenal juga dengan nama Gunung Satonda, memiliki ketinggian sekitar 300 m diatas permukaan laut dengan luas wilayah seluas 4,8 Km. Gunung ini memiliki kawah danau air asin seluas 84 Ha dengan kedalaman 86 Meter yang masih menjadi misteri sampai sekarang. Selain itu terdapat juga kepercayaan bahwa siapa-siapa yang mengikat batu pada ranting pohon di sekitar danau keinginannya akan terpenuhi, tidak heran jika ditemukan banyak batuan yang diikat bergelantungan pada ranting-ranting pohon di sekitar pulau ini.

Pulau Satonda dikelilingi oleh batu karang dan memiliki ragam ikan hias yang sama jenisnya dengan yang ada di Indonesia. Inilah keunikan dan keajaiban Pulau Satonda, Pulau Satonda merupakan tempat yang tersembunyi dengan lautnya yang biru dan gunung berapi yang menjulang tinggi. Di sini dapat menikmati hamparan pantai pasir putih di sisi pulau, melakukan snorkling menikmati keindahan alam bawah laut dengan gugusan terumbu karang yang indah dan keaneka ragaman biota lautnya, selain itu juga daerah sekitar pulau merupakan tempat memancing yang menyenangkan, bahkan anda bisa bermain kano di daerah danau (kano bisa dibawa sendiri). Anda juga dapat berkemah di daerah pulau yang memang cocok untuk daerah perkemahan sembari meng-eksplore seluruh wilayah pulau.

Lokasi Dan Transportasi Ke Pulau Satonda

 Pulau Satonda terltak 3 Km dari selat Sanggar tidak jauh dari desa Nangamiro dan Lab. Kananga Kec. Sanggar. Untuk dapat mencapai Pulau Satonda anda dapat melalui jalan darat dengan lama perjalanan dari Sumbawa Besar kira-kira 8 jam dan dari Dompu kira-kira 5 jam dan juga dapat melalui laut. Pulau Satonda terletak pada daerah k. Pekat

Pulau Satonda dapat ditempuh dari Kota Dompu dengan pertama-tama menumpang bis umum dari terminal Ginte menuju Calabai dengan ongkos Rp. 25.000m- lalu dapat dilanjutkan dengan menyewa ojek dengan sewa Rp. 10.000-15.000 menuju desa Nangamiro, setelah itu anda dapat menyeberang menuju pulau dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp. 100.000-150.000, PP- . informasi ini diperoleh sebelum kenaikan BBM

 Karena tidak ada penyewaan alat snorkle, memancing, selam, kano, pelampung dan alat lainnya disarankan membawa peralatan sendiri, selain itu di sekitar pulau tidak terdapat sumber air tawar untuk minum atau membersihkan diri, jadi siapkan air sebanyak mungkin, atau dapat meminta bantuan nelayan sekitar untuk mengantarkan air tawar bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Developed by Suciana | Designed By Templateism | Seo Blogger Templates